--> Skip to main content

Cara Mengetik Dokumen Menggunakan Suara Anda di PC

Cara Mengetik Dokumen Menggunakan Suara Anda di PC - Mengerjakan pekerjaan atau tugas yang mengharuskan kita untuk mengetik dokumen menggunakan PC (komputer) terkadang membuat kita malas untuk mengerjakannya, apalagi pekerjaan atau tugas yang harus kita kerjakan itu tergolong banyak.

Cara Mengetik Dokumen Menggunakan Suara Anda di PC

Cara Mengetik Dokumen Menggunakan Suara Anda di PC


Mengetik dokumen menggunakan PC mengharuskan kita untuk mengetik dengan menggunakan jari-jari kita. Apabila kita menguasai teknik mengetik 10 jari, pekerjaan atau tugas yang harus kita ketik walaupun tergolong banyak sekalipun sepertinya tidak akan ada masalah, karena kita bisa melakukannya dengan cepat. 

Namun, apabila kita belum atau tidak menguasai teknik mengetik 10 jari, hal itu akan sedikit merepotkan kita, karena pekerjaan atau tugas yang harus kita kerjakan dengan diketik akan memakan waktu lebih lama dibandingkan dengan orang yang sudah menguasai teknik mengetik 10 jari. 

Saya sendiri pun tidak menguasai teknik mengetik 10 jari, saya mengetik dengan teknik 2 jari saja, yaitu menggunakan jari telunjuk kanan dan juga jari telunjuk kiri. Karena saya akui, saya merasa kesulitan dalam mempelajari teknik mengetik 10 jari. Maka dari itu, saya sangat salut terhadap orang yang bisa menguasai teknik mengetik 10 jari.

Bagi kita yang belum atau tidak menguasai teknik mengetik 10 jari, sebaiknya kita melatih kemampuan mengetik kita yang menggunakan 2 jari saja agar bisa mengetik dengan cepat, tetapi akan lebih bagus lagi apabila kita terus belajar agar bisa menguasai teknik mengetik 10 jari.

Ada kabar baik bagi kita yang selalu diharuskan mengerjakan pekerjaan atau tugas yang harus dilakukan dengan diketik, kita bisa mengetik dokumen dengan menggunakan suara kita di PC. Suara yang kita keluarkan akan menjadi teks sesuai dengan apa yang kita ucapkan dan hasilnya seperti ketikan yang menggunakan jari.

Mengetik dokumen dengan menggunakan suara kita di PC juga mudah untuk kita praktekkan langsung, namun syaratnya kita harus mempunyai microphone terlebih dulu yang harus kita sambungkan dengan PC kita, tanpa bantuan microphone, kita tidak akan bisa mengetik dokumen dengan menggunakan suara kita di PC.

Apabila budget yang kita miliki terbatas untuk membeli microphone dengan harga yang termahal, tidak usah khawatir, kita bisa membeli microphone dengan harga yang termurah, karena microphone dengan harga termurah pun masih bisa kita gunakan untuk keperluan mengetik dokumen dengan menggunakan suara kita di PC.



Langkah-Langkah Cara Mengetik Dokumen Menggunakan Suara Anda di PC


Kita mulai saja ya bagaimana cara mengetik dokumen menggunakan suara Anda di PC, di sini saya anggap Anda sudah mempunyai microphone dan juga Anda sudah setting microphone tersebut dengan PC Anda.

Baca Juga : Cara Setting Microphone di PC Dengan Mudah



Buka Google Drive (https://drive.google.com) di PC Anda, lalu pilih Kunjungi Google Drive.


Login dengan akun Gmail Anda.


Pilih + Baru.


Pilih Google Dokumen, lalu pilih Dari Template.


Pilih Template Resume, pilih saja salah satu, lalu hapus isi dokumennya, di sini saya memilih Template Resume Serif.


Pilih Alat, lalu pilih Dikte (icon microphone).


Pada icon microphone, pilih bahasa yang akan digunakan, di sini saya memilih bahasa Indonesia, untuk mulai berbicara, klik pada icon microphone.


Apabila icon microphone sudah berubah menjadi warna merah, Anda tinggal ucapkan saja kalimat apa yang hendak dijadikan ketikan, ucapkan dengan jelas ya, untuk menampilkan tanda baca seperti koma (,), titik dua (:), titik koma (;), harus diucapkan sesuai dengan tanda baca yang kita inginkan.


Apabila Anda sudah selesai dalam mengetik dokumen dengan suara Anda, untuk menyimpan dokumennya, Anda pilih File, pilih Download, lalu pilih Microsoft Word (.docx). File yang didownload akan tersimpan di folder Download di PC Anda, dan dokumen yang sudah Anda buat tadi bisa dibuka di Microsoft Word.



Itulah cara mengetik dokumen menggunakan suara Anda di PC, sekarang Anda bisa mencoba langsung apabila Anda sudah mempunyai microphone nya. Apabila dokumen yang Anda buat belum selesai, dan Anda harus keluar rumah meninggalkan PC Anda, Anda bisa melanjutkan dokumen yang belum selesai Anda buat di HP Anda. Buka Google Drive di HP Anda dengan akun Gmail yang sama dengan akun Gmail di PC Anda, lalu lanjutkan kembali untuk membereskan mengetik dokumen tersebut, karena di HP juga bisa mengetik dokumen dengan menggunakan suara Anda.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar