--> Skip to main content

Cara Mengganti Template Blogspot Yang Aman Sesudah Diterima Google AdSense

Lunfix.com - Pada pembahasan kali ini saya akan membahas mengenai bagaimana cara mengganti template blogspot yang aman sesudah diterima Google AdSense, bagi Anda yang ingin mengetahuinya bisa Anda simak langkah-langkah bagaimana cara mengganti template blogspot yang aman sesudah diterima Google AdSense di sini.

Cara Mengganti Template Blogspot Yang Aman Sesudah Diterima Google AdSense

Cara Mengganti Template Blogspot Yang Aman Sesudah Diterima Google AdSense


Bagi para blogger, baik blogger pemula seperti saya maupun bagi para master blogger, bisa dipastikan sudah tidak asing lagi dengan apa yang disebut dengan template blog, yang kita kenal dengan sebutan tema blog apabila kita menggunakan blogspot, dan menu tema tersebut terdapat pada dashboard blogspot.

Terutama bagi para master blogger, bukan hanya sekedar mengetahui mengenai template blog saja, tetapi banyak yang sudah ahli dalam membuat template blog baik itu template blog gratis maupun template premium (berbayar), dan biasanya mereka mempersilakan template blog gratisannya untuk didownload dan digunakan oleh para blogger.

Bagi Anda yang masih menggunakan template bawaan blogspot, Anda bisa mengedit tampilannya agar menarik, dan Cara Mengedit Tampilan Tema Blog Bawaan Blogspot Agar Terlihat Menarik sangat mudah untuk dilakukan.

Hanya saja, apabila kita menggunakan template bawaan blogspot, apabila tampilan template blog nya ingin lebih terlihat lebih profesional, kita diharuskan untuk melakukan banyak pengeditan sesuai dengan yang kita inginkan.

Bagi beberapa blogger mungkin untuk melakukan pengeditan template blog tidak jadi masalah, karena bisa sekalian dijadikan sebagai ajang untuk belajar dan memahami mengenai template blog, tetapi bagi beberapa blogger lainnya yang ingin tidak mau ambil pusing untuk melakukan pengeditan template, lebih memilih untuk menggunakan template blog gratis atau template blog premium.

Melakukan pengeditan template blog bukan merupakan tugas utama dari blogger sebetulnya, karena tugas utama dari blogger adalah menulis dan selalu konsisten dalam menambah tulisannya. Namun tidak ada salahnya juga blogger sesekali melakukan pengeditan template blog nya apabila tampilan blog nya ingin sesuai dengan selera, karena hal positif yang didapat dari mengedit template blog adalah menambah ilmu.

Belakangan ini pun saya sedang memikirkan untuk menggunakan template blog premium, namun saya masih belum melakukannya, saya masih merasa bingung akan menggunakan template premium yang mana, karena banyak nya pilihan template blog premium yang bagus dan kita harus tepat dalam memilihnya.

Mengganti template blogspot sangat mudah untuk dilakukan, kita cari di Google template blogspot yang sesuai dengan yang kita inginkan, sesudah itu kita download lalu terapkan template blog yang sudah didownload tersebut pada blogspot kita.

Tidak bisa dipungkiri, kita semua para blogger, sudah pasti pernah mengganti template blog, bahkan ada yang berkali-kali menggantinya, karena merasa belum ada yang sesuai dengan yang diinginkan dan merasa belum sempurna template blog yang dipilihnya.

Saya sendiri pun pernah mengganti template blog saya, namun tidak sering, karena yang sering saya lakukan lebih banyak pada pengeditan template blog yang saya gunakan dengan melihat panduannya dari master blogger, dan saya akui hal itu memang memakan waktu, waktu yang seharusnya saya gunakan untuk menulis, tetapi saya gunakan untuk mengedit template blog saya.

Tetapi dengan melakukan pengeditan template blog, saya mendapatkan ilmu baru di dunia blog. Bagaimanapun kita harus terus belajar apapun hal yang positif selama nafas kita masih berhembus.

Sesudah blog saya diterima Google AdSense, saya menjadi sedikit ragu-ragu untuk mengganti template blog saya, saya mendadak jadi lebay, padahal sebelum-sebelumnya mengganti template blog sebelum diterima Google AdSense, saya merasa biasa saja tanpa ada rasa ragu sedikitpun. Karena seperti yang saya bilang tadi, mengganti template blogspot itu sangat mudah dilakukan.

Saya mendadak jadi lebay dikarenakan saya ketakutan apabila mengganti template blog saya, menjadi tidak aman untuk akun Google AdSense, karena saya pernah membaca salah satu artikel di Google, akun Google AdSense nya dibanned sesudah mengganti template blog nya.

Sesudah membaca artikel tersebut, saya menjadi sedikit ketakutan ketika hendak mengganti template blogpot saya, maklum, secara blog saya baru saja diterima oleh Google AdSense, masa saya harus kehilangan akun Google AdSense saya hanya gara-gara mengganti template blog saja, begitu pikir saya. Tetapi di sisi lain, saya memang ingin mengganti template blog saya agar mendapatkan nuansa baru dan tampilan blog nya sesuai dengan apa yang saya inginkan.

Akhirnya saya pun memberanikan diri untuk mengganti template blogspot saya, tentu saja dengan cara yang aman agar akun Google AdSense saya tidak dibanned. Karena sebelum saya melakukannya, saya cari terlebih dulu informasi mengenai penggantian template blog yang aman sesudah blog diterima Google AdSense.

Sesudah saya yakin dengan informasi yang saya dapatkan untuk mengganti template blogspot saya dengan cara aman terhadap akun Google AdSense saya, saya pun langsung mengeksekusi untuk mengganti template blogspot saya.

Karena saya mendadak jadi lebay, saya eksekusi penggantian template blogspot saya dengan perasaan sedikit was-was, padahal biasanya apabila saya mengganti template blog saya lakukan dengan santai saja, tetapi menjadi berbeda karena saya berharap proses penggantian template blogspot saya berjalan dengan lancar dan akun Google AdSense saya tetap aman tidak dibanned.



Langkah-langkah Cara Mengganti Template Blogspot Yang Aman Sesudah Diterima Google AdSense


Sesudah blog saya diterima oleh Google AdSense, penggantian template blog saya tidak saya lakukan dengan cara yang biasanya saya lakukan apabila mengganti template blog.

Saya pernah mengganti template blog saya dengan cara yang sudah pasti sama dengan yang dilakukan oleh para blogger lainnnya, yaitu kita cari terlebih dulu template blog yang sesuai dengan yang kita inginkan.



Apabila kita sudah menemukan template blog yang sesuai dengan yang kita inginkan, kita download template blog tersebut, biasanya file yang kita download tersebut tersimpan berupa file zip, dalam hal ini mendownload template blog gratisan, karena untuk template premium kita harus melakukan pembayaran terlebih dulu kepada pemilik template blog, lalu file template blog nya dikirim kepada kita.



Lalu file zip tersebut harus kita extract terlebih dulu menjadi file xml dengan cara klik kanan, pilih Extract Here.



Sesudah diextract, file akan tersimpan ke dalam folder sesuai dengan nama template blog tersebut, dan di dalamnya terdapat template blog yang sudah diextract menjadi file xml untuk kita terapkan di blogspot kita.



Untuk mengganti template blogspot, buka dashboard blogspot kita, pilih Tema, lalu pilih Cadangkan/Pulihkan yang berada di sebelah kanan atas.


Pilih Choose File, lalu kita pilih file xml yang berada di folder template blog tadi, pilih Upload, dan tampilan blogspot kita pun sudah berubah sesuai dengan template blog yang kita download tadi.


1. Cara Pertama Mengganti Template Blogspot Yang Aman 


Apabila cara di atas adalah langkah yang biasanya kita lakukan ketika kita mengganti template blogspot, maka saat saya akan mengganti template blogspot sesudah blog saya diterima Google AdSense, saya menggunakan cara lainnya yang menurut saya aman untuk akun Google AdSense saya.

Pada cara ini, saya membutuhkan satu blogspot tambahan atau bisa saya sebut sebagai blog cadangan yang akan saya gunakan untuk mengganti template blogspot saya, dimana blogspot cadangan ini akan saya gunakan sebagai perantara untuk mengganti template blogspot saya.

Kebetulan saya mempunyai blogspot cadangan, jadi saya bisa menggunakannya, apabila Anda ingin mengikuti langkah kedua ini untuk mengganti template blogspot dan Anda belum mempunyai blogspot cadangan, sebaiknya Anda buat terlebih dulu blogspot cadangan. 


Apabila kita sudah mempunyai blogspot cadangan, sebelum memulai proses mengganti template blog, ada beberapa hal penting yang harus kita persiapkan terlebih dulu dari blogspot kita yang sudah diterima Google AdSense, buka Word atau notepad pada PC atau Laptop kita, dan saya lebih memilih menggunakan Word, lalu :

1. Salin kode Google AdSense beserta letak penempatannya

2. Salin kode Google Search Console beserta letak penempatannya

3. Salin kode Google Analytics beserta letak penempatannya

4. Salin kode mesin pencari selain Google Search Console yang sudah kita daftarkan beserta letak penempatannya

5. Salin kode iklan Google Google AdSense yang dipasang selain di widget, karena untuk pemasangan iklan Google AdSense di widget bisa menyusul nanti



Apabila 5 hal penting di atas sudah disalin, buka akun blogspot cadangan di tab baru sebelah akun blogspot kita yang sudah diterima Google AdSense secara berdampingan agar memudahkan kita dalam proses penggantian template blogspot. 

Pada blogspot cadangan, ganti template blogspot nya terlebih dulu menggunakan cara seperti di atas menggunakan template blogspot yang sudah kita download tadi.



Apabila sudah mengganti template blogspot cadangan kita dengan cara di atas, langkah selanjutnya adalah kembali pada dashboard blogspot, pilih Tema, pilih Edit HTML, lalu pada kotak HTML, block semua kode HTML nya dengan cara tekan Ctrl + a, lalu kita copy semua kode HTML nya dengan cara tekan Ctrl + c.


Lalu pada akun blogspot kita yang sudah diterima Google AdSense, buka dashboard blogspot, pilih Tema, pilih Edit HTML, lalu pada kotak HTML, block semua kode HTML nya dengan cara tekan Ctrl + a, lalu kita Paste semua kode HTML nya yang sudah kita copy tadi dari akun blogspot cadangan dengan cara tekan Ctrl + v.

Sesudah semua kode HTML nya dipaste dengan cara tekan Ctrl + v, jangan pilih Simpan tema dulu, tetapi lakukan hal wajib terlebih dulu, yaitu Paste kan dulu 5 hal penting tadi di atas sesuai dengan letaknya masing-masing dan lakukan satu persatu pada kotak HTML blogspot yang sudah diterima Google AdSense, lakukan dengan santai saja dan tidak usah terburu-buru.

Apabila sudah dipaste kan 5 hal penting di atas, untuk meyakinkan proses penggantian template blogspot nya dan peletakan 5 hal penting di atas berhasil, sebelum kita simpan, kita lihat terlebih dulu di Pratinjau tema, apabila sudah yakin berhasil, lalu pilih Simpan tema. 

Saya pun melakukan hal seperti ini dalam penggantian template blogspot saya dan aman terhadap akun Google AdSense saya, akun Google AdSense saya tidak dibanned sesudah dilakukan penggantian template blogspot. Penggantian dengan cara ini, seolah-olah blogspot kita tidak melakukan penggantian template blogspot.


2. Cara Kedua Mengganti Template Blogspot Yang Aman


Pada cara kedua ini, untuk mengganti template blogspot yang aman, kita tidak membutuhkan blog cadangan.

Sama seperti pada poin no. 1, kita harus menyiapkan terlebih dulu 5 hal penting dari template blog yang sedang kita gunakan, yaitu :

1. Salin kode Google AdSense beserta letak penempatannya

2. Salin kode Google Search Console beserta letak penempatannya

3. Salin kode Google Analytics beserta letak penempatannya

4. Salin kode mesin pencari selain Google Search Console yang sudah kita daftarkan beserta letak penempatannya

5. Salin kode iklan Google Google AdSense yang dipasang selain di widget, karena untuk pemasangan iklan Google AdSense di widget bisa menyusul nanti

5 hal penting di atas bisa kita salin di notepad ataupun di Word, apabila 5 hal penting di atas sudah kita salin, kita bisa mulai untuk mengganti template blogspotnya.

Pada file template blogspot kita yang sudah diextract menjadi file xml, klik kanan, pilih Open with, lalu pilih Notepad.


Sesudah file templatenya sudah dibuka di notepad, kita salin semua kode nya dengan cara tekan Ctrl + a, lalu tekan Ctrl + c.

Sesudah semua kodenya disalin, sekarang kita buka dashbord blogspot kita, pilih Tema, lalu pilih Edit HTML.

Sesudah kita berada pada kotak HTML Tema, hapus semua kode yang ada dengan cara Ctrl + a, lalu pilih Delete. Sesudah kita menghapus semua kode HTML yang ada, kita paste kan kode template baru yang akan kita gunakan yang sudah kita copy sebelumnya dengan cara Ctrl + v.

Sesudah kode HTML template yang baru sudah dipaste, jangan pilih Simpan tema dulu, tetapi kita letakkan terlebih dulu 5 hal penting tadi sesuai dengan letak penempatannya masing-masing satu persatu, tidak usah terburu-terburu, lakukan dengan santai saja tetapi penuh dengan ketelitian.

Sesudah 5 hal penting tadi sudah dipaste kan sesuai dengan penempatannya masing-masing dan kita sudah merasa yakin, pilih Simpan tema.


Kesimpulan


Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, proses cara mengganti template blogspot yang aman sesudah diterima Google AdSense berhasil dan akun Google AdSense tidak dibanned. Anda bisa memilih cara pertama atau cara kedua di atas, 2 cara tersebut aman untuk dilakukan. Saya sudah membuktikan cara penggantian template blogspot dengan cara pertama di atas, dan berhasil, karena bagaimanapun sangat disayangkan sekali apabila hanya sekedar mengganti template blogspot saja, tetapi menyebabkan akun Google AdSense kita dibanned.

Semoga bermanfaat..
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar