--> Skip to main content

Menggunakan Template Blog Gratisan Bisa Diterima Google AdSense?

Template blog gratisan masih menjadi idola dan masih menjadi incaran banyak blogger sampai saat ini, terutama bagi para blogger pemula yang baru mulai terjun di dunia blog. Dengan menggunakan template blog gratis, para blogger tidak usah mengeluarkan sejumlah uangnya untuk membeli template blog premium (berbayar) untuk digunakan pada blognya.


Template Blog Gratis

Banyak sekali penyedia template blog gratisan yang bisa kita temukan di Google, penyedia template blog gratis tersebut menyediakan banyak pilihan model template blog yang bisa kita pilih dan kita download sesuai dengan selera kita secara gratis.

Di Google tersedia template blog dengan tampilan yang beraneka ragam, mulai dari template blog dengan tampilan yang sederhana, template blog dengan tampilan yang elegan, dan juga tersedia template blog dengan tampilan yang profesional. Selain banyaknya pilihan model, jumlah template blog gratis yang tersedia di Google pun tidak main-main dalam hal jumlahnya, tersedia dalam jumlah ribuan hanya dari satu penyedia template blog gratis saja.

Sedangkan di Google bisa kita temukan penyedia template blog itu lebih dari satu, mungkin Anda juga pernah melihatnya di Google. Bisa Anda bayangkan sendiri berapa jumlah totalnya semua template blog gratisan yang tersedia, diperkirakan totalnya bisa mencapai ratusan ribu bahkan lebih ya template blog yang bisa kita pilih dan bisa kita download tanpa harus membayar sepeser pun.

Dengan tersedianya banyak sekali template blog gratisan yang tersedia di Google, apakah ada efeknya bagi para blogger? Saya rasa jawabannya Iya. Kenapa bisa begitu? Begini sedikit penjelasannya dari saya.

Dengan tersedianya banyak sekali template blog yang disediakan secara gratis, membuat para blogger khususnya blogger yang baru terjun di dunia blog menjadi lebih sering mengganti template blognya dibandingkan dengan seringnya memposting artikel untuk blognya. Hal ini dikarenakan blogger tersebut sering merasa belum ada template blog yang cocok untuk blognya, selain itu bisa dikarenakan blogger tersebut sering merasa belum puas atas pemilihan template blognya, terlebih jika melihat template blog blogger lain tampilannya lebih bagus dan lebih keren.

Baca juga : Cara Mengganti Template Blog Bagi Blogger Pemula

Baca juga : Bisakah Blog Gado-Gado Diterima Oleh Google AdSense ?

Jika Anda berniat menggunakan template blog gratisan yang yang tersedia di Google, ada aturan yang harus Anda patuhi, yaitu Anda tidak boleh menghapus credit link footer yang ada pada template blog tersebut. Credit link footer letaknya ada di bawah template blog, credit link footer merupakan link aktif yang tertuju pada website pemilik template blog gratisan tersebut. Berbeda halnya dengan template blog premium atau template bawaan blogger, kita diperbolehkan untuk mengganti credit link footernya dengan link aktif blog kita sendiri.

Hal selanjutnya yang menjadi pertanyaan bagi para blogger pemula termasuk saya sendiri pada awal membuat blog adalah jika blog kita menggunakan template blog gratisan, apakah blog kita bisa diterima oleh Google AdSense?

Karena tidak bisa dipungkiri, tujuan lainnya para blogger membuat blog adalah selain untuk menyalurkan hobi menulisnya, menyalurkan ide-ide kerennya dalam bentuk tulisan, juga agar blognya bisa menghasilkan uang.

Mungkin untuk poin agar blognya bisa menghasilkan uang, itu sudah menjadi hal yang lumrah dan sangat wajar menurut saya. Hal tersebut bisa dianggap sebagai apresiasi terhadap blogger yang sudah bekerja keras atau ada juga blogger yang sudah bekerja cerdas untuk membuat sukses blognya, sehingga blognya tersebut sudah bisa menghasilkan uang setiap bulannya (gajian).

Membuat sukses sebuah blog yang kita buat ternyata tidak semudah seperti membalikkan telapak tangan kita, membuat sukses sebuah blog membutuhkan waktu, perjuangan, ide, ulet, rutin posting artikel, dan tidak lupa selalu berdo'a kepada Yang Maha Kuasa agar semua hal yang kita kerjakan dilancarkan semuanya. Di luar semua itu, bahkan ada blogger yang rela mengeluarkan sejumlah uangnya yang kadang tidak sedikit untuk membuat sukses blognya.

Pada artikel ini saya akan sharing mengenai pertanyaan yang sering ditanyakan oleh para blogger pemula termasuk saya juga sebagai blogger pemula yang bertanya-tanya pada diri sendiri pada awal membuat blog, bagaimana peluangnya mengenai bisa diterima atau tidaknya oleh Google AdSense jika blog kita menggunakan template blog gratisan.


Apakah Menggunakan Template Blog Gratisan Bisa Diterima Google AdSense?


Apakah pertanyaan di atas sempat menjadi pertanyaan juga di benak Anda para blogger pemula pada awal membuat blog? Karena bagi saya yang termasuk sebagai blogger pemula, jujur pertanyaan tersebut ada di benak saya.

Pada awal membuat blog saya menggunakan template blog bawaan blogger dimana template tersebut termasuk ke dalam kategori template blog gratisan menurut saya. Template blog bawaan blogger tersebut tersedia di dashboard blogger di menu Tema, adapun template blog bawaan blogger yang saya gunakan adalah template Awesome Inc., lebih tepatnya Awesome Inc. Renewable.

Saya pernah menggunakan template blog gratis yang tersedia di Google tetapi hanya beberapa menit saja, beberapa menit kemudian, saya ganti kembali template blog gratis dari Google tersebut dengan template Awesome Inc.

Alasan saya mengganti kembali template blog saya dengan template bawaan blogger Awesome Inc. adalah karena saya ingin credit link footer di blog saya diisi dengan link aktif nama blog saya sendiri seperti yang saya lihat pada template blog blogger lain (para blogger lain menggunakan template blog premium dan ada juga yang menggunakan template blog buatannya sendiri).

Template bawaan blogger pada umumnya tampilannya sangat sederhana sekali, namun sedikit demi sedikit saya modifikasi template bawaan blogger yang saya gunakan agar sesuai dengan keinginan saya dan agar tampilannya terlihat lebih profesional.

Karena saya bukan ahli dalam ilmu coding, saya cari tutorialnya di Google untuk memodifikasi template bawaan blogger yang saya gunakan. Alhasil, sedikit demi sedikit template bawaan blogger yang saya gunakan pun mulai berubah menjadi lebih keren, tampilannya terlihat lebih profesional (menurut saya), dan tentu saja sesuai dengan yang saya inginkan.

Baca juga : Cara Mengedit Tampilan Tema Blog Bawaan Blogspot Agar Terlihat Menarik

Kenapa saya lebih memilih untuk capek-capek memodifikasi template bawaan blogger yang saya gunakan dibandingkan dengan menggunakan template blog gratisan yang tersedia di Google atau kenapa saya tidak langsung menggunakan template blog premium saja? kan lebih praktis ya sebetulnya.

Alasan saya tetap menggunakan template bawaan blogger di awal saya membuat blog adalah karena saya ingin tahu bagaimana rasanya memodifikasi template bawaan blogger, dan juga karena saya sangat merasa penasaran sekali apakah dengan menggunakan template blog gratisan ini apakah blog saya bisa diterima oleh Google AdSense.

Setahu saya, untuk mendaftarkan blog kita ke Google AdSense dan agar blog kita diterima oleh Google AdSense, blog kita harus memenuhi persyaratan kelayakan yang ditentukan oleh Google AdSense, yaitu:

1. Kita harus memiliki konten orisinal yang unik dan menarik,

2. Konten kita harus mematuhi kebijakan Program AdSense,

3. Kita harus berusia minimal 18 tahun.

Untuk lebih lengkapnya, sebaiknya Anda baca dan pahami mengenai Persyaratan Kelayakan AdSense (https://support.google.com/adsense/answer/9724?hl=id).

Selain itu, sebaiknya Anda baca juga mengenai hal Memastikan halaman situs Anda siap untuk AdSense (https://support.google.com/adsense/answer/7299563).

Walaupun di awal membuat blog saya hanya menggunakan template bawaan blogger, template blog tersebut saya lengkapi dengan widget-widget seperti yang ada pada template blog premium, seperti widget Popular Posts, Recent Posts, Random Posts, Featured Posts, dan juga widget lainnya. 

Selain widget-widget di atas, saya tambahkan juga widget yang wajib ada, yaitu About, Contact, Disclaimer, dan juga Privacy Policy. Jika Anda adalah pengguna template blog gratisan juga, sebaiknya Anda tambahkan widget yang wajib ada tersebut. Selain saya lengkapi template bawaan blogger yang saya gunakan dengan widget-widget yang saya rasa harus ada di blog saya, template blog tersebut juga saya buat agar mobile friendly.

Baca juga : Cara Membuat About Us Sederhana Pada Blogspot, Bisa Juga Diterapkan Untuk Membuat Disclaimer dan Privacy

Baca juga : Cara Mudah Membuat Disclaimer Dan Privacy Policy Untuk Blogspot Dan Panduan Cara Memasangnya

Saya juga rutin untuk menambahkan artikel di blog saya di setiap bulannya, namun saya belum sanggup untuk memposting setiap hari satu artikel. Jika Anda sanggup untuk posting artikel setiap hari satu artikel, itu lebih bagus menurut saya dan bagus juga untuk blog Anda, tetapi jangan lupa untuk selalu membuat konten yang baik dan positif ya.

Sampai pada akhirnya tiba jugalah waktunya blog saya sudah siap untuk didaftarkan ke Google AdSense, sesudah saya merasa siap dan yakin, saya daftarkan blog saya ke Google AdSense. Mengenai blog saya akan diterima ataupun ditolak oleh Google AdSense, itu urusan nanti, yang pasti saya ingin mencobanya terlebih dahulu agar rasa penasaran saya hilang.

Salah satu tanda blog Anda sudah siap untuk didaftarkan ke Google AdSense adalah sudah munculnya menu "Monetisasi blog Anda dengan AdSense" di menu Penghasilan yang bisa Anda lihat di dashboard blogger Anda.

Baca juga : Cara Menampilkan Menu Penghasilan Pada Blogspot Anda, Caranya Mudah

Baca juga : Saatnya Mendaftarkan Blogspot Anda Ke Google AdSense Apabila Sudah Muncul Menu Ini

Baca juga : Cara Daftar Blogspot Ke Google AdSense Melalui Menu Blogspot

Selang satu hari sejak saya mendaftarkan blog saya ke Google AdSense, blog saya diterima oleh Google AdSense. Saya merasa sangat bersyukur sekali ternyata walaupun blog saya hanya menggunakan template bawaan blogger, blog saya bisa diterima oleh Google AdSense.

Baca juga : Tips Daftar Blogspot Ke Google AdSense Agar Langsung Diterima Bagi Blogger Pemula


Itulah pengalaman saya menggunakan template blog gratisan dimana template blog yang saya gunakan adalah template bawaan blogger pada awal membuat blog dan ternyata blog saya bisa diterima oleh Google AdSense. Pada dasarnya, template blog premium itu sebetulnya dibuat dari nol atau bisa juga dibuat dari hasil modifikasi template blog yang sudah ada. Menurut saya tidak jauh berbeda dengan template blog gratisan yang kita modifikasi, yang membedakan adalah para pembuat template blog premium lebih mengerti mengenai coding, dan juga lebih mengerti mengenai struktur HTML. Dengan adanya artikel ini, semoga para blogger yang berniat mendaftarkan blognya ke Google AdSense dengan menggunakan template blog gratisan bisa lebih percaya diri bahwa blognya bisa diterima oleh Google AdSense.

Newest Post
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar