--> Skip to main content

Cara Mengedit Tampilan Tema Blog Bawaan Blogspot Agar Terlihat Menarik

Lunfix.com - Pada pembahasan kali ini saya akan membahas mengenai bagaimana cara mengedit tampilan tema blog bawaan blogspot agar terlihat menarik, bagi Anda para blogger pemula yang belum mengetahuinya, bisa Anda simak langkah-langkah cara mengedit tampilan tema blog bawaan blogspot agar terlihat menarik di pembahasan ini.


Cara Mengedit Tampilan Tema Blog Bawaan Blogspot Agar Terlihat Menarik 


Awal mula saya membuat blog, saya tidak memikirkan sama sekali mengenai tampilan blog saya, karena bagi saya, bisa membuat blog saja saya juga sudah merasa senang. 

Maklum, karena saya memang pendatang baru di dunia blog, awalnya saya hanya pembaca artikel-artikel di Google (dan sekarang juga masih), tetapi keadaan itu tidak meruntuhkan semangat saya untuk membuat blog dan mengenal lebih dalam mengenai blog.

Seiring waktu berjalan, lama kelamaan saya berpikir juga, kenapa setiap saya melihat dan membaca artikel orang lain, saya lihat tampilan blognya terlihat bagus dan menarik (walaupun masih ada juga blogger yang tidak memperhatikan tampilan blognya), dan pada akhirnya saya membandingkannya dengan tampilan blog saya.

Tema blog menurut saya adalah tampilan sebuah blog yang terdiri dari header, main, sidebar, dan footer. Dimana fungsinya untuk mempercantik tampilan blog atau website yang kita miliki guna membuat pengunjung blog kita betah dan mau berlama-lama berkunjung di blog kita.

Tentu saja dengan begitu, para blogger bersaing untuk mempercantik blog mereka semaksimal mungkin untuk menyegarkan mata pengunjung blog dan memudahkan pengunjung blog yang berkunjung ke blog mereka.

Tetapi, perlu disadari, hal yang paling utama dalam sebuah blog adalah konten. Sangat disayangkan bila tampilan blog sudah terlihat bagus dan menarik, tetapi tidak dibarengi dengan konten yang bagus pula.

Pada blogspot, sudah disediakan tema blog, kita hanya tinggal memilih dan menggunakannya, kita tidak diharuskan untuk membuat tema blog dari nol, mungkin bagi yang mengerti coding, membuat tema blog dari nol bukan suatu masalah, tetapi bagi kita yang tidak mengerti mengenai coding, membuat tema blog dari nol merupakan masalah besar.

Saya baru memikirkan mengenai tampilan blog saya setelah blog saya berusia 4 bulanan (kalau bayi sedang lucu-lucunya ya). Sampai saya bertanya-tanya kepada diri saya sendiri, bagaimana caranya ya agar tampilan blog saya terlihat bagus dan menarik seperti blog mereka ? ya, walaupun tampilan blog saya belum sempurna, semuanya proses untuk kita lalui untuk menjadi sempurna.

Ternyata, baru tahu saya, tema untuk blogspot selain yang sudah disediakan di blogspot, ada juga website yang menyediakan tema blogspot untuk didownload secara gratis dan ada juga yang premium (berbayar).

Tetapi setahu saya, bila kita mendownload tema blog untuk blogspot yang gratis dan kita memasangnya di blog kita, kita tetap harus mengeditnya juga, karena tema blog yang kita download tersebut bisa jadi belum sesuai dengan keinginan kita, baik itu dari segi penempatan letak navigasi, dari segi jenis huruf, dan warna tema blog.

Tema-tema blogspot yang terdapat di blogspot memang sederhana, tetapi kita dapat melakukan pengeditan di sana-sini pada tema bawaan blogspot sesuai dengan keinginan kita, baik dari segi penempatan letak navigasi, dari segi jenis huruf dan warna, tinggal diedit saja.

Salah satu syarat dari sebuah tema blog yang bagus adalah harus responsive dan mobile friendly, yang artinya tema blog tersebut ramah terhadap pengguna seluler, karena di zaman sekarang ini kebanyakan pengguna internet tidak selalu menggunakan PC atau Laptop, tetapi menggunakan gadget yang selalu bisa dibawa kemana-mana.

Dengan menggunakan tema blog yang responsive dan mobile friendly, tampilan blog kita di gadget, baik itu di HP atau di tablet tetap baik. 

Perlu Anda ketahui, tema blog bawaan blogspot sudah mobile friendly, yang artinya bisa menampilkan tema blogspot Anda di gadget, hanya tampilannya masih terlihat sederhana, tampilannya ala tema blogspot. 

Tema blog bawaan blogspot belum responsive, yang artinya bisa menampilkan tampilan blog Anda di gadget, tetapi masih ada yg kurang pas pada tampilannya, tetapi bisa kita rubah menjadi responsive tema blogspotnya, diperlukan sedikit pengeditan pada menu Setelan, lalu pilih Tema, pilih Edit HTML.

Pilihan menggunakan tema blogspot ada di tangan Anda, Anda akan mendownload tema blog yang gratis, membeli tema blog premium, atau Anda akan edit tema bawaan blogspot yang tersedia. 

Bila pilihan Anda adalah ingin mengedit tema bawaan blogspot, saya akan memandu Anda untuk melakukan pengeditannya.

Langkah-langkah Cara Mengedit Tampilan Tema Blog Bawaan Blogspot Agar Terlihat Menarik


Buka blogspot Anda (www.blogger.com).

Cara Mengedit Tampilan Tema Blog Bawaan Blogspot Agar Terlihat Menarik

Pilih Tema, lalu pilih Sesuaikan.


Ada pilihan Tema, Latar Belakang, Sesuaikan Lebar, Tata Letak, dan Lanjutan, edit sesuai dengan keinginan Anda.


Pada Lanjutan, ada banyak pilihan yang bisa Anda edit, pada saat pengeditan, anda bisa melihat apa yang sedang Anda edit di layar bawah. 

Pada kolom Tambahkan CSS, tidak apa-apa untuk dikosongkan saja terlebih dulu bila Anda tidak mengetahui kode CSS nya. Nanti kolom Tambahkan CSS akan terisi otomatis bila kita mengedit bagian lain yang menggunakan kode CSS yang pengisiannya dilakukan melalui menu Edit HTML.

Bila sudah Anda edit, Anda bisa klik terlebih dulu Lihat Blog, lihat hasil editan Anda, bila sudah yakin, pilih Terapkan ke Blog, lalu pilih Kembali ke Blogger.

Langkah pengeditan di atas adalah untuk pengeditan jenis huruf, warna dan bentuk tema.

Sekarang kita akan masuk ke dalam pengeditan penempatan navigasinya.


Pilih Tata Letak.

 

Untuk melakukan pengeditan pada header, main, sidebar, dan footer, pilih saja Edit.

Untuk memindahkan navigasi seperti letak menu, label, atau lainnya tinggal digeser saja dan tempatkan ke tempat yang Anda inginkan.

Sebaiknya hapus menu yang tidak perlu ditampilkan di tampilan blog Anda, karena Anda dapat menghapusnya, yaitu dengan cara, pilih Edit, lalu pilih Hapus.



Untuk menambahkan navigasi, pilih saja Tambahkan Gadget.



Lalu pilih menu apa yang ingin anda tambahkan, sesudah diedit, Anda bisa pilih dulu Pratinjau, dan bila sudah yakin, pilih Simpan Setelan.

Baca juga : Cara Membuat Logo Untuk Judul Header Blogspot dan Cara Memasangnya Pada Blogspot


kesimpulan


Proses cara mengedit tampilan tema blog bawaan blogspot agar terlihat menarik sudah selesai, Anda bisa lihat sendiri tampilan blog Anda sudah berubah dan sesuai dengan selera Anda. Langkah ke depannya adalah terus melakukan pengeditan bagian lainnya yang perlu disempurnakan pada tampilan blog Anda yang tidak dibahas di sini, karena di pembahasan ini saya hanya membahas mengenai pengeditan tampilan tema bawaan blogspot pada hal penempatan letak navigasi, dari segi jenis huruf, dan dari segi warna saja.

Semoga bermanfaat..
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar