--> Skip to main content

Cara Cepat Memindahkan Semua Kontak Dari HP Android Lama Ke HP Android Baru Atau Ke HP Android Lain

Lunfix.com - Pada pembahasan kali ini saya akan membahas mengenai bagaimana cara cepat memindahkan semua kontak dari HP Android lama Ke HP Android baru atau ke HP Android lain, bila Anda ingin mengetahuinya bisa Anda simak langkah-langkah cara cepat memindahkan semua kontak dari HP Android lama Ke HP Android baru atau ke HP Android lain di pembahasan ini.

Cara Cepat Memindahkan Semua Kontak Dari HP Android Lama Ke HP Android Baru Atau Ke HP Android Lain

Cara Cepat Memindahkan Semua Kontak Dari HP Android Lama Ke HP Android Baru Atau Ke HP Android Lain


Apakah di antara Anda ada yang merasa tidak senang saat ganti HP lama ke HP baru ? Saya rasa tidak ada ya, saya yakin semua orang akan merasa sangat senang sekali apabila ganti HP baru, apalagi bila HP tersebut speknya lebih bagus dari HP sebelumnya.

Setiap orang tentunya memiliki alasan yang berbeda-beda ketika mengganti HP lamanya ke HP baru, baik itu karena kebutuhan, karena gengsi, atau karena memang tidak ingin ketinggalan zaman mengikuti perkembangan terkini, sehingga membuat orang tersebut selalu ingin memiliki apabila ada HP keluaran terbaru. Untuk alasan yang terakhir ini, tidak masalah menurut saya selama Anda mempunyai dana yang cukup, jangan memaksakan.

Baca juga : Jangan Asal Beli HP Baru, Cek Juga IMEI HP Legal Atau Ilegal

Kalau alasan pribadi saya sederhana saja, ganti HP baru karena memang merupakan suatu kebutuhan, bukan karena gengsi atau bukan karena tidak ingin disebut ketinggalan zaman, tetapi karena HP lama sudah tidak mendukung dalam hal spek yang saya butuhkan.

Ganti HP baru memang sangat menyenangkan, tetapi di balik itu, ada sedikit hal yang mengganggu kita ketika mengganti HP lama ke HP baru, hal yang paling mengganggu menurut saya adalah dalam hal memindahkan semua kontak yang ada di HP lama untuk dipindahkan ke HP baru.

Memindahkan semua kontak merupakan hal yang paling utama menurut saya ketika ganti HP lama ke HP baru atau ke HP lain. Saya pernah mencoba 2 cara ketika memindahkan semua kontak dari HP lama ke HP baru, yaitu menggunakan bluetooth, dan menggunakan kartu SIM.

Pada penggantian HP baru kali ini, saya tidak lagi  menggunakan kedua cara tersebut, karena kurang praktis menurut saya, apalagi bila menggunakan kartu SIM, ada keterbatasan dalam penyimpanan jumlah kontak, apabila semua kontak yang kita miliki melebihi dari kapasitas penyimpanan kartu SIM, tentu proses pemindahan semua kontak ke HP baru akan sedikit merepotkan.

Kali ini saya menggunakan cara yang sangat cepat dalam hal memindahkan semua kontak dari HP Android lama ke HP Andorid baru, atau bisa juga untuk memindahkan ke HP Android lain, yaitu dengan bantuan 2 akun Gmail yang saya miliki, membuat proses pemindahan semua kontak berlangsung sangat cepat, dan di sini saya menggunakan HP Asus. 

Apabila Anda hanya memiliki 1 akun Gmail, sebaiknya Anda membuat 1 akun Gmail lagi terlebih dulu, agar proses pemidahan semua kontak berjalan dengan lancar.


Langkah-langkah Cara Cepat Memindahkan Semua Kontak Dari HP Android Lama Ke HP Android Baru Atau Ke HP Android Lain


1. Langkah-langkah Pada HP Android Lama

Sebelum memulai, Anda buka terlebih dulu 2 akun Gmail Anda pada aplikasi Gmail yang ada di HP Android lama Anda, dan akun Gmail yang terbuka pada aplikasi Gmail adalah akun Gmail yang tidak akan Anda gunakan untuk disetting pada HP Android baru Anda.


Apabila Anda sudah membuka 2 akun Gmail pada aplikasi Gmail Anda, sekarang buka menu Kontak pada HP Android lama Anda, lalu pilih titik 3 yang berada di sebelah kanan atas.


Pilih Kelola kontak.


Pilih Impor/ekspor.


Pilih Bagi kontak yang dapat dilihat, pada menu ini, kalimat pada setiap HP akan berbeda-beda, tetapi pada dasarnya mirip, tidak jauh beda.


Pilih Bagikan dengan Gmail.


Kolom Dari akan terisi otomatis dengan akun Gmail Anda yang terbuka tadi, dan semua kontak yang Anda miliki di HP Android lama akan tersimpan dalam file vcards, dan akan menjadi lampiran email Anda.


Seperti yang saya sebutkan tadi, di sini saya menggunakan 2 akun Gmail yang saya miliki, pada kolom Kepada, isi dengan akun Gmail Anda lainnya yang akan Anda gunakan untuk disetting pada HP Android baru, untuk proses pada HP Android lain nanti Anda bisa membuka akun Gmail yang menerima pesan tersebut. 

Isi Subjek sesuai dengan yang Anda inginkan, di sini saya isi dengan Kontak, lalu pilih Send (gambar pesawat kertas) yang berada di atas.

Pada tahap ini proses yang harus dilakukan pada HP Android lama sudah selesai.


2. Langkah-langkah Pada HP Android Baru Atau HP Android Lain


Sebelum memulai langkah-langkah di HP Android baru atau HP Android lain, bisa Anda lihat tidak ada kontak yang tersimpan pada menu kontak. Sekarang kita akan mulai memindahkan semua kontak dari HP Android lama ke HP Android Baru atau ke HP Android lain dengan akun Gmail tadi.


Pada HP Android baru, buka aplikasi Gmail Anda, biasanya sudah terinstal, dan akun Gmail Anda sudah terbuka, karena akun Gmail Anda sudah digunakan untuk setting HP Android Baru, sedangkan pada HP Android lain Anda harus membuka akun Gmail Anda. 

Bila sudah membuka akun Gmail Anda, lalu pilih Kotak masuk, pilih pesan masuk yang Anda kirim tadi dari HP Android lama Anda.


Klik pada bagian lampirannya, yaitu vcards, lalu pilih Oke.


Pilih Perangkat saja, tidak disinkronkan.


Semua kontak Anda dari HP Android lama dengan otomatis akan tersimpan pada menu kontak HP Android Baru atau HP Android lama dengan sangat cepat dengan bantuan akun Gmail.

Kesimpulan 


Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, proses cara cepat memindahkan semua kontak dari HP Android lama Ke HP Android baru atau ke HP Android lain sudah selesai, sangat mudah sekali bukan caranya ? Informasi tambahan, bagi Anda pengguna HP Xiaomi, memindahkan semua kontak ke HP Android dengan cara di atas tidak bisa diterapkan, harus menggunakan cara yang lain, yaitu dengan cara ini, tetapi bila Anda ingin memindahkan semua kontak ke HP Xiaomi dari HP Android, langkah ke 2 di atas bisa diterapkan. Sekarang mempunyai HP Android baru semakin menyenangkan karena Anda sudah tahu bagaimana cara cepat memindahkan semua kontak Anda dengan cepat.

Semoga bermanfaat..
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar