--> Skip to main content

Cara Mengetik Dokumen Tanpa Harus Mengetik di Google Docs HP Android, Bisa Juga Dibuka di PC Atau Laptop

Lunfix.com - Pada pembahasan kali ini saya akan membahas mengenai bagaimana cara mengetik dokumen tanpa harus mengetik di Google Docs HP Android, bisa juga dibuka di PC atau laptop, bagi Anda yang ingin mengetahuinya bisa Anda simak langkah-langkah cara mengetik dokumen tanpa harus mengetik di Google Docs HP Android, bisa juga dibuka di PC atau laptop di sini.

Cara Mengetik Dokumen Tanpa Harus Mengetik di Google Docs HP Android, Bisa Juga Dibuka di PC Atau Laptop

Cara Mengetik Dokumen Tanpa Harus Mengetik di Google Docs HP Android, Bisa Juga Dibuka di PC Atau Laptop


Tidak bisa kita pungkiri, biasanya kita membuat dokumen yang harus kita kerjakan dengan cara mengetik menggunakan word di PC atau laptop, dan hal ini sudah sangat lazim kita lakukan. 

Dengan cara ini membuat kita selama dalam waktu mengerjakan dokumen tersebut kita diharuskan untuk tetap berada di depan PC atau laptop kita, kecuali untuk laptop masih bisa dibawa kemana-mana, hanya saja masih tergolong kurang praktis, karena apabila menggunakan laptop sebisa mungkin harus ada meja agar kita merasa nyaman dalam mengerjakannya.

Laptop bisa dikatakan praktis apabila dibandingkan dengan PC, tetapi apabila dibandingkan dengan smartphone, smartphone lebih praktis daripada laptop. Penggunaan smartphone saat ini sangat memudahkan kita dalam berbagai hal, karena pada smartphone tersedia fitur-fitur yang kita butuhkan juga dilengkapi dengan berbagai aplikasi yang bisa kita gunakan.

Dalam hal mengetik dokumen, kita juga bisa mengandalkan smartphone yang kita gunakan, di sini smartphone yang saya gunakan adalah HP Android, kita bisa mengetik dokumen di HP Android bahkan kita bisa mengetik dokumen tanpa harus mengetik.

Mengetik dokumen tanpa harus mengetik ? Maksudnya ? Maksud dari mengetik dokumen tanpa harus mengetik adalah kita bisa mengetik tanpa menggunakan keyboard virtual, tetapi kita bisa mengetik dokumen dengan menggunakan suara kita.

Kita bisa mengetik dokumen menggunakan suara kita di HP Android menggunakan Google Docs. Google docs merupakan layanan pengolah data, lembar sebar, presentasi, formulir, dan penyimpanan data berbasis web gratis dari Google yang pertama kali diluncurkan pada 10 Oktober 2006.

Dengan menggunakan Google Docs, selain kita bisa mengetik dokumen tanpa harus mengetik, kita juga bisa mengerjakannya dimanapun kita berada, bahkan ketika kita sedang dalam bepergian, karena kita pasti selalu membawa HP kemanapun kita pergi.

Langkah-Langkah Cara Mengetik Dokumen Tanpa Harus Mengetik di Google Docs HP Android


Ada 2 cara untuk membuka Google Docs di HP Android Anda, cara yang pertama bisa dibuka melalui Google Drive, dan cara yang kedua bisa dibuka langsung pada aplikasi Google Docs yang sudah diinstal di HP Android Anda, Google Docs bisa diinstal di Play Store di HP Android Anda.

Cara yang saya gunakan di sini adalah cara yang pertama, yaitu membuka Google Docs melalui Google Drive, penggunaan cara yang pertama ataupun dengan cara yang kedua pada dasarnya sama.


Buka Google Drive di HP Android Anda dengan akun Gmail Anda, biasanya di HP Android Google Drive sudah terbuka tanpa harus Sign In ketika Anda klik Google Drive.


Pilih + (tambah) yang berada di sebelah kanan bawah.


Pilih Google Dokumen.


Apabila di HP Android Anda belum terinstal Google Docs seperti pada HP Android saya, Anda harus mengintalnya terlebih dulu, pilih INSTAL.


Apabila sudah terinstal, halaman kosong untuk membuat dokumen sudah terbuka, sekarang Anda akan memulai mengetik dokumen tanpa harus mengetik, tetapi Anda akan mengetik dokumen dengan menggunakan suara Anda, pilih gambar microphone yang berada di keyboard HP Android Anda sebelah kanan, lalu tekan pada gambar microphone tersebut.


Apabila sudah muncul kalimat Ucapkan sekarang, mulai ucapkan kata-kata yang hendak Anda ketik.


Kata-kata yang Anda ucapkan sudah menjadi teks di halaman Google Docs, untuk tanda baca seperti koma, titik, titik dua, titik koma, dan juga untuk membuat paragraf baru, Anda ucapkan saja secara lisan, nanti akan muncul dengan sendirinya, untuk spasi, sesudah kita mengucapkan tanda baca, secara otomatis untuk kata selanjutnya sudah terketik dengan adanya spasi.


Apabila Anda hendak keluar dari halaman Google Docs, dan Anda menekan tombol kembali pada menu HP Android Anda, hasil ketikan dari suara Anda tersebut sudah tersimpan secara otomatis tanpa harus Anda simpan, lalu pilih Oke.


Hanya saja untuk nama file nya masih seadanya, yaitu Dokumen tanpa judul.


Untuk merubah nama file, pilih titik tiga.


Pilih Ganti nama.


Lalu ganti nama file sesuai dengan yang Anda inginkan, baik itu diketik secara manual ataupun menggunakan suara Anda kembali dengan cara seperti tadi, yaitu memilih gambar microphone yang berada di keyboard HP Android Anda sebelah kanan.


Apabila sudah, pilih Ganti nama.


Nama file dokumen Anda sudah berubah sesuai dengan yang Anda inginkan.



Membuka Dokumen Google Docs di PC atau Laptop


Dokumen yang sudah Anda buat tadi di Google Docs HP Android Anda, bisa juga dibuka di PC atau laptop. Untuk membuka di PC atau laptop bisa dilakukan dengan 2 cara juga, cara yang pertama bisa dibuka dengan menggunakan Google Drive, dan cara yang kedua bisa dibuka dengan cara membuka Google Docs. 

Di sini saya menggunakan cara yang kedua, yaitu membuka dokumen di Google Docs, dengan cara ketikkan docs.google.com pada browser di PC atau laptop Anda.



Apabila sudah, Sign In menggunakan akun Gmail yang sama dengan akun Gmail pada HP Android Anda.


Pilih x (close).


Bisa Anda lihat, dokumen yang sudah Anda buat tadi di HP Android, sudah ada di HP atau laptop Anda.


Dokumen yang sudah Anda buat bisa Anda simpan menjadi format word, yaitu dengan cara buka dokumennya terlebih dulu, lalu pilih File, pilih Download, lalu pilih Microsoft Word (.docx), dan hasilnya akan tersimpan pada folder Download di PC atau laptop Anda.


Kesimpulan


Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, proses cara mengetik dokumen tanpa harus mengetik di Google Docs HP Android, bisa juga dibuka di PC atau laptop sudah selesai, dengan cara ini Anda bisa menyelesaikan dokumen yang harus Anda kerjakan dimana saja Anda berada dan kapan saja, yaitu dengan cara mengetik dokumen tanpa harus mengetik, sangat praktis bukan ?

Semoga bermanfaat..
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar