--> Skip to main content

Cara Mengganti Domain Blogspot Menjadi Top Level Domain (TLD) dengan Domain dari IDwebhost

Lunfix.com - Pada pembahasan kali ini saya akan membahas mengenai bagaimana cara mengganti domain blogspot menjadi Top Level Domain (TLD) dengan domain dari IDwebhost, bagi Anda para blogger pemula yang belum mengetahuinya, bisa Anda simak langkah-langkah cara mengganti domain blogspot menjadi Top Level Domain (TLD) dengan domain dari IDwebhost di pembahasan ini.


Cara Mengganti Domain Blogspot Menjadi Top Level Domain (TLD) dengan Domain dari IDwebhost


Pada hari rabu tanggal 14 Agustus 2019, di usia blog saya baru sekitar 4 bulanan, akhirnya nama domain blog saya berubah, dari https://bloglukmannugraha.blogspot.com menjadi www.lunfix.com.

Domain adalah alamat untuk menuju website yang kita miliki. Ibarat kata sebuah rumah, rumah pasti mempunyai alamat yang pasti, misalkan tinggal di jalan mana, atau di daerah mana. Begitupun dengan blog, blog pun mempunyai alamat yang dinamakan dengan domain.

Domain blog terdiri dari beberapa ekstensi yang bisa kita pilih dan gunakan, ekstensi adalah kata yang berada pada akhiran domain blog, seperti .com, .id, .net, .org, .online, .biz, .site, .info, .xyz, dan lainnya.


Kenapa saya mengganti nama domain blog saya dari blogspot.com menjadi Top Level Domain (TLD) ?



Jawabannya simple sekali, dengan pertimbangan agar terlihat lebih profesional, lebih simple, dan juga unik pada nama domain blog saya, saya memutuskan untuk merubah nama domain blog saya.

Selain itu, dengan merubah nama domain blog kita, tujuannya agar domain blog kita mudah diingat, karena tidak lagi menggunakan akhiran blogspot.com, tetapi langsung menggunakan ekstensi domain yang kita pilih, karena menurut saya, menggunakan akhiran blogspot.com, nama domain blog kita menjadi terlalu panjang.

Tidak ada salahnya bila Anda menggunakan nama domain masih dengan akhiran blogspot.com, tetapi bila Anda serius dalam dunia blog, sebaiknya nama domain blog Anda dirubah menjadi Top Level Domain (TLD). 


Kapan kita harus mengganti domain blog menjadi Top Level Domain (TLD) ?



Kita bisa mengganti nama domain kita kapan saja terserah kita, tetapi, memang idealnya bila Anda benar-benar serius dalam dunia blog, sejak awal pembuatan blog, sebaiknya Anda langsung menggunakan Top Level Domain (TLD).

Terdapat banyak sekali penyedia layanan nama domain blog yang bisa kita pilih dan gunakan, tetapi saya memilih IDwebhost sebagai tempat yang saya pilih untuk membeli nama domain blog yang akan saya gunakan, karena harganya murah tetapi tidak murahan.

Bila Anda juga berniat mengganti nama domain blog Anda, sebaiknya siapkan nama domain yang simple, unik, mudah diingat, tidak menggunakan angka. Nama domain blog yang Anda gunakan akan menjadi brand diri Anda.

Bagi Anda yang masih bingung bagaimana cara mengganti domain blogspot menjadi Top Level Domain (TLD), Anda sudah tepat membaca artikel ini, mari kita mulai saja bagaimana cara menggantinya, perlu Anda ingat, saya memilih IDwebhost.

Langkah-langkah Cara Mengganti Domain Blogspot Menjadi Top Level Domain (TLD) dengan Domain dari IDwebhost 

 

Buka website IDwebhost, https://idwebhost.com/.


Cara Mengganti Domain Blogspot Menjadi Top Level Domain (TLD) dengan Domain dari IDwebhost

Anda masukkan nama domain yang sudah Anda siapkan, lalu pilih Cari, lihat apakah nama domain yang Anda inginkan masih tersedia atau tidak, bila masih tersedia bisa Anda gunakan, bila sudah tidak tersedia, Anda siapkan kembali nama domain lain yang Anda inginkan.



Bila nama domain yang Anda inginkan masih tersedia, pilih juga ekstensi apa yang Anda inginkan, kalau saya memilih ekstensi .com, karena saya menganggap ekstensi .com lebih familiar, bila Anda sudah yakin akan menggunakan ekstensi yang mana, pilih Beli Sekarang.



Pilih Domain Saja, karena blogspot tidak memerlukan hosting. 

Pada pilihan Amankan Kontak Domain, itu opsional, boleh Anda pilih atau tidak, bila Anda pilih, ada biaya tambahan. Demi keamanan, saya memilih Amankan Kontak Domain.



Isi Data Diri Anda, lalu Pilih Metode Pembayaran.



Pada Register Domain, pilih berapa tahun domain yang akan Anda gunakan, lalu cek jumlah pembayaran Anda, dan baca juga Ketentuan Layanannya, bila sudah, checklist pada saya kolom Saya telah membaca dan menyetujui serta tunduk kepada Ketentuan Layanan, lalu pilih Checkout.

Setelah Checkout, Anda akan menerima email, sms, dan WA untuk menyelesaikan pembayaran Anda kepada nomor rekening yang disebutkan, bila metode pembayaran yang Anda pilih adalah transfer bank, jangan lupa untuk menuliskan nomor invoice dalam berita transfer bank.

Bila pembayaran sudah berhasil dilakukan, Anda akan menerima email, sms, dan WA kembali bahwa domain Anda sudah aktif.

Sekarang, buka tab lain, buka blogspot Anda (www.blogger.com).



Pilih Setelan, Dasar, pada Alamat Blog,pilih Siapkan URL Pihak Ketiga Untuk Blog Anda.



Masukkan nama domain Anda yang baru pada http://, www.namadomainanda.com atau ekstensi yang anda pilih tadi, lalu pilih Simpan, bila setelah memilih Simpan proses anda tidak berhasil, dan muncul kalimat Kami Tidak Dapat Memverifikasi Kewenangan Anda Terhadap Domain Ini, jangan khawatir, karena kita memang membutuhkan gagal proses ini agar muncul dua CNAME nya untuk dimasukkan pada settingan IDwebhost.

Sekarang masuk ke IDwebhost.


Pilih Login.  



Pilih Domain, yang mana saja boleh.



Pada Domain Saya, klik pada tombol Aktif.


Pilih Kelola DNS.





Nama Host = isi dengan nama domain baru Anda tanpa http://, kecuali untuk Jenis Record pada CNAME (Alias) isi dengan dua CNAME yang Anda dapat dari blogspot

Jenis Record = A (Address) untuk 4 IP (di bawah), sedangkan untuk dua CNAME yang Anda dapat dari blogspot yang tadi gagal proses, pilih Jenis Record nya CNAME (Alias)



Alamat = masukkan 4 IP di bawah ini untuk A (Address) :


216.239.32.21

216.239.34.21

216.239.36.21

216.239.38.21

Alamat untuk CNAME (Alias) masukkan dari dua CNAME yang Anda dapat dari blogspot

Priority = isi dengan N/A

Habis pengisian per kolom nya, klik Simpan.


Langkah selanjutnya, pilih Nameserver, pastikan terisi pada dua kolom nya sebagai berikut :


ns1.idwebhost.id


ns2.idwebhost.id



Lalu pilih Ganti Nameserver, dan muncul Perubahan Berhasil Disimpan !.

Tunggu masa propagasinya (waktu yang dibutuhkan oleh domain agar tersambung dengan server) sekitar 3-4 jam, maksimal 1 x 24 jam. 

Setelah menunggu beberapa jam atau maksimal 1 x 24 jam, Anda login kembali ke blogspot (www.blogger.com).




Masuk kembali ke Setelan, Dasar, pada Alamat Blog, masukkan nama domain baru Anda, lalu pilih Simpan.




Untuk kali ini prosesnya akan berhasil, bila tidak berhasil, sebaiknya Anda menghubungi pihak IDwebhost bisa menggunakan menu chat pada website IDwebhost yang terletak di kanan bawah (tentunya harus login dulu), pihak IDwebhost quick respon menanggapi chat dari kita.


Setelah berhasil, pilih Edit




Checklist pada kolom Alihkan namadomainanda.com ke www.namadomainanda.com (di sini saya menggunakan ekstensi .com) lalu pilih Simpan.

Baca juga : Yang Harus Dilakukan oleh Blogger Sesudah Mengganti Domain Blogspot Menjadi Top Level Domain (TLD)


kesimpulan



Proses cara mengganti domain blogspot menjadi Top Level Domain (TLD) dengan domain dari IDwebhost sudah selesai, dan Anda pun sudah resmi menggunakan domain baru Anda, selamat ! Pilih nama domain Anda seunik mungkin dan mudah untuk diingat, agar mudah diingat oleh orang lain.


Semoga bermanfaat..
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar