Skip to main content

Cara Mengganti Template Blog Bagi Blogger Pemula

Cara Mengganti Template Blog Bagi Blogger Pemula - Akhirnya, blog saya menggunakan template blog premium juga seperti kebanyakan blogger lainnya. Dari awal membuat blog di tahun 2019, saya belum pernah menggunakan template blog gratisan ataupun template blog premium, saya hanya menggunakan template (tema) bawaan blogspot yang tersedia saja.

Cara Mengganti Template Blog Bagi Blogger Pemula

Cara Mengganti Template Blog Bagi Blogger Pemula


Adapun template (tema) bawaan blogspot yang saya gunakan adalah tema PT. Keren Sekali (PT. Awesome Inc.), lalu diganti dengan menggunakan tema Sederhana (Simple). Karena tampilan template blog bawaan blogspot sangat sederhana, saya melakukan banyak sekali pengeditan agar menarik dan enak dilihat, walaupun masih jauh dari kata sempurna.

Saya bisa melakukan pengeditan template blog bawaan blogspot karena banyaknya panduan yang bisa saya terapkan dari para master blogger yang ahli di bidang pengeditan template blog yang bisa kita temukan di Google, walaupun tidak semua panduan langsung berhasil saya terapkan, ada juga yang tidak bisa saya terapkan, mungkin karena beda tema blog bawaan blogspot yang digunakan.

Sebetulnya banyak sekali template blog gratisan yang bagus dan keren, dan pemilik template blog gratisan nya juga memperbolehkan kita untuk mempergunakannya pada blog kita. Hanya saja ada syarat yang harus kita penuhi, yaitu kita tidak diperbolehkan untuk menghapus credit link template blog tersebut.

Credit link biasanya berada di area footer pada template blog, dan link tersebut aktif tertuju pada pemilik template blog tersebut. Apabila Anda pengguna template blog gratisan, sebaiknya Anda tidak menghapus credit link pada template blog yang Anda gunakan.

Selain hal tersebut tidak etis, juga hal tersebut bisa dikatakan sama saja dengan tidak menghargai sebuah karya yang sudah dibuat oleh pembuat template blog tersebut. Mengedit template blog bawaan blogspot saja yang sudah banyak panduan di Google bagaimana cara mengeditnya lumayan susah untuk dilakukan, apalagi ini, membuat template blog dari awal.

Hal itulah yang membuat saya tidak menggunakan template blog gratisan walaupun ingin, karena di satu sisi saya ingin menggunakannya, tetapi di sisi lain saya juga tidak boleh menghapus credit link template blog tersebut walaupun credit link tersebut bisa dihapus.

Dan sebelumnya saya memutuskan untuk menggunakan dua tema bawaan blogspot saja, karena saya bisa menggunakan credit link blog saya di area footer tema blog tersebut. Namun, sesudah saya mengganti tema blog dari PT. Keren Sekali menjadi tema Sederhana, saya pun terpikirkan untuk menggunakan template blog premium, karena saya juga ingin mencobanya, bagaimana sih rasanya.

Padahal, tema blog bawaan blogspot juga sebetulnya bisa dibuat seperti template blog premium tampilannya, hanya saja, bagi saya yang tidak jago dalam hal coding, hal itu membuat waktu saya terbuang yang seharusnya waktu tersebut digunakan untuk update artikel. Tetapi setidaknya saya jadi belajar dan mengetahui apa itu fungsi menu edit HTML pada blogspot.

Lama-lama saya merasa lelah juga dalam hal melakukan pengeditan tema blog bawaan blogspot, karena saya tidak kunjung menemukan panduan yang sesuai dengan tema blog yang saya gunakan untuk mendapatkan tampilan blog yang sesuai dengan yang saya inginkan walaupun panduannya banyak sekali.

Selain itu, terdapatnya beberapa kesalahan data struktur blog yang dilakukan pada Alat Uji Coba Data Terstruktur (https://search.google.com/structured-data/testing-tool/u/0/?hl=id), membuat saya merasa yakin sudah saatnya blog saya beralih menggunakan template blog premium.



Dan pada tanggal 11 Juni 2020, saya memutuskan untuk membeli template blog premium dengan harga yang masih terjangkau bagi saya sesudah berpikir beberapa hari dalam memilih template blog premium mana yang cocok dan sesuai dengan keinginan saya.

Adapun salah satu kelebihan dari menggunakan template blog premium adalah kita diperbolehkan untuk menghapus credit link pemilik template blog tersebut yang berada di area footer dan menggantinya dengan credit link blog kita, tentu saja hal itu membuat blog kita semakin terlihat profesional.


Inilah Cara Mengganti Template Blog Bagi Blogger Pemula Seperti Saya


Sesudah saya membeli dan mendapatkan template blog premium, pada hari itu juga saya ganti template blog saya dengan template blog premium, karena saya sudah tidak sabar untuk menggantinya.


Pada penggantian template blog, saya tidak menggunakan cara seperti biasanya yang dilakukan oleh para blogger lainnya, yaitu cara upload pada menu Tema blogspot, tetapi saya melakukannya dengan cara yang sesuai dengan panduan dari pemilik template blog premium tersebut, dan cara ini bisa juga dilakukan apabila Anda hendak mengganti template blogspot Anda dengan template blog gratisan.


Sesudah mendapatkan file template blog premium nya berupa .rar, pada file template blog klik kanan, pilih Extract Here.


Apabila sudah diextract, pada file berupa XML Document, klik kanan, pilih Open with, lalu pilih Notepad.


Sesudah file XML Document terbuka pada Notepad, copy semua kode HTML dengan cara tekan Ctrl + A, lalu klik kanan, pilih Copy atau tekan Ctrl + C.


Sesudah semua kode HTML dicopy, pada dashboard blogspot Anda, pilih menu Tema, pilih Edit HTML, lalu pada kode HTML yang ada, Paste kan kode yang sudah dicopy tadi dengan cara tekan Ctrl + A terlebih dulu pada kode HTMl yang ada, lalu tekan Ctrl + V atau klik kanan pilih Paste. Apabila sudah, lihat terlebih dulu hasilnya pada Pratinjau tema, lalu pilih Simpan tema, selesai.

Itulah cara mengganti template blog bagi blogger pemula seperti saya, cara ini lebih disarankan dalam mengganti template blogspot Anda apabila dibandingkan dengan cara upload, dengan cara ini seakan-akan blog Anda tidak melakukan penggantian template blog.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar