--> Skip to main content

Cara Membuat Akun Disqus Dan Memasang Komentar Disqus di Blog

Cara Membuat Akun Disqus Dan Memasang Komentar Disqus di Blog - Saya mulai mengenal Disqus sesudah saya menggunakan template blog yang sekarang saya gunakan, karena pada template blog yang sekarang saya gunakan tidak menggunakan komentar bawaan blogspot, akan tetapi menggunakan komentar Disqus.

Cara Membuat Akun Disqus Dan Memasang Komentar Disqus di Blog

Cara Membuat Akun Disqus Dan Memasang Komentar Disqus di Blog


Keberadaan sebuah kolom komentar pada sebuah blog menurut saya adalah hal yang penting, kenapa ? karena melalui kolom komentar inilah kita bisa saling berinteraksi dan juga berdiskusi dengan pengunjung blog kita mengenai materi yang sedang dibahas.

Atau, apabila ada kekurangan pada materi yang sedang dibahas, pengunjung blog bisa menambahkan apa kekurangannya di kolom komentar blog kita. Selain itu pengunjung blog juga bisa memberikan saran yang membangun untuk kemajuan blog yang sedang dikunjunginya.

Ada hal yang perlu diperhatikan dalam memberikan komentar di blog orang lain apabila kita ingin berkomentar, sebaiknya kita berkomentar dengan bijak, sopan, bertutur kata yang baik dan saling menghormati. Dimana pun kita berada, kita harus beretika yang baik, baik itu di dunia nyata ataupun di dunia maya.

Baca juga : Cara Membuat Pesan Pada Formulir Komentar Blogspot

Saya pernah mencoba menghapus komentar di blog saya, tetapi hal itu hanya berlangsung beberapa menit saja pada akhirnya, karena saya merasa komentar di blog itu memang penting, maka komentar tersebut saya pasang kembali. Dan pada saat komentar blog saya dihapus, saya merasa ada sesuatu yang kurang pada blog saya, padahal itu hanya beberapa menit saja saya hapus.

Sebelumnya saya menggunakan template (tema) blog bawaan blogspot, komentar yang digunakan pun adalah komentar bawaan blogspot. Salah satu perbedaan antara komentar bawaan blogspot dengan komentar Disqus adalah terdapatnya emoticon pada komentar Disqus, sedangkan pada komentar blogspot tidak ada.

Baca juga : Cara Mengganti Template Blog Bagi Blogger Pemula

Hal tersebut membuat tampilan komentar Disqus menjadi lebih menarik dengan adanya emoticon. Pada komentar bawaan blogspot juga bisa ditambahkan emoticon sebetulnya, hanya saja kita harus melakukan pengeditan pada template blog kita. Sedangkan emoticon pada komentar Disqus sudah otomatis terpasang apabila kita memasang komentar Disqus di blog kita.

Disqus adalah suatu layanan sistem komentar berjaringan di dunia maya. Apabila Anda perhatikan, banyak sekali blogger yang menggunakan komentar Disqus pada blog nya. Mungkin pertimbangannya ada pada salah satu kelebihan penggunaan komentar Disqus, yaitu bisa mencegah komentar pengunjung blog yang disertai dengan link hidup.

Apabila Anda pengguna blogspot seperti saya, Anda juga bisa memasang komentar Disqus pada blogspot Anda, dan cara memasangnya pun mudah. Apabila Anda berniat untuk memasang komentar Disqus pada blogspot Anda, Anda bisa ikuti langkah-langkahnya di sini. 


Langkah-Langkah Cara Membuat Akun Disqus Dan Memasang Komentar Disqus di Blog


Untuk memasang komentar Disqus pada blogspot Anda, Anda harus membuat akun Disqus terlebih dulu. Pada browser di PC atau laptop Anda, buka Website Disqus (https://disqus.com/).



Pilih Log In.


Untuk membuat akun Disqus terlebih dulu, pilih Signup.


Isi Name, Email, dan Password sesuai dengan data Anda, lalu klik pada kotak I'm not a robot, lalu pilih Signup.


Anda sudah berada di halaman Disqus.


Sekarang buka email yang Anda daftarkan tadi, Anda akan mendapatkan notifikasi dari Disqus untuk melakukan verifikasi, lalu klik verifynamaemailanda@gmail.com.


Pilih Done.


Pilih Add Disqus to your site.


Isi Wesite Name dan pilih Category sesuai dengan blog Anda, lalu pilih Create Site.


Pada menu no. 2.Install Disqus, pilih Select Platform, lalu pilih Blogger.


Pilih No. 1 Add websitename to my Blogger site.


Pilih Menambah Widget.


Pilih Simpan setelan.


Itulah cara membuat akun Disqus dan memasang komentar Disqus di Blog Anda, komentar bawaan blogspot Anda sudah berubah menjadi komentar Disqus. Apabila Anda tidak cocok dalam menggunakan komentar Disqus, Anda bisa menghapusnya pada widget Disqus yang berada di Tata Letak blogspot.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar