--> Skip to main content

Yang Harus Dilakukan Agar Artikel Blog Terindex Oleh Mesin Pencari Google

Lunfix.com - Pada pembahasan kali ini saya akan membahas mengenai apa yang harus dilakukan agar artikel blog terindex oleh mesin pencari Google, bagi Anda yang ingin mengetahuinya bisa Anda simak langkah-langkah apa yang harus dilakukan agar artikel blog terindex oleh mesin pencari Google di sini.

Yang Harus Dilakukan Agar Artikel Blog Terindex Oleh Mesin Pencari Google

Yang Harus Dilakukan Agar Artikel Blog Terindex Oleh Mesin Pencari Google


Rasanya tidak mungkin ya apabila kita tidak mengenal mesin pencari Google, yaitu sebuah mesin pencari milik Google yang sering digunakan oleh hampir semua orang di dunia termasuk saya sendiri untuk mendapatkan informasi ataupun hal lainnya yang ingin kita ketahui.

Hanya dengan memasukkan kata kunci yang berkaitan dengan informasi yang ingin kita cari pada mesin pencari Google, kita akan mendapatkan puluhan bahkan ratusan artikel yang berkaitan dengan informasi apa yang sedang kita cari tersebut.

Kata kunci yang saya maksud adalah seperti ini, apabila kita sedang mencari informasi mengenai kuliner di suatu daerah, misalkan kita sedang mencari makanan pecel lele di Cianjur, maka kita akan memasukkan kata kunci nya pada mesin pencari Google dengan kalimat pecel lele Cianjur, lalu kita akan mendapatkan sejumlah artikel mengenai pecel lele di Cianjur, baik itu di halaman pertama atau di halaman selanjutnya mesin pencari Google.

Artikel-artikel yang muncul tersebut merupakan artikel yang dibuat oleh para blogger yang membahas mengenai pecel lele di Cianjur, yang artinya, artikel blogger tersebut sudah terindex oleh mesin pencari Google, terlepas artikel tersebut berada di halaman berapa pun mesin pencari Google.

Apabila artikel tersebut berada di halaman pertama Google, maka bisa dikatakan blogger tersebut sudah ahli dalam bidang SEO (Search Engine Optimization) ataupun jumlah pengunjung pada artikel yang ditulisnya lebih banyak apabila dibandingkan dengan jumlah pengunjung artikel yang ditulis oleh blogger lainnya dengan topik yang sama.

Tidak bisa dipungkiri, artikel yang kita buat bisa berada di halaman pertama Google adalah salah satu impian saya sebagai seorang blogger dan tidak menutup kemungkinan blogger lain juga menginginkan hal yang sama dengan saya.

Dengan beradanya artikel kita di halaman pertama Google, terdapat beberapa keuntungan yang bisa kita dapatkan, keuntungannya adalah pengunjung artikel yang kita buat semakin banyak dan juga blog kita semakin dikenal dan diketahui oleh banyak orang. Karena untuk artikel yang berada di halaman pertama Google sangat besar sekali kemungkinannya akan dibaca oleh orang banyak yang sedang mencari informasi tersebut.

Terlebih lagi bagi Anda yang sedang menjalani bisnis, tentu saja hal ini sangat menguntungkan sekali bagi bisnis Anda. Peluang Anda untuk mendapatkan banyak keuntungan sangat mungkin sekali karena bisnis yang sedang Anda jalankan berada di halaman pertama Google.

Tergiur agar artikel Anda berada di halaman pertama Google ? Sama, saya juga menginginkannya, dan ternyata hal itu tidak semudah yang saya bayangkan, terlebih saya bukan ahli dalam bidang SEO dan saya juga masih mempelajarinya, karena saya masih pemula di dunia blog.

Walaupun artikel yang kita buat belum berada di halaman pertama Google, jangan membuat kita menjadi putus asa dan menyerah akan hal tersebut, kita harus belajar, belajar, dan terus belajar, dan saya pun masih terus belajar.

Ada hal lain yang perlu kita perhatikan sebagai seorang blogger, yaitu artikel yang kita buat minimal bisa terindex oleh mesin pencari Google, terlepas dari posisi artikel kita berada di halaman berapa Google, terindex nya artikel kita oleh Google merupakan hal penting yang harus dilakukan oleh seorang blogger.

Sangat disayangkan sekali apabila kita sudah meluangkan waktu kita untuk menulis artikel dengan panjang lebar dan membutuhkan waktu yang tidak sebentar, akan tetapi artikel yang sudah kita buat tersebut belum terindex oleh Google. 

Maka dengan ini, izinkan saya sebagai seorang blogger pemula berbagi pengalaman mengenai apa yang saya lakukan agar artikel yang saya buat terindex oleh mesin pencari Google. Dan perlu saya tekankan terlebih dulu sebelumnya, yang akan saya bahas di sini bukan membahas agar artikel kita berada di halaman pertama Google ya, tetapi agar artikel kita terindex oleh mesin pencari google, jangan salah pemahaman.

Walaupun hanya baru tahap artikel saya terindex oleh Google saja, hal itu sudah membuat saya bahagia, karena menurut saya, untuk bahagia itu terkadang kita tidak perlu hal yang mewah, hal sederhana sekali pun bisa membuat kita bahagia.



Apa Saja Yang Harus Dilakukan Agar Artikel Blog Terindex Oleh Mesin Pencari Google ?


1. Daftarkan Blog Anda ke Google Search Console

Langkah pertama yang harus Anda lakukan agar artikel blog Anda terindex oleh mesin pencari Google, daftarkan blog Anda ke Google Search Console, hal ini merupakan hal wajib yang harus dilakukan oleh blogger. Apabila blog Anda tidak didaftarkan ke Google Search Console, kemungkinan artikel Anda agar terindex oleh mesin pencari membutuhkan waktu yang lebih lama apabila dibandingkan dengan blog yang didaftarkan ke Google Search Console. Apabila Anda belum mendaftarkan blog Anda ke Google Search Console, sebaiknya Anda daftarkan sekarang juga, tidak usah menunda lagi.



2. Setting Robot.txt Khusus Dan Tag Tajuk Robot Khusus di Blogspot Anda

Langkah kedua yang harus Anda lakukan adalah setting robot.txt khusus dan tag tajuk robot khusus di blogspot Anda apabila blogspot Anda sudah didaftarkan ke Google Search Console. Apabila Anda sudah mendaftarkan blogspot Anda ke Google Search Console dan Anda belum setting robot.txt khusus, maka Anda akan mendapatkan email dari Google Search Console dengan subject : Kami sedang memvalidasi perbaikan masalah Cakupan Anda untuk situs https://namablogAnda.com.

Email dari Google Search Console tersebut menyatakan bahwa tim Google Search Console memeriksa "Diindeks, meski diblokir oleh robot.txt" yang mempengaruhi pada halaman blog Anda. Apabila Anda mendapatkan email seperti itu, Anda tidak usah khawatir, yang harus Anda lakukan adalah setting robot.txt khusus dengan benar, sesudah itu setting juga tag tajuk robot khusus nya.

Untuk setting robot.txt khusus dan tag tajuk robot khusus, pada blogspot menu nya berada di dashboard blogspot, pilih Setelan, pilih Preferensi penelusuran, lalu setting keduanya dan Diaktifkan juga keduanya.


3. Tambahkan Peta Situs (Sitemap) di Google Search Console Anda

Langkah ketiga yang harus Anda lakukan adalah setiap kali Anda sesudah selesai menulis artikel blog, Anda harus menambahkan Peta Situs baru di Google Search Console Anda.



Buka Google Search Console Anda, pada dashboard, pilih menu Peta Situs, pada kolom Tambahkan peta situs baru, isi dengan sitemap.xml, lalu pilih KIRIM. 


4. Lakukan Inspeksi URL di Google Search Console Anda

Langkah keempat yang harus Anda lakukan sesudah menambahkan Peta Situs baru di Google Search Console adalah lakukan inpeksi URL artikel Anda.


Copy terlebih dulu URL artikel yang sudah selesai Anda buat, lalu buka Google Search Console, pada dashboard, pilih menu Inspeksi URL, Paste URL artikel Anda pada kolom yang berada di tengah atas.


Pilih MINTA PENGINDEKSAN.


Tunggu beberapa waktu, lalu pilih OK.


Inspeksi URL sudah selesai dilakukan, status sudah berubah dari MINTA PENGINDEKSAN menjadi MINTA LAGI. 


Kesimpulan


Itulah hal-hal yang harus dilakukan agar artikel blog terindex oleh mesin pencari Google, jadi, untuk langkah ke 3 dan langkah ke 4 harus Anda lakukan setiap kali Anda selesai menulis artikel blog Anda. Saya ingatkan sekali lagi bahwa ini adalah pembahasan mengenai agar artikel blog Anda terindex oleh mesin pencari Google ya, bukan pembahasan agar artikel blog Anda berada di halaman pertama Google.

Semoga bermanfaat..
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar