--> Skip to main content

Jangan Asal Beli HP Baru, Cek Juga IMEI HP Legal Atau Ilegal

Lunfix.com - Bila Anda berniat ganti HP dan ingin membeli HP baru, jangan asal beli HP baru, cek juga IMEI HP legal atau ilegal, apakah Anda sudah pernah melakukan pengecekan terhadap HP yang Anda miliki sekarang termasuk barang legal atau ilegal ? Saya yakin, tidak semua orang melakukannya. Lalu, bagaimana cara cek sebuah HP tergolong legal atau ilegal ? Untuk mengetahuinya, bisa Anda simak pada pembahasan saya kali ini, jangan asal beli HP baru, cek juga IMEI HP legal atau ilegal.

Jangan Asal Beli HP Baru, Cek Juga IMEI HP Legal Atau Ilegal

Jangan Asal Beli HP Baru, Cek Juga IMEI HP Legal Atau Ilegal


Sebagai konsumen, kita harus teliti dalam membeli sesuatu barang, termasuk juga dalam hal membeli HP baru, kita harus memastikan bahwa HP yang kita beli adalah barang legal dan bukan barang Black Market (BM), yang termasuk dalam kategori ilegal.

HP seperti apa yang termasuk dalam kategori ilegal ? HP yang termasuk dalam kategori ilegal adalah HP dengan nomor IMEI tidak terdaftar di database Kementrian Perindustrian (Kemenperin).

Kepanjangan dari IMEI adalah International Mobile Equipment Identity, IMEI adalah nomor identitas khusus HP yang berjumlah 15 angka untuk tiap slot SIM yang dikeluarkan oleh produsen HP. Nomor IMEI pada setiap HP berbeda-beda, bila HP Anda mempunyai 2 buah slot SIM, maka HP Anda mempunyai 2 nomor IMEI dan berbeda juga.

Bagaimana cara kita mengetahui bahwa nomor IMEI HP kita sudah terdaftar atau tidak terdaftar di database Kemenperin ? Caranya sangat mudah, kita cek nomor IMEI HP kita pada situs resmi Kemenperin. Tetapi, sebelum kita cek nomor IMEI HP kita pada situs resmi Kemenperin, kita harus mengetahui terlebih dulu nomor IMEI HP yang kita miliki, sesudah itu barulah kita cek apakah HP kita termasuk barang legal atau ilegal.


Cara Mengetahui Nomor IMEI HP


Apakah Anda sudah mengetahui bagaimana cara mengecek nomor IMEI HP Anda ? Ada 3 cara untuk mengetahui nomor IMEI HP yang kita miliki :

1. Cara pertama, nomor IMEI HP bisa kita temukan pada dus HP yang kita beli, posisi nomor IMEI HP berada di belakang dus HP.

2. Cara kedua, nomor IMEI HP bisa kita temukan pada HP yang kita miliki, pilih menu Setelan→About→Status→Informasi IMEI. Untuk menu About, itu adalah menu pada HP yang saya gunakan, pada HP lain untuk menu About biasanya adalah About Phone, atau sejenisnya.

3. Cara ketiga, nomor IMEI HP bisa kita temukan pada menu dial up HP kita, buka menu dial up, yaitu menu untuk melakukan panggilan telepon kepada seseorang, lalu tekan *#06#, lakukan seperti halnya Anda hendak menelepon seseorang, lalu muncul nomor IMEI HP kita.

Bila kita sudah mengetahui bagaimana cara mengecek nomor IMEI HP kita, langkah selanjutnya adalah cek HP kita apakah termasuk HP legal atau ilegal pada situs resmi Kemenperin.


Cara Cek IMEI HP Legal Atau Ilegal


Baik cara pertama, cara kedua, ataupun cara ketiga di atas yang akan kita gunakan, nomor IMEI HP yang keluar akan sama pada setiap slot SIM nya.



Buka situs resmi Kemenperin (https://imei.kemenperin.go.id/), lalu masukkan nomor IMEI HP yang sudah kita cek sebelumnya pada kolom Cek IMEI, lalu pilih Search (gambar kaca pembesar).



Bila muncul kalimat IMEI terdaftar di database Kemenperin, itu artinya HP kita termasuk HP legal, dan bila kalimat yang muncul adalah IMEI tidak terdaftar di database Kemenperin, itu artinya HP kita termasuk HP ilegal.

Kesimpulan


Sekarang Anda sudah mengetahui mengenai kriteria HP legal atau ilegal, bila Anda berencana membeli HP baru, sebaiknya jangan asal beli HP baru, cek juga IMEI HP legal atau ilegal pada saat membeli HP, hal ini wajib kita lakukan sebagai konsumen, harus teliti dalam setiap hal, dan kita sebagai warga negara yang baik sudah seharusnya membeli sesuatu barang yang legal agar tidak terjadi hal-hal yang tidak kita inginkan di kemudian hari.

Semoga bermanfaat..
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar