--> Skip to main content

Tips Daftar Blogspot Ke Google AdSense Agar Langsung Diterima Bagi Blogger Pemula

Lunfix.com - Pada pembahasan kali ini saya akan membahas mengenai tips daftar blogspot ke Google AdSense agar langsung diterima bagi blogger pemula, bagi Anda yang ingin mengetahuinya, bisa Anda simak apa saja tips daftar blogspot ke Google AdSense agar langsung diterima bagi blogger pemula di pembahasan ini.

Tips Daftar Blogspot Ke Google AdSense Agar Langsung Diterima Bagi Blogger Pemula

Tips Daftar Blogspot Ke Google AdSense Agar Langsung Diterima Bagi Blogger Pemula


Awal mula saya mulai membuat blog pada bulan April 2019 lalu, saya tidak tahu sama sekali apa itu Google AdSense, maklum, karena saya memang pendatang baru di dunia blog tidak seperti master-master blog lain yang sudah lama berkecimpung di dunia blog.

Yang saya tahu, apabila saya sedang membaca artikel blog milik orang lain, biasanya saya melihat iklan yang muncul pada blognya, dan saya pun belum tahu apabila iklan yang muncul itu merupakan iklan dari Google AdSense.

Pada awal membuat blog pun saya benar-benar  belum tahu bagaimana caranya agar iklan Google AdSense bisa muncul pada blog milik saya seperti kebanyakan blog milik orang lain, tetapi dengan seiringnya waktu berjalan, saya terus belajar memahami dunia blog dan mulai mengenal apa itu Google AdSense.

AdSense merupakan program kerjasama periklanan melalui media internet yang diselenggarakan oleh Google. Apabila pemilik situs web atau blog sudah mendaftarkan situs web nya dan sudah disetujui oleh pihak AdSense, maka pemilik situs web diperbolehkan untuk memasang unit iklan yang sudah ditentukan bentuk dan materinya oleh pihak Google di halaman web mereka.

Pemilik situs web yang sudah disetujui oleh pihak AdSense dan menayangkan iklan Google di halaman web mereka disebut sebagai Publisher Google AdSense.

Untuk menjadi Publisher Google AdSense, sebelum Anda mendaftarkan blog Anda ke Google AdSense, Anda harus mempersiapkan blog Anda dengan baik agar pendaftaran blog Anda ke Google AdSense berjalan dengan lancar dan langsung diterima oleh Google AdSense.

Ibarat kata mau perang, tentu Anda harus mempersiapkan segala sesuatunya dengan baik agar Anda tidak kalah di medan perang, walaupun pada akhirnya Anda kalah di medan perang, itu tidaklah masalah, karena hal terpenting adalah Anda sudah mempersiapkan segala sesuatunya dengan baik.


Begitupun dengan blog, ketika blog Anda akan didaftarkan ke Google AdSense dan sudah Anda persiapkan dengan baik, maka Anda harus mencobanya, karena bila Anda tidak mencobanya, Anda tidak akan pernah tahu akan hasilnya.

Apabila pada pendaftaran pertama blog Anda ke Google AdSense ditolak, Anda tidak usah panik dan khawatir, pihak Google AdSense akan memberitahukan kepada Anda alasan kenapa pendaftaran blog Anda ditolak.

Sesudah Anda mengetahui alasan kenapa pendaftaran blog Anda ditolak, sebaiknya Anda memperbaiki blog Anda sesuai dengan yang disebutkan oleh pihak Google AdSense, dan apabila blog Anda sudah diperbaiki, Anda bisa mendaftarkan kembali blog Anda ke Google AdSense.

Saya ingin membagikan pengalaman saya saat saya mendaftarkan blog saya ke Google AdSense dan langsung diterima, tentu saja ini adalah hal yang sangat menyenangkan buat saya, apalagi saya sebagai blogger pendatang baru.

Beberapa Tips Daftar Blogspot Ke Google AdSense Agar Langsung Diterima Bagi Blogger Pemula


1. Membuat Blog 

Langkah yang pertama harus Anda lakukan sebelum mendaftarkan blog Anda ke Google AdSense adalah pastikan Anda harus mempunyai blog terlebih dulu. Bila Anda belum mempunyai blog, Anda bisa membuat blog di blogspot seperti blog yang saya gunakan.

Baca juga : Cara Membuat Blog di Blogspot


2. Gunakan Tema Blogspot Yang Mobile Friendly Dan Responsive

Sesudah Anda mempunyai blog, pastikan Anda memilih tema blog yang mobile friendly dan responsive. Tersedia banyak pilihan tema blogspot baik itu gratis ataupun premium (berbayar). Kalau saya sendiri masih menggunakan tema bawaan blogspot, yaitu tema PT. Keren Sekali (Awsome Inc.), hanya saja saya modifikasi tema bawaan blogspot yang saya gunakan agar menjadi responsive dan menarik. Karena pada dasarnya tema bawaan blospot sudah mobile friendly tetapi belum responsive. 

Baca juga : Cara Mengedit Tampilan Tema Blog Bawaan Blogspot Agar Terlihat Menarik


3. Jangan Menulis Artikel Copy Paste Dari Artikel Orang Lain

Menulislah artikel dengan kalimat Anda sendiri, apabila Anda membaca artikel dari beberapa sumber terlebih dulu, maka Anda harus mengolah kalimat-kalimatnya dengan gaya kalimat Anda sendiri, lalu tuangkan ke dalam artikel yang akan Anda buat.


4. Tampilkan 4 Menu Wajib Yang Harus Ada di Tema Blogspot

Pada tema blogspot yang Anda gunakan, Anda harus menampilkan 4 menu wajib pada blogspot Anda, yaitu About, Contact, Disclaimer, dan Privacy Policy.

Baca juga : Cara Membuat About Us Sederhana Pada Blogspot, Bisa Juga Diterapkan Untuk Membuat Disclaimer dan Privacy


5. Tampilkan Kelengkapan Tema Blogspot Anda

Lengkapi tema blog Anda dengan menu lainnya yang harus ditampilkan agar memudahkan para pengunjung blog Anda. Menurut saya pribadi yang harus ditampilkan pada tampilan blogspot selain 4 menu wajib tadi, sebaiknya Anda menampilkan juga sitemap (daftar isi), kotak pencarian (search), artikel utama (featured post), artikel populer (popular post), artikel terbaru (recent post), artikel acak (random post), label, follow by email, menu untuk share artikel ke media sosial (letaknya bisa disesuaikan dengan selera Anda), artikel terkait (related post), dan juga kolom komentar.


6. Kapan Waktu Yang Ideal Blog Didaftarkan ke Google AdSense

Kapan waktu yang ideal blog bisa didaftarkan ke Google AdSense, sebetulnya saya tidak tahu pasti pada usia berapa blog bisa didaftarkan ke Google AdSense, karena saya mendaftarkan blog saya ketika saya merasa sudah siap apabila hasilnya ditolak sekalipun di usia blog saya sudah berusia 10 bulan dengan artikel yang saya buat sebanyak 72 artikel, dan histori penayangan sepanjang waktu berjumlah 7.014 (bisa dilihat di dashboard blogspot pada menu statistik).

Saya tidak berani mendaftarkan blog saya pada awal-awal pembuatan blog, karena saya merasa blog saya belum siap. Karena sebagai pendatang baru di dunia blog, saya harus mempelajari segala sesuatunya terlebih dulu agar blog saya siap untuk didaftarkan Google AdSense.

Saya pernah membaca artikel orang lain, ada juga blognya yang diterima Google AdSense walaupun usia blognya baru 1 minggu, atau baru 3 atau 4 bulan. 

Ada patokan yang bisa Anda gunakan kapan blog Anda sudah siap didaftarkan ke Google AdSense, terlepas dari blog Anda akan diterima Google AdSense atau tidak. Perhatikan menu penghasilan pada dashboard blogspot Anda, bila terdapat menu Daftar ke AdSense, blog Anda sudah bisa didaftarkan ke Google AdSense. Bila pada blogspot Anda belum ada menu penghasilan, sebaiknya Anda tampilkan terlebih dulu menu penghasilan pada blospot Anda.

Baca juga : Cara Menampilkan Menu Penghasilan Pada Blogspot Anda, Caranya Mudah


7. Sisipkan Gambar Pada Artikel Anda

Sebaiknya sisipkan gambar minimal 1 gambar pada artikel yang Anda buat. Dengan adanya gambar pada artikel Anda, akan membuat artikel yang Anda buat lebih menarik dan tidak membuat bosan para pengunjung blog Anda. Gunakan gambar yang sesuai dengan artikel yang sedang Anda bahas. Sebaiknya gunakan gambar yang tidak di hak paten oleh orang lain, karena bisa menimbulkan masalah kepada Anda di kemudian hari.

Baca juga : Menggunakan Gambar Dari Google, Desain Sendiri, Atau Foto Hasil Sendiri di Dalam Blog


8. Terapkan Teknik SEO Pada Artikel Anda

SEO merupakan kependekan dari Search Engine Optimization (pengoptimalan mesin telusur), bisa saya artikan secara sederhana adalah memasukkan kata kunci pada beberapa bagian artikel yang kita buat. Dan tujuan dari SEO itu sendiri adalah untuk menempatkan sebuah situs web atau blog pada posisi teratas dengan pengoptimalan kata kunci pada beberapa bagian artikel tadi.

Saya juga masih mempelajari mengenai teknik SEO, karena tentu saja saya juga ingin artikel saya berada di halaman pertama Google, agar lebih banyak mendapatkan pengunjung ke blog saya.


9. Menulislah Artikel Dengan Minimal 300 Kata

Artikel-artikel yang saya tulis pada blog saya, setiap artikelnya memiliki jumlah kata minimal 300 kata. Dan itu menjadi patokan saya setiap kali saya menulis artikel wajib memiliki minimal 300 kata.


10. Ganti Domain Blogspot Anda Menjadi Top Level Domain (TLD)

Agar blog Anda terlihat lebih profesional dan serius, sebaiknya Anda mengganti domain blogspot Anda menjadi Top Level Domain (TLD) seperti .com, .id, .net, dan lainnya sesuai dengan yang Anda inginkan. Tetapi apabila Anda ingin mencoba mendaftarkan blog Anda ke Google AdSense masih dengan nama domain bawaan blogspot Anda, bila Anda sudah siap dengan blog Anda, patut dicoba juga biar tahu bisa diterima Google AdSense atau tidak.

Saya mengganti domain blogspot saya di usia 5 bulan sesudah membuat blog, dan itu terhitung telat sebetulnya menurut saya, karena saya telat mengetahuinya mengenai penggantian nama domain blog. Apabila Anda benar-benar serius dalam blog, pada saat pembuatan blog, Anda bisa langsung mengganti nama domain bawaan blogspot Anda menjadi Top Level Domain (TLD).

Baca juga : Cara Mengganti Domain Blogspot Menjadi Top Level Domain (TLD) dengan Domain dari IDwebhost


11. Daftarkan Blogspot Anda ke Google Search Console dan Google Analytics

Agar blog Anda lebih cepat terindex oleh Google, sebaiknya Anda daftarkan blog Anda ke Google Search Console, dulu bernama Google Webmaster, dan daftarkan juga blog Anda ke Google Analytics agar Anda bisa mengetahui statistik pengunjung blog Anda, daftar ke Google Search Console dan ke Google Analytics tidak ada biaya, gratis.

Baca juga : Cara Mendaftarkan dan Mengirimkan Sitemap Blogspot Anda di Google Search Console

Baca juga : Cara Mendaftarkan Blogspot Anda di Google Analytics dan Memasang ID Pelacakan Situs Pada Blogspot Anda


12. Terapkan Menulis Artikel Dengan Adanya Link Yang Menuju ke Artikel Anda Sendiri Pada Blog Yang Sama

Ketika Anda menulis artikel, sebaiknya Anda tambahkan link yang menuju ke artikel lainnya milik Anda sendiri pada Blog yang sama, dengan catatan link tersebut sesuai dengan materi yang sedang Anda bahas. Tujuannya adalah agar pengunjung blog Anda semakin berlama-lama berkunjung di blog Anda. Hindari penggunaan link keluar blog Anda pada link artikel yang Anda buat, kalaupun Anda ingin menggunakan link keluar, terapkan link keluar hanya untuk ke wikipedia saja.


13. Daftarkan Juga Blogspot Anda ke Mesin Pencari Lain Selain Google

Selain Anda mendaftarkan blog Anda ke Google Search Console, daftarkan juga blog Anda ke mesin pencari selain Google, ada banyak mesin pencari selain Google yang bisa Anda daftarkan. Saya pribadi baru mendaftarkan blog saya ke Google Search Console dan Bing Webmaster Tools, dan selanjutnya saya juga akan mendaftarkan ke mesin pencari lainnya.


14. Selalu Share Artikel Anda ke Media Sosial Yang Anda Miliki

Setiap Anda selesai membuat artikel, sebaiknya dishare ke semua media sosial yang Anda miliki, ini adalah salah satu cara untuk menambah pengunjung blog Anda. Apabila Anda beruntung, akan ada orang lain yang membagikan artikel Anda kepada orang lain melalui media sosial miliknya.


15. Usia Anda Minimal 18 Tahun Saat Mendaftarkan Blogspot Anda ke Google AdSense

Saat Anda ingin mendaftarkan blog Anda ke Google AdSense, pastikan usia Anda minimal 18 tahun, karena itu merupakan ketentuan dari Google AdSense. Apabila Anda belum berusia 18 tahun, Anda bisa meminta bantuan orang tua atau wali Anda untuk mendaftarkan ke AdSense dengan menggunakan akun Google mereka. Dan apabila akun AdSense mereka sudah disetujui, pihak AdSense akan melakukan pembayaran kepada orang tua atau wali yang bertanggung jawab atas blog tersebut.


16. Daftarkan Blogspot Anda ke Google AdSense

Apabila Anda yakin blog Anda sudah siap untuk didaftarkan ke Google AdSense, sebaiknya daftarkan segera blog Anda ke Google AdSense, karena walaupun hasilnya ditolak oleh Google AdSense, Anda jadi mengetahui kekurangan blog Anda dimana dan Anda bisa memperbaikinya. Daripada Anda tidak pernah mencoba mendaftarkan blog Anda ke Google AdSense, Anda tidak akan pernah tahu apa kekurangan blog Anda.


17. Menunggu dan Berdo'a

Langkah selanjutnya apabila Anda sudah mendaftarkan blog Anda ke Google AdSense, adalah menunggu dan berdo'a agar blog Anda diterima Google AdSense. Alhamdulillah blog saya diterima Google AdSense dalam 1 hari pendaftaran, saya mendaftarkan blog saya ke Google AdSense pada sabtu sore pukul 15:00 dan saya menerima kabar diterima Google AdSense keesokan harinya hari minggu sore pukul 15:19.


Kesimpulan


Itulah beberapa tips daftar blogspot ke Google AdSense agar langsung diterima bagi blogger pemula yang bisa Anda siapkan sebelum mendaftarkan blogspot Anda ke Google AdSense. Memang saya bukan master blog, tetapi setidaknya saya bisa sharing pengalaman saya agar blog Anda bisa diterima oleh Google AdSense, jangan pernah takut untuk mencoba.

Semoga bermanfaat..
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar