--> Skip to main content

Bug Xiaomi Redmi Note 8 Bisa Diatasi Dengan Cara Ini

Xiaomi Redmi Note 8 - Bug pada HP Android, terutama bug pada HP Xiaomi Redmi Note 8 yang sedang saya gunakan, terasa sangat mengganggu aktivitas saya ketika saya sedang asyik menggunakan HP Xiaomi tersebut.

Xiaomi Redmi Note 8

Bug menurut aplikasi Kamusku mempunyai pengertian sebagai sebuah kesalahan dalam sebuah perangkat lunak atau produk lainnya.

Bagaimana tidak merasa terganggu, ketika saya sedang ingin mengecek email yang masuk, dan ketika saya juga ingin membuka beberapa aplikasi yang ada di HP Xiaomi Redmi Note 8 yang saya gunakan, saya tidak bisa membukanya.

Ketika saya membuka salah satu aplikasi di HP Xiaomi saya, terdapat peringatan bahwa aplikasi yang saya buka tersebut terus berhenti, lalu saya coba buka aplikasi yang lainnya juga sama terdapat peringatan bahwa aplikasi yang saya buka tersebut terus berhenti, selain peringatan aplikasi terus berhenti terdapat juga peringatan seperti ini :

"Kirim laporan bug ke MI untuk dianalisa? Laporan ini mungkin mengandung Informasi Identitas Pribadi. Laporan Anda akan digunakan untuk memperbaiki bug ini dan tidak akan digunakan dalam konteks komersial apapun."

Pada peringatan tersebut terdapat pilihan Laporkan yang bisa kita pilih agar aplikasi yang mengalami bug tersebut bisa diselesaikan lebih cepat dan aplikasi tersebut bisa dibuka kembali seperti biasanya.

Saya pilih Laporkan lalu saya tunggu beberapa saat, tidak lama kemudian saya coba untuk membuka aplikasi yang mengalami bug tersebut di HP Xiaomi saya, namun yang terjadi aplikasi tersebut masih mengalami bug, masih belum normal.






Tidak hanya sekali, karena saya masih penasaran saya coba berkali-kali memilih Laporkan pada aplikasi yang mengalami bug dengan tujuan untuk mengatasi bug pada HP Xiaomi saya, namun, aplikasi tersebut masih saja mengalami bug.

Karena aplikasi yang mengalami bug belum normal, lalu saya coba untuk memperbarui aplikasi tersebut di aplikasi Play Store dengan harapan agar aplikasi tersebut bisa normal kembali, namun setelah aplikasinya berhasil diperbarui, aplikasi tersebut masih mengalami bug.

Berhubung cara memperbarui aplikasi di Play Store belum berhasil untuk mengatasi bug nya, lalu saya coba cara lain, yaitu dengan cara mematikan HP Xiaomi saya dengan harapan agar saat dinyalakannya kembali HP Xiaomi nya, aplikasi yang mengalami bug tersebut bisa normal kembali, namun cara tersebut masih belum berhasil juga untuk mengatasi bug nya.

Tiga cara sudah saya coba (memilih Laporkan, perbarui aplikasi di Play Store, dan mematikan HP Xiaomi) dan semua cara tersebut belum berhasil mengatasi bug nya, lalu saya memikirkan cara lain untuk mengatasi bug di HP Xiaomi Redmi Note 8 saya ini, dan pada akhirnya saya menemukan bagaimana caranya.


Mengatasi Bug Xiaomi Redmi Note 8


Jika Anda pengguna HP Xiaomi Redmi Note 8 dan Anda juga mengalami hal yang sama dengan saya, yaitu mengalami bug pada beberapa aplikasi di HP Xiaomi Anda, Anda bisa mencoba cara keempat yang sudah saya coba dan berhasil mengatasi bug di HP Xiaomi saya.

Saya menggunakan cara keempat ini karena dalam beberapa minggu belakangan ini sebetulnya saya sering mendapatkan notifikasi untuk melakukan pembaruan sistem HP Xiaomi saya, namun saya belum juga memperbarui sistem tersebut.

Sampai pada akhirnya, saya memperbarui sistem HP Xiaomi Redmi Note 8 saya ini dengan harapan agar semua aplikasi kembali berjalan normal dan tidak mengalami bug lagi.

Cara keempat ini mudah untuk dipraktekkan dan terbukti ampuh untuk mengatasi bug di HP Xiaomi saya. Sebelum memulai cara ini, sebaiknya isi penuh terlebih dahulu baterai HP Xiaomi Redmi Note 8 Anda atau terisi di atas 70%, kondisi baterai jangan dalam keadaan lemah, karena hal tersebut akan mengganggu prosesnya nanti.

Jika baterai HP Xiaomi Redmi Note 8 Anda sudah penuh baterainya atau sudah terisi di atas 70%, kita bisa mulai proses untuk mengatasi bug nya sekarang.


Buka menu Setelan di HP Xiaomi Redmi Note 8 Anda, scroll layar HP Xiaomi Anda ke arah bawah, lalu pilih menu Setelan (gambar bulat bergerigi) yang berada di sebelah kanan atas, atau pilih menu Setelan yang berada di layar depan HP Xiaomi Anda.


Pada menu Tentang telepon, pilih Perbarui.


Pada menu Pembaruan sistem, pilih gambar titik (.) berwarna merah yang berada di sebelah kanan.

HP Xiaomi Redmi Note 8 ini sebetulnya berbasis MIUI 10 dan juga berbasis Android 9, namun sebelumnya sudah pernah saya perbarui sistemnya menjadi MIUI 11 dan tetap berbasis Android 9.


Di layar HP Xiaomi Redmi Note 8 Anda terlihat pembaruan sistem akan berubah menjadi MIUI 12, Anda pilih saja Unduh pembaruan.


Pilih Unduh, lalu tunggu sampai selesai proses pembaruan sistemnya. Proses ini membutuhkan waktu yang tidak sebentar, tanda pembaruan sistem HP Xiaomi Anda berhasil adalah HP Xiaomi Anda tersebut akan merestart sendiri.

Sesudah proses pembaruan sistem berhasil, cek kembali pada menu Setelan, HP Xiaomi Redmi Note 8 Anda sudah berubah menjadi HP Xiaomi berbasis MIUI 12 dan berbasis Android 10. 

Sampai pada tahapan ini, proses mengatasi bug pada HP Xiaomi Redmi Note 8 Anda sudah selesai dan berhasil, beberapa aplikasi yang sebelumnya mengalami bug sudah normal kembali.


Itulah cara saya dalam mengatasi bug pada HP Xiaomi Redmi Note 8 yang saya gunakan. Dengan cara ini, selain masalah bug pada beberapa aplikasi sudah teratasi, HP Xiaomi Redmi Note 8 saya juga berubah menjadi HP Xiaomi yang berbasis MIUI 12 dan berbasis Android 10.
Newest Post
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar