--> Skip to main content

Cara Membuat Foto Berwarna Dan Hitam Putih Sebagian (Color Splash) di HP Android

Cara Membuat Foto Berwarna Dan Hitam Putih Sebagian (Color Splash) di HP Android - Sesuatu objek yang difoto baik itu menggunakan kamera HP, kamera DSLR ataupun dengan kamera jenis lainnya kadang membuat pengambil foto (fotografer) masih merasa kurang puas dengan hasil fotonya, walaupun kamera yang digunakannya tergolong kamera yang bagus.

Cara Membuat Foto Berwarna Dan Hitam Putih Sebagian (Color Splash) di HP Android

Cara Membuat Foto Berwarna Dan Hitam Putih Sebagian (Color Splash) di HP Android

Tidak jarang hasil foto yang dirasa masih kurang puas tersebut karena kurang bagus atau dirasa belum maksimal, biasanya pada foto tersebut dilakukan pengeditan agar menjadi lebih bagus dan lebih keren.

Bagi fotografer profesional, untuk mendapatkan hasil foto yang bagus dan keren mungkin lebih mudah dibandingkan dengan fotografer biasa seperti kita, karena mereka sudah menguasai cara dan teknik dalam hal pengambilan foto.

Fotografer profesional bisa mendapatkan hasil foto yang bagus dan keren tanpa melakukan pengeditan pada hasil fotonya. Berbeda dengan kita fotografer biasa, yang terkadang membutuhkan pengeditan pada hasil foto agar hasilnya maksimal dan sesuai dengan yang kita inginkan.

Beda dalam jam terbang, tentu berbeda juga pada hasil foto yang didapat, tetapi tidak ada yang tidak mungkin semuanya di dunia selama kita masih terus semangat untuk belajar dalam hal fotografi.

Banyak cara dan teknik dalam melakukan pengeditan foto agar hasil foto kita lebih maksimal. Salah satu teknik agar hasil foto terlihat lebih bagus dan keren yaitu dengan menggunakan teknik Color Splash.

Apa itu teknik Color Splash ? Teknik Color Splash secara sederhananya bisa diartikan seperti ini, yaitu pada hasil foto ada sesuatu objek yang lebih ditonjolkan dengan menggunakan warna aslinya, dan objek lainnya bisa disebut sebagai objek penunjang karena tampilannya dibuat menjadi hitam putih.

Dengan kata lain, arti yang lebih mudahnya teknik Color Splash adalah membuat foto yang ada menjadi foto berwarna dan hitam putih sebagian pada hasil foto tersebut.

Mungkin ada yang bertanya, bagaimana cara menerapkan teknik Color Splash ini, apakah harus jago dalam hal photoshop ? Apakah harus menggunakan HP yang mahal karena kamera HP nya tergolong dalam kamera HP yang bagus ? Atau pertanyaan lainnya, apakah harus menggunakan kamera DSLR yang mahal ?

Tenang saja, bagi Anda yang ingin mencoba teknik Color Splash ini Anda tidak membutuhkan seperti halnya beberapa pertanyaan di atas. Anda bisa mencoba teknik Color Splash di HP Android yang sedang Anda gunakan sekarang, Anda tidak usah repot untuk membeli HP Android baru dengan harga yang mahal, gunakan saja HP Android yang ada.


Langkah-Langkah Membuat Foto Berwarna Dan Hitam Putih Sebagian di HP Android

Apabila Anda tertarik untuk membuat foto berwarna dan hitam putih sebagian (Color Splash) di HP Android, sebelum Anda memulainya, Anda harus mendownload terlebih dulu aplikasi Snapseed yang bisa Anda instal di Play Store di HP Anda.


Buka aplikasi Play Store di HP Anda, cari Snapseed, lalu pilih Instal.


Apabila aplikasi Snapseed sudah berhasil diinstal, buka aplikasi Snapseed.


Pilih + (Tambah), atau bisa ketuk dimana saja untuk membuka foto di galeri HP Anda.


Ini adalah foto asli yang akan saya edit.


Pilih foto di galeri HP Anda yang akan diedit menjadi berwarna dan hitam putih sebagian.


Sesudah memilih foto yang akan diedit, geser ke sebelah kiri, pilih Fine Art, lalu pilih checklist (✓).


Pilih tanda panah yang berada di atas, lalu pilih Lihat pengeditan.


Pilih Hitam & Putih, lalu pilih gambar kuas.


Pilih ikon bulat dan segitiga yang berada di sebelah tanda silang (x).


Foto akan kembali menjadi hitam putih, lalu zoom pada foto tersebut dengan cara geser dengan 2 jari Anda pada layar HP Anda, apabila zoom berhasil, muncul sebuah kotak untuk melakukan zoom.


Sekarang saatnya memilih bagian mana yang akan dijadikan berwarna dan bagian mana hitam putih. Pada foto ini saya akan membuat foto orangnya berwarna dan bagian lainnya hitam putih.

Perhatikan pada panah ke arah bawah dan panah ke arah atas yang terdapat nilai nya sampai 100, karena ini yang akan Anda gunakan untuk edit berwarna dan hitam putih.

Panah ke arah bawah pilih nilai 0, untuk mengedit bagian foto Anda menjadi berwarna, sedangkan panah ke arah atas pilih nilai 100 untuk mengedit bagian foto Anda menjadi hitam putih.

Agar bisa mengedit dengan detail, pilih kotak zoom yang yang sudah dimunculkan tadi, lakukan pengeditan dengan teliti dan juga dengan penuh kesabaran.


Apabila Anda ingin melihat lebih detail lagi dalam melakukan pengeditan dan juga ingin mengetahui bagian mana yang sudah dijadikan berwarna dan hitam putih, pilih ikon mata yang berada di sebelah kanan bawah.

Ikon mata ini hanya opsi saja, bisa Anda gunakan atau tidak, terserah Anda.


Apabila Anda sudah mengedit dengan rapi bagian mana foto tersebut dijadikan berwarna dan hitam putih, dan Anda sudah yakin dengan hasilnya, langkah selanjutnya adalah untuk menyimpan hasil editan foto tersebut.

Apabila Anda sudah yakin, tidak akan ada lagi bagian mana yang akan diedit, pilih tanda checklist (✓).



Pilih Kembali (tanda panah yang berada di sebelah kiri atas).


Pilih EKSPOR.


Pilih Simpan.


Foto yang sudah diedit berhasil disimpan, hasil foto yang sudah diedit akan tersimpan di galeri HP Anda di folder Snapseed.


Dan inilah hasilnya, foto sebelum diedit dan hasil foto sesudah diedit.


Itulah langkah-langkah cara membuat foto berwarna dan hitam putih sebagian (Color Splash) di HP Android Anda. Dengan menggunakan teknik Color Splash ini hasil foto akan menjadi lebih keren dan lebih bagus. Selain itu Anda pun tidak usah membeli HP baru untuk mencoba teknik Color Splash ini, Anda bisa langsung berkreasi dengan HP Android yang ada.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar