--> Skip to main content

Cara Membuat Logo Untuk Judul Header Blogspot dan Cara Memasangnya Pada Blogspot

Lunfix.com - Pada pembahasan kali ini saya akan membahas mengenai bagaimana cara membuat logo untuk judul header blogspot dan cara memasangnya pada blogspot, bagi Anda para blogger pemula yang belum mengetahuinya bisa Anda simak langkah-langkah cara membuat logo untuk judul header blogspot dan cara memasangnya pada blogspot di pembahasan ini.

Cara Membuat Logo Untuk Judul Header Blogspot dan Cara Memasangnya Pada Blogspot

Cara Membuat Logo Untuk Judul Header Blogspot dan Cara Memasangnya Pada Blogspot


Sebuah blog terdiri dari 4 bagian, yaitu header, main, sidebar dan footer, antara bagian yang satu dengan bagian blog yang lainnya tersebut tidak dapat dipisahkan, karena merupakan satu kesatuan dan saling melengkapi.

Header blogspot terdiri dari judul dan deskripsi blog kita, untuk judul pada header bawaan tema blogspot hanya berupa teks saja menggunakan huruf yang tersedia. Bagi para blogger pemula pada awal pembuatan blognya, biasanya hanya menggunakan teks saja untuk judul pada header dengan huruf yang tersedia tersebut dan belum menggunakan logo untuk judul pada header blognya.

Dengan melihat header pada suatu blog, kita bisa menyimpulkan apa isi dari blog tersebut, karena bagian dari header yaitu deskripsi blog, menggambarkan secara garis besar apa isi dari blog tersebut.

Tentu saja agar blog kita terlihat semakin menarik dan terlihat lebih profesional sebaiknya judul pada header blog kita diganti dengan logo. Logo yang kita buat untuk blog kita, selain menjadi identitas dari blog kita, logo juga akan menjadi ciri khas dari blog yang kita miliki. Biasanya logo yang berada pada judul header blog berupa nama domain blog kita dengan ditambahkan simbol atau gambar yang simple ataupun tanpa simbol atau gambar.

Pada menu blogspot, memang tidak disediakan logo untuk judul pada header, hanya disediakan menunya saja untuk pemasangan logo untuk judul pada header blogspot. Dengan begitu, kita diharuskan untuk membuat logo sendiri bila kita ingin menggunakan logo untuk judul pada header blogspot.

Mungkin akan muncul pertanyaan bagi Anda para blogger pemula yang belum menguasai ilmu design, "bagaimana cara saya membuat logo untuk judul pada header blogspot saya ?"

Tidak usah khawatir bagi Anda blogger pemula yang belum menguasai ilmu design, bila Anda ingin membuat logo untuk judul pada header blog Anda, ada website yang bisa membantu Anda dalam hal membuat logo untuk judul header blog Anda, yaitu https://cooltext.com/, cara pembuatan logonya sangat mudah, dan Anda pun bisa membuatnya walaupun Anda belum menguasai ilmu design.

Langkah-langkah Cara Membuat Logo Untuk Judul Header Blogspot dan Cara Memasangnya Pada Blogspot


1. Membuat Logo Untuk Judul Header Blogspot

Buka https://cooltext.com/.


Tersedia 128 item logo yang bisa Anda pilih dan gunakan untuk judul header blogspot Anda, pilih salah satu logo yang tersedia sesuai dengan selera Anda tentunya, di sini saya pilih logo SKATE.


Pada Text :

1. Logo Text : Isi dengan nama domain Anda, Anda akan menggunakan ektensi (.com, .net, .id atau lainnya) atau tidak itu terserah Anda, di sini saya isi dengan BLOG SI KEMBAR tanpa ekstensi

2. Add Symbol : Pilih simbol yang tersedia bila Anda ingin menggunakannya, tersedia banyak pilihan simbol yang bisa Anda gunakan

3. Font : Pilih jenis huruf sesuai selera Anda

4. Text Size : Untuk mengatur besar kecilnya teks yang akan Anda gunakan



Hasilnya akan tampak seperti gambar di atas sesudah disesuaikan Logo Text, Add Symbol, Font, dan Text Size nya, bawaan logo yang saya pilih yaitu SKATE memang berwarna biru, tetapi bisa kita ganti warnanya.


Pada Logo, ganti warna Symbol dan Logo Text sesuai dengan selera Anda dan sesuaikan warnanya dengan tema blogspot Anda. Cara mengganti warna Symbol dan Logo Text dilakukan satu per satu.


Pada Shadow, atur sesuai dengan selera Anda.


Pada Image, atur sesuai dengan selera Anda, lalu pada File Format, pilih .PNG w/Transparency.


Pada Composite, bila sudah yakin dengan logo yang Anda buat untuk judul header blogspot anda, pilih Create Composite.


Pilih Download, hasilnya akan tersimpan pada folder Downloads pada PC atau Laptop Anda, pada langkah ini pembuatan logo untuk judul header blog Anda sudah selesai.


2. Cara Memasang Logo Untuk Header Pada Blogspot

Sesudah membuat logo untuk judul pada header blogspot, sekarang Anda tinggal memasangnya pada blogspot Anda, buka blogspot Anda (www.blogger.com).


Tampilan di atas adalah tampilan judul pada header blogspot menggunakan huruf yang tersedia pada tema blogspot tanpa menggunakan logo.


Pada menu blogspot, pilih Tata Letak, pilih Tajuk, lalu pilih Edit.


Pilih Browse, pilih logo yang sudah Anda buat di https://cooltext.com/ dan Anda simpan tadi di folder Downloads atau di folder lain bila Anda sudah memindahkan penyimpanannya.


Pada Penempatan, di sini saya pilih Tempatkan Keterangan Setelah Gambar, pilih Simpan, lalu pilih Pratinjau bila Anda ingin melihat hasilnya terlebih dulu, bila sudah yakin, pilih Simpan Setelan, hasilnya bisa Anda lihat pada gambar pertama di atas di bawah judul.

Baca juga : Cara Membuat About Us Sederhana Pada Blogspot, Bisa Juga Diterapkan Untuk Membuat Disclaimer dan Privacy

Kesimpulan


Dengan demikian cara membuat logo untuk judul header blogspot dan cara memasangnya pada blogspot Anda sudah selesai, mudah bukan ? Sekarang Anda bisa berkreasi membuat logo untuk blogspot Anda, buat sesuai dengan keinginan Anda dan selera Anda tentunya, karena logo pada blogspot akan menjadi salah satu ciri khas dari blogspot Anda.

Semoga bermanfaat..
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar