--> Skip to main content

Alun-Alun Cianjur, Salah Satu Tempat Wisata Kebanggaan Warga Cianjur

Lunfix.com - Alun-alun Cianjur, salah satu tempat wisata kebanggaan warga Cianjur yang selalu ramai dikunjungi oleh berbagai kalangan dan cocok untuk semua usia. Apakah Anda sudah berkunjung ke alun-alun Cianjur, salah satu tempat wisata kebanggaan warga Cianjur ?

Alun-Alun Cianjur, Salah Satu Tempat Wisata Kebanggaan Warga Cianjur

Alun-Alun Cianjur, Salah Satu Tempat Wisata Kebanggaan Warga Cianjur


Pintu masuk utama alun-alun Cianjur terletak di Jalan Suroso, Solokpandan, Cianjur, alun-alun Cianjur berada di dalam kawasan Masjid Agung Cianjur. Masuk ke area alun-alun Cianjur tidak dikenakan biaya, gratis, Anda hanya diharuskan untuk membayar parkir kendaraan Anda saja bila Anda membawa kendaraan sendiri.


Alun-alun Cianjur didesain dengan sangat apik yang membuat para pengunjung menjadi betah untuk berlama-lama berada di sana. Desain gerbang pintu masuk utama pun dibuat dengan simbol khas Cianjur, yaitu kepala ayam pelung, menjadikan pintu gerbang utama ini menjadi sangat keren.


Alun-alun Cianjur diresmikan oleh Bapak Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada tanggal 08 Februari 2019. 

Jadwal Buka dan Aturan Alun-Alun Cianjur



Alun-alun Cianjur dibuka untuk umum, untuk jadwal buka alun-alun Cianjur adalah hari senin-jum'at pukul 13.00-18.00 WIB, hari sabtu pukul 09.00-21.00 WIB, dan hari Minggu pukul 08:30-18.00 WIB.


Bila Anda memasuki area alun-alun Cianjur, sebaiknya Anda patuhi peraturan yang sudah ditetapkan, yaitu dilarang merokok, dilarang menginjak rumput, dilarang bermesraan, dilarang berjualan, dilarang membawa miras (minuman keras), dan dilarang membawa senjata tajam.


Di dalam area alun-alun Cianjur terdapat area parkir yang sangat luas, Anda tidak usah khawatir bila Anda membawa kendaraan saat berkunjung ke sana.


Di dalam area alun-alun Cianjur juga terdapat sebuah panggung berbentuk gamelan dan berhiaskan seruling bambu yang berada di dinding panggung dan di sisi panggung. Panggung ini biasanya digunakan untuk gelaran acara budaya dan sejenisnya.


Bagi ibu menyusui, di area alun-alun Cianjur tersedia tempat untuk menyusui, yaitu ruang laktasi, ruangannya berada tepat di belakang panggung berbentuk gamelan dan berhiaskan seruling bambu.


Tersedia juga beberapa WC umum yang membuat para pengunjung semakin nyaman bila sedang berada di alun-alun Cianjur.



Tempat duduk untuk pengunjung yang berada di area alun-alun Cianjur pun dibuat dengan bentuk gamelan, menjadikan isi dari alun-alun Cianjur sarat akan seni dan budaya.



Para pengunjung akan melewati jalan dengan pilar-pilar yang berada di sisi kanan dan di sisi kiri yang bertuliskan lafadz Asmaul Husna, alun-alun Cianjur selain sarat dengan nuansa seni dan budaya, juga bernuansa islami, dan bila Anda berkunjung pada malam hari, pilar-pilar ini menyala dengan indahnya.


Di area tengah alun-alun Cianjur terdapat tempat yang bisa digunakan untuk gelaran acara kesenian juga, di sekelilingnya tersedia tempat duduk dengan background siluet orang yang sedang melakukan gerakan pencak silat.

Rumput Sintetis Alun-Alun Cianjur





Tepat di sebelah Masjid Agung Cianjur, alun-alun Cianjur memiliki area rumput sintetis yang luas, dipadukan dengan kolam dan air mancur, ditambah dengan adanya tugu Al-Qur'an dan slogan Cianjur Jago, membuat alun-alun Cianjur semakin keren dan semakin membuat betah para pengunjung.

Nikmati suasananya ketika Anda berada di alun-alun Cianjur, bila Anda membawa anak, area rumput sintetis ini akan menjadi tempat favorit anak Anda, mereka bisa bermain sepuasnya dan membuatnya bahagia, bahagia tidak selalu harus mahal, bahkan Anda juga bisa santai sejenak sambil tiduran di area rumput sintetis alun-alun Cianjur.


Di dekat area rumput sintetis, terdapat perpustakaan mini, dan di sekitaran perpustakaan mini juga bisa digunakan untuk acara botram (makan bersama-sama), Anda bekal makan dari rumah dan jangan lupa membawa tikar untuk alasnya. Tetapi harus diingat, selalu menjaga kebersihan dimanapun Anda berada.


Di dekat pintu keluar alun-alun Cianjur yang terletak di Jalan Siti Jenab, Pamoyanan, Cianjur, tersedia banyak pilihan penyewaan mainan anak, ada scooter, becak mini, mobil-mobilan, juga motor-motoran, semakin membuat anak Anda betah untuk berlama-lama berada di alun-alun Cianjur.

Bagi Anda yang berasal dari Sukabumi dan ingin jalan-jalan ke alun-alun Cianjur menggunakan transportasi umum, Anda bisa menggunakan Kereta Api Siliwangi, ongkosnya lebih murah, untuk jadwal Kereta Api Siliwangi bisa Anda lihat di sini, dari stasiun kereta api menuju alun-alun Cianjur bisa ditempuh dengan berjalan kaki sekitar 15 menitan.

Itulah gambaran mengenai alun-alun Cianjur, salah satu tempat wisata kebanggaan warga Cianjur, yuk jalan-jalan ke alun-alun Cianjur sekarang. Bila Anda ingin menikmati suasana malam di alun-alun Cianjur, sebaiknya Anda berkunjung pada hari sabtu, karena pada hari sabtu alun-alun Cianjur buka sampai pukul 21.00 WIB.

Semoga bermanfaat..
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar