Skip to main content

Yang Harus Dipersiapkan Ketika Akan Liburan Ke Malaysia

Lunfix.com - Pada pembahasan kali ini saya akan membahas mengenai hal apa yang harus dipersiapkan ketika akan liburan Ke Malaysia, bagi Anda yamg ingin mengetahuinya, bisa Anda simak hal apa yang harus dipersiapkan ketika akan liburan Ke Malaysia pada pembahasan ini.

Yang Harus Dipersiapkan Ketika Akan Liburan Ke Malaysia 


Adakalanya kita jenuh ya dengan rutinitas di kantor atau dengan aktivitas kita sehari-hari lainnya. Salah satu cara menyiasatinya yaitu dengan pergi liburan.

Hal ini sangat perlu kita lakukan untuk merefresh pikiran kita setelah sekian lama melakukan rutinitas sehari-hari tadi. Dapat dilakukan dengan cara me time, atau our time, kita dengan pasangan, atau dengan keluarga tercinta.

Karena liburan itu hak segala bangsa, bukan milik orang-orang berdarah biru saja, atau milik orang-orang yang merasa setengah biru saja (sok-sok-an berdarah biru maksudnya, padahal faktanya tidak sesuai dengan keadaan, hanya memaksakan saja biar terlihat dari golongan darah biru). Kita hidup harus apa adanya saja, itu yang penting.

Untuk liburannya, kita dapat memilih antara liburan domestik (dalam negeri) atau liburan ke luar negeri. Tidak ada salahnya sekali-kali kita pilih liburan ke luar negeri, selain salah satu menikmati hidup, juga kita memberikan reward kepada diri kita sudah bekerja, dan bekerja setiap harinya.

Liburan ke luar negeri kita dapat menggunakan jasa travel agent atau dapat dilakukan dengan backpackeran, tergantung kita mau pilih yang mana, dan tergantung juga budget yang anda miliki.

Jika kita baru pertama kali ingin ke luar negeri lalu ingin backpakckeran, sah-sah saja menurut saya.  Malaysia, dapat dijadikan negara pertama yang dapat anda kunjungi dengan backpackeran, selain dekat, bahasanya juga masih nyambung dengan bahasa kita.

Tapi... sebelum kita berangkat liburan, kita harus menyiapkan segala sesuatu nya, terlebih untuk para backpacker.

Hal-hal Yang Harus Dipersiapkan Ketika Akan Liburan Ke Malaysia


1. Paspor


Yang Harus Dipersiapkan Ketika Akan Liburan Ke Malaysia


Berbeda dengan liburan domestik, liburan ke luar negeri kita diwajibkan membawa paspor. Karena paspor merupakan dokumen resmi kita untuk bepergian ke luar negeri. Jika kita tidak punya paspor, jangankan dapat pergi ke luar negeri, untuk pesan tiket pesawat secara online saja, harus mencantumkan nomor paspor kita.

Baca juga : Cara Membuat Paspor Online Melalui Website Direktorat Jenderal Imigrasi, Mudah dan Praktis


2. Tiket Pesawat


Untuk pembelian tiket pesawat dapat melalui online, sekarang banyak pilihan dimana kita dapat membelinya. Jika ingin dapat tiket dengan harga murah, jangan beli dadakan ya.


3. Booking Hotel


Booking hotel dapat secara online juga, salah satu enaknya di zaman now, memang semua serba online ya. Sebaiknya jauh-jauh hari juga booking nya, karena booking secara online, siapa cepat dia dapat. 


4. Sim Card Malaysia

Kita tidak mau kan sesudah sampai di Malaysia, kita tidak bisa internetan sewaktu kita berada di luar, apalagi untuk para backpacker, ini penting. Kalau sedang di hotel aman, biasanya ada fasilitas wifi. Sim card yang kita pakai sekarang, dapat juga digunakan di Malaysia, tapi biaya lebih mahal, hitungan paket internet dihitung per hari. Sebaiknya kita membeli sim card Malaysia, dapat kita beli setibanya kita di bandara, atau dapat juga kita beli secara online, di www.klook.com, pengambilan sim card di bandara Malaysia, dari segi harga, jauh lebih murah beli secara online, pembayaran ada 3 metode pilihan, DOKU wallet, PayPal, dan Kartu Kredit.

Baca juga : Cara Memesan Sim Card Malaysia Secara Online, Membuat Liburan ke Malaysia Makin Nyaman


5. Buat Jadwal Tujuan Wisata Malaysia

Sebelum kita berangkat ke Malaysia, sebaiknya kita membuat jadwal kemana saja tujuan wisata di Malaysia yang akan kita kunjungi. Tujuannya agar anda dapat menghemat waktu anda, dan tidak ada tempat wisata yang lupa untuk dikunjungi. Di Malaysia, ada beberapa tempat wisata yang gratis, salah satu nya Batu Caves, sekitaran menara kembar Petronas, dan lainnya.


6. Pelajari Rute Transportasi Umum Malaysia

Sesudah kita booking hotel, biasanya ada petunjuk keberadaan hotel kita berada dimana nya. Lalu kita tinggal pelajari saja setibanya di bandara Malaysia menuju hotel naik transportasi umum apa, lalu ke tempat wisata tujuan kita, naik transportasi umum apa juga. Transportasi umum di sana terdiri dari kereta, bis, MRT, LRT, Laluan Monorel KL, Taxi, Grab, bahkan bis gratis juga ada.


Baca juga : Petunjuk Transportasi Umum Untuk Para Backpacker Liburan Ke Malaysia Lengkap Dengan Peta

7. Uang Malaysian Ringgit (MYR)

Sebelum hari H liburan tiba, jangan lupa untuk tukar uang rupiah ke Malaysian Ringgit.   Sebaiknya tukar di dekat daerah kita tinggal, karena bila kita melakukan tukar uang rupiah ke Malaysian Ringgit di bandara atau di Malaysia, akan lebih mahal.


8. Stop Kontak Kaki 3 ke Kaki 2





Stop kontak di Malaysia dan di Indonesia ada perbedaan, bukan beda pada tegangannya, tapi beda pada colokannya. Kalau di Indonesia, colokannya kaki 2, sedangkan di Malaysia memakai colokan kaki 3. Sebaiknya kita membawa juga stop kontak tersebut agar liburan anda di sana berjalan dengan lancar.

9. Baterai Cadangan Handphone atau Power Bank

Selama liburan di Malaysia, kebanyakan kita akan banyak berada di luar. Tidak mau kan, lagi asyik-asyik nya jalan, handphone kita kehabisan baterai, kita jadi tidak bisa mengabadikan momen kita lagi di sana. Kecuali jika kita membawa kamera, itu beda soal. Apalagi untuk backpacker, kita pasti membutuhkan handphone untuk mencari lokasi di sana menggunakan bantuan mbah google.

10. Aplikasi Grab

Untuk memudahkan perjalanan kita di Malaysia buat para backpacker, download aplikasi Grab, bila di sana kita kesusahan menemukan lokasi yang kita tuju, misalkan tempat nya tidak dilalui MRT, LRT, Laluan Monorel KL dan lainnya, tinggal pakai Grab saja, jelas tarif nya. Taxi juga ada di sana, yang ditakutkan nanti tarif nya lebih mahal dari grab ya. Penggunaan aplikasi Grab sama saja seperti di Indonesia, yang membuat perbedaan, terletak pada mata uang yang kita bayar, kita bayar menggunakan uang Malaysian ringgit, dan Grab di sana tidak ada Grab Bike, yang ada hanya Grab Car.

11. Fisheye Lens




Jika kita ke Malaysia, menara kembar Petronas pasti menjadi salah satu tujuan kita. Secara, itu ikon nya Malaysia, juga termasuk salah satu gedung tertinggi di dunia. Dengan menggunakan kamera handphone, kita akan kesulitan mengambil foto menara kembar Petronas tersebut, tidak dengan kalau kita memakai bantuan fisyeshe lens, masalah tersebut dapat diatasi. Sebaiknya kita membeli fisheye lens tersebut sebelum berangkat ke Malaysia, tapi kalau memang tidak sempat membeli, jangan khawatir, di sekitaran menara kembar Petronas banyak juga orang yang jualan fisheye tersebut.

Itulah beberapa hal yang harus dipersiapkan ketika akan liburan Ke Malaysia, persiapkan segala sesuatunya dengan baik agar memudahkan Anda ketika liburan ke Malaysia, dengan persiapan yang baik, liburan Anda akan semakin menyenangkan, selamat berlibur !

Semoga bermanfaat..
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar