--> Skip to main content

Yang Harus Dilakukan oleh Blogger Sesudah Mengganti Domain Blogspot Menjadi Top Level Domain (TLD)

Lunfix.com - Pada pembahasan kali ini saya akan membahas mengenai apa yang harus dilakukan oleh blogger sesudah mengganti domain blogspot menjadi Top Level Domain (TLD), bagi Anda para blogger pemula yang baru saja mengganti domain blog Anda, bisa Anda simak hal apa saja yang harus dilakukan oleh blogger sesudah mengganti domain blogspot menjadi Top Level Domain (TLD) di pembahasan ini.

Yang Harus Dilakukan oleh Blogger Sesudah Mengganti Domain Blogspot Menjadi Top Level Domain (TLD)

Hal Yang Harus Dilakukan oleh Blogger Sesudah Mengganti Domain Blogspot Menjadi Top Level Domain (TLD)


Para blogger yang serius, biasanya akan mengganti domain blog mereka yang awal dibuat menjadi Top Level Domain (TLD), baik itu di awal pembuatan blog atau sesudah blog nya berjalan beberapa lama.

Kenapa mereka dan saya juga melakukan hal itu ?

Tentu saja dengan mengganti domain blog kita menjadi Top Level Domain (TLD), blog kita terlihat lebih profesional dan membuat kita lebih serius dalam menekuni dunia blog, dan saya juga mengamini akan hal itu, lebih memacu semangat kita untuk memberikan konten yang baik dan bermanfaat bagi orang lain tentunya dalam blog kita.

Karena sebaik-baiknya manusia adalah manusia yang bermanfaat untuk orang lain.

Bagi blogger pemula, biasanya ada yang merasa kebingungan pada awal-awal terjun di dunia blog, muncul pertanyaan bagaimana cara mengganti domain blog mereka menjadi Top Level Domain (TLD), padahal bila sudah melakukannya, ternyata proses penggantian domain blog menjadi Top Level Domain (TLD) itu sangat mudah sekali prosesnya.

Kita tinggal menyiapkan nama domain blog baru yang kita inginkan, lalu Anda cari layanan penyedia nama domain yang cocok dengan kantong Anda, lalu lakukan proses penggantian domain blog nya menjadi Top Level Domain (TLD), dan Anda pun akan merasakan kemudahan dalam penggantiannya tidak seperti yang Anda pikirkan sebelumnya.

Baca juga : Cara Mengganti Domain Blogspot Menjadi Top Level Domain (TLD) dengan Domain dari IDwebhost 

Proses penggantian nama domain dari blog menjadi Top Level Domain (TLD) memang sangat mudah. Namun, ada pertanyaan baru biasanya bagi para blogger pemula sesudah mengganti nama domain blog nya menjadi Top Level Domain (TLD).


Apa Saja Yang Harus Dilakukan oleh Blogger Sesudah Mengganti Domain Blogspot Menjadi Top Level Domain (TLD) ?


1. Daftarkan Blog Anda ke Google Search Console dan Mengirimkan Sitemap Blog Anda


Bila Anda sebelum mengganti nama domain blog menjadi Top Level Domain (TLD) belum didaftarkan ke Google Search Console dan mengirimkan sitemap, maka sesudah Anda mengganti domain blog menjadi Top Level Domain (TLD), Anda daftarkan blog Anda ke Google Search Console dan mengirimkan sitemap agar cepat terindeks Google.

Tetapi, bila sebelumnya blog Anda sudah didaftarkan ke Google Search Console dan sudah mengirimkan sitemap sebelum domain blog Anda diganti menjadi Top Level Domain (TLD), maka yang harus Anda lakukan adalah membuat properti baru pada Google Search Console dan mengirimkan kembali sitemap nya.

Properti yang sebelumnya dihapus saja pada Google Search Console, dan kode meta tag yang sebelumnya juga dihapus saja pada blogspot di menu Tema lalu pilih Edit HTML, ganti dengan kode meta tag baru dari Top Level Domain (TLD) Anda yang didapat sesudah membuat properti baru.

Jangan lupa juga untuk mengirimkan kembali sitemap pada menu peta situs pada Google Search Console.

Baca juga : Cara Mendaftarkan dan Mengirimkan Sitemap Blogspot Anda di Google Search Console

2. Daftarkan Blogspot Anda ke Google Analytics


Selain mendaftarkan ke Google Search Console, daftarkan juga blog Anda ke Google Analytics, tujuannya agar Anda bisa memantau trafik blogspot Anda.

Bila blog Anda sebelumnya belum didaftarkan ke Google Analytics, sesudah ganti domain blog menjadi Top Level Domain (TLD), daftarkan saja ke Google Analytics.

Tetapi bila sebelumnya blog Anda sudah didaftarkan ke Google Analytics, hapus saja akun Google Analytics sebelumnya dan Anda buat akun baru di Google Analytics.

Ganti ID Pelacakan Situs dan Tag Situs Global sebelumnya di blogspot dengan ID Pelacakan Situs dan Tag Situs Global yang baru, yang didapatkan sesudah Anda membuat akun baru di Google Analytics dengan menggunakan Top Level Domain (TLD) Anda.


3. Daftarkan Ulang Blog Anda ke Mesin Pencari Selain Google

Bila sebelumnya blog Anda sudah didaftarkan ke mesin pencari selain Google, sebaiknya daftarkan kembali blog Anda ke mesin pencari selain Google tersebut, karena sekarang blog Anda sudah berubah nama domain menjadi Top Level Domain (TLD).

4. Sosialisasikan Nama Domain Baru Blog Anda

Penggantian nama domain blog diibaratkan seperti ganti alamat rumah, alamat rumah bisa saja berubah bila ditetapkan pemerintah daerah setempat Anda tinggal. Bila Anda tidak memberitahukan kepada teman atau saudara Anda bahwa Anda sudah berganti alamat rumah, tentu teman atau saudara Anda ketika akan mengirim surat atau sesuatu barang ke rumah Anda masih ke alamat rumah yang lama, tentu surat atau barang tersebut tidak akan sampai ke rumah Anda, dengan alasan alamat rumah tidak ditemukan

Begitupun dengan blog, bila Anda ganti domain blog Anda menjadi Top Level Domain (TLD), dan sebelum-sebelumnya Anda suka share di media sosial atau lainnya, maka sebaiknya sosialisasikan kembali domain blog baru Anda ke media sosial atau lainnya tersebut agar mereka mengetahui nama domain Anda sudah berubah.

5. Lakukan Perubahan Nama Domain Pada URL Bila Anda Melakukan Pengeditan Pada Tema Blog Bawaan Blogspot

Bila blog Anda menggunakan tema blog bawaan blogspot, dan Anda sudah melakukan modifikasi pada tema blog bawaan blogspot yang pada proses modifikasinya menggunakan alamat URL Anda ketika masih menggunakan nama domain lama, maka ketika Anda sudah mengganti nama domain blog Anda menjadi Top Level Domain (TLD), Anda harus merubah alamat URL tersebut dengan nama domain Anda yang baru.

6. Terus Menulis Konten Yang Baik dan Bermanfaat

Sebelum atau sesudah mengganti nama domain blog Anda, bila sudah mengenai urusan menulis, seharusnya memang selalu menulis konten yang baik dan bermanfaat. 

Apalagi sesudah mengganti nama domain blog Anda menjadi Top Level Domain (TLD), seharusnya semakin konsisten tetap menulis, menulis, dan menulis hal yang baik dan bermanfaat.

Kesimpulan

  

Itulah beberapa hal yang harus dilakukan oleh blogger sesudah mengganti domain blogspot menjadi Top Level Domain (TLD), hal-hal tersebut di atas sebaiknya langsung Anda lakukan bila Anda sudah mengganti domain blog Anda menjadi Top Level Domain (TLD). Memang sebaiknya bila Anda serius di dunia blog, pada awal pembuatan blog Anda langsung mengganti domain Anda menjadi Top Level Domain (TLD), tetapi bila Anda baru mengganti domain blog Anda menjadi Top Level Domain (TLD) sesudah beberapa lama dari awal pembuatan blog, tidak ada salahnya juga, yang penting Anda jangan lupa untuk melakukan beberapa hal tersebut di atas.

Semoga bermanfaat..
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar