--> Skip to main content

Cara Membuat Teks Berjalan Untuk Dipasang di Status WhatsApp

Lunfix.com - Pada pembahasan kali ini saya akan membahas mengenai bagaimana cara membuat teks berjalan untuk dipasang di status WhatsApp Anda, bagi Anda yang belum mengetahui bagaimana caranya, bisa Anda simak langkah-langkah cara membuat teks berjalan untuk dipasang di Status WhatsApp Anda di pembahasan ini.

Cara Membuat Teks Berjalan Untuk Dipasang di Status WhatsApp

Cara Membuat Teks Berjalan Untuk Dipasang di Status WhatsApp


Bagi Anda para pengguna WhatsApp, Anda pasti sudah tidak asing dengan menu status WhatsApp dan bagaimana cara menggunakannya. 

Memang tidak semua pengguna WhatsApp suka melakukan update status WhatsApp, tetapi, tentu saja sebagai pengguna WhatsApp mereka juga sudah mengetahui dengan adanya menu untuk membuat status WhatsApp pada aplikasi WhatsApp.

Bila kita ingin membuat status WhatsApp, kita bisa memilih untuk membuat status WhatsApp berupa teks, gambar, foto, ataupun video sesuai dengan keinginan kita. Dan bila kita ingin membuat status WhatsApp berupa teks, kita bisa menggunakan font yang ada dengan jumlah pilihan font yang terbatas dan font tersebut diam tidak bergerak saat dipasang di status WhatsApp.


Font diam tidak bergerak ? Maksudnya ?

Maksud saya, bila kita membuat status WhatsApp berupa teks, tentu saja teks tersebut diam tidak bergerak dan berada pada posisinya, tidak seperti teks berjalan, teksnya bisa berjalan dari kiri ke kanan atau dari kanan ke kiri.

Ternyata, penggunaan teks berjalan untuk status WhatsApp bisa diterapkan, kita bisa membuat status WhatsApp berupa teks berjalan saat kita sedang merasa bosan dengan status WhatsApp berupa teks yang diam tidak bergerak tersebut. 

Dan tentu saja bila kita menggunakannya, membuat status WhatsApp kita berbeda dengan status WhatsApp orang lain yang berupa teks yang diam tidak bergerak, hal ini membuat status WhatsApp kita menjadi lebih menarik.

Lalu, bagaimana cara membuat teks berjalan untuk dipasang di status WhatsApp ?

Langkah-langkah Cara Membuat Teks Berjalan Untuk Dipasang di Status WhatsApp


Agar Anda bisa membuat teks berjalan, Anda harus mendownload 2 aplikasi terlebih dulu di Play Store, kecuali bila Anda sudah mempunyai kedua aplikasi tersebut di HP Anda.

1. Perekam Layar - Rekam Layar dan Suara, XRecorder


Sesudah Anda download, Anda buka aplikasinya, dan jangan di log out, karena Anda membutuhkannya untuk merekam proses pembuatan teks berjalan.


Sesudah dibuka aplikasinya, aplikasi akan meminta izin kepada Anda, sebaiknya Anda izinkan agar Anda bisa menggunakan aplikasinya, pilih Aktif.


Lalu pilih Mengizinkan.


Lalu Anda pilih Pengaturan (gambar bulat bergerigi) pada ujung kanan bawah, atur terlebih dulu sesuai dengan keinginan Anda agar memudahkan Anda selama proses perekaman nanti.

Pada Sembunyikan Jendela Rekam Saat Merekam, sebaiknya diaktifkan, agar gambar perekam layar yang berada di tengah kanan tidak terekam pada hasilnya nanti.

Bila sudah, ingat, aplikasi XRecorder jangan di log out. Gambar perekam layar XRecorder akan tampak pada layar HP Anda di posisi tengah kanan secara transparan.

Sekarang, Anda download aplikasinya yang kedua.

2. Dipimpin Display


Sesudah didownload, nama aplikasinya menjadi LED Scroller.


Buka aplikasinya, lalu Anda buat teks yang Anda inginkan untuk dipasang di status WhatsApp.

Kolom Kosong : Untuk memasukkan teks yang akan Anda buat dan yang Anda inginkan

Panah Arah Kiri : Agar teks yang Anda buat berjalan dari kiri ke kanan

Panah Arah Kanan : Agar teks yang Anda buat berjalan dari kanan ke kiri

STOP : Agar teksnya berhenti

- : Memperkecil ukuran teks yang Anda buat

+ : Memperbesar ukuran teks yang Anda buat

Text Color : Mengatur warna teks

BLINK : Agar teks yang Anda buat berkelap-kelip

Sebelah BLINK : Untuk mengatur kecepatan teks berjalan yang akan Anda buat

Back Color : Mengatur warna latar belakang teks

START : Untuk menampilkan teks yang Anda buat tanpa adanya menu

Bila Anda sudah membuat teks yang ingin Anda buat untuk dipasang di status WhatsApp dan sudah Anda pilih pengaturannya sesuai dengan selera Anda, lalu pilih START.


Sesudah Anda memilih START, tampilannya akan menjadi landscape, bisa Anda lihat ada gambar perekam layar di samping kanan. Teks yang sudah Anda buat akan berjalan sesuai dengan arah panah yang Anda pilih, lalu pilih gambar perekam layar, lalu pilih Rekam (titik merah) untuk merekam teks berjalan tersebut.

Untuk status WhatsApp, waktu yang disediakan pada status WhatsApp adalah per 30 detik, sebaiknya kita rekam maksimal selama 30 detik, kalaupun lebih dari 30 detik tidak apa-apa, hasilnya bisa diedit di XRecorder atau displit.


Bila Anda sudah merekam teks berjalan tersebut, gulir bagian atas HP Anda ke arah bawah dan pilih Hentikan.

Proses pembuatan teks berjalan dengan menggunakan LED Scroller sampai tahapan ini sudah selesai.

Bila Anda ingin mengedit hasil perekaman yang Anda buat tadi, buka kembali XRecorder.


Pada bagian hasil perekaman tadi, pilih titik tiga di sebelah kanan, lalu pilih Edit.


Pada menu pengeditan, pilih Trim untuk memotong, Kecepatan untur mengatur kecepatannya.


Bila Anda memlilih Trim, pilih bagian mana yang akan Anda potong.


Bila sudah, pilih Simpan.

Hasilnya akan tersimpan di galeri HP Anda pada folder Screen Capture.


Hasil perekamannya tampak seperti di atas.

Kesimpulan


Dengan demikian, cara membuat teks berjalan untuk dipasang di status WhatsApp Anda sudah selesai. Sekarang Anda bisa memasangnya pada status WhatsApp Anda, dan hal ini menjadi salah satu alternatif untuk mengatasi rasa bosan Anda dalam memasang status WhatsApp yang itu-itu saja, sekarang ada pilihan lainnya untuk memasang status WhatsApp Anda.

Semoga bermanfaat..
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar