--> Skip to main content

Cara Mendaftarkan Blogspot Anda di Google Analytics dan Memasang ID Pelacakan Situs Pada Blogspot Anda

Lunfix.com - Pada pembahasan kali ini saya akan membahas mengenai bagaimana cara mendaftarkan blogspot Anda di Google Analytics dan memasang ID Pelacakan Situs pada blogspot Anda, bagi Anda para blogger pemula yang belum mengetahuinya, bisa Anda simak langkah-langkah cara mendaftarkan blogspot Anda di Google Analytics dan memasang ID Pelacakan Situs pada blogspot Anda di pembahasan ini.


Cara Mendaftarkan Blogspot Anda di Google Analytics dan Memasang ID Pelacakan Situs Pada Blogspot Anda


Bagi Anda para blogger yang sudah lama bergelut dalam dunia blog, mungkin sudah tidak asing dengan yang namanya Google Analytics, tetapi bagi Anda para blogger pemula, apakah Anda sudah mengenal apa itu Google Analytics ?

Bila Anda belum mengenalnya, Google Analytics merupakan layanan gratis yang menampilkan mengenai statistik pengunjung dari sebuah situs web. Google Analytics juga digunakan untuk mengetahui kepadatan trafik dari blog yang Anda miliki.

Bagi Anda yang mempunyai blog hanya untuk menyalurkan hobi menulis saja, tidak masalah bila blog Anda tidak didaftarkan ke Google Analytics. Tetapi, bila Anda mempunyai blog dengan tujuan untuk memonetize nya, sebaiknya daftarkan blog Anda ke Google Analytics, karena dunia blog bukan hanya sekedar menulis saja.

Kenapa bila kita ingin memonetize blog kita, kita harus mendaftarkannya ke Google Analytics ? Karena, Google Analytics bisa menelusuri pengunjung berdasarkan informasi halaman pengacu, termasuk mesin pencari, iklan, jaringan pay-per-click, email marketing, juga tautan yang terkandung dalam dokumen PDF.

Bagi Anda yang ingin mendaftarkan blogspot Anda, di sini saya akan memandu Anda bagaimana cara mendaftarkan blogspot Anda dan memasang ID pelacakan situs Google Analytics pada blogspot Anda.

Sangat disayangkan bila Anda tidak mendaftarkan blog Anda ke Google Analytics, karena Google memberikan layanan yang mudah dan gratis yang bisa kita manfaatkan untuk meningkatkan performa blog yang kita miliki.

Mari kita langsung memulai saja pendaftaran blogspot Anda ke Google Analytics.


Langkah-langkah Cara Mendaftarkan Blogspot Anda di Google Analytics dan Memasang ID Pelacakan Situs Pada Blogspot Anda


Cara Mendaftarkan Blogspot Anda di Google Analytics dan Memasang ID Pelacakan Situs Pada Blogspot Anda

Buka Website Google Analytics :
https://marketingplatform.google.com/about/analytics/, lalu pilih Start For Free.


Login akun Google Anda. 



Pilih Daftar.


Pilih Situs, lalu isi semua data yang diminta : 

Nama Akun : Isi dengan nama akun yang Anda inginkan.
Nama Situs : Isi dengan nama situs blog Anda.
URL Situs : Isi dengan alamat URL blog Anda. 
Kategori Industri : Pilih sesuai dengan blog Anda. 
Zona Waktu Pelaporan : Pilih zona waktu negara Anda, saya pilih Indonesia


Setelah Anda isi semuanya, pilih Bagikan ID Pelacakan.


Pada halaman Perjanjian Persyaratan Layanan Google Analytics, pada kolom negara, pilih Indonesia, lalu Anda checklist pada kedua persyaratannya, selanjutnya pilih Saya Setuju.


Anda akan masuk ke halaman Google Analytics Anda, di sana Anda bisa melihat ID Pelacakan Situs Anda (1), dan Tag Situs Global (gtag.js) Anda (2).

Pada sudut kanan bawah akan muncul pertanyaan : "Coba aplikasi seluler Google Analytics yang baru”, pilihan jawaban yang harus anda pilih : TIDAK, TERIMA KASIH, ANDROID, IOS, Anda pilih saja TIDAK, TERIMA KASIH.

Langkah selanjutnya, ID Pelacakan Situs (1) dan Tag Situs Global (gtag.js) (2) Anda, harus Anda masukkan ke dalam menu blogspot Anda agar semua konten blogspot Anda bisa teranalisa dengan baik oleh Google Analytics, Anda bisa melakukan copy paste ID Pelacakan Situs (1) dan Tag Situs Global (gtag.js) (2) Anda untuk memasukkannya ke dalam menu blogspot Anda.

Memasukkan ID Pelacakan Situs Anda (1) Pada Blogspot Anda


Buka blogspot (www.blogger.com) Anda.


Pada blogger, pilih Setelan, lalu pilih Lainnya, sesudah anda mengcopy ID Pelacakan Anda (1) pada halaman Google Analytics Anda, paste kan ke dalam kolom Google Analytics, lalu pilih Simpan Setelan.


Memasukkan Tag Situs Global (gtag.js) (2) Anda Pada Blogspot Anda


Buka blogspot (www.blogger.com) Anda.



Pada Blogger, pilih Tema, lalu pilih Edit HTML


Pada menu Edit HTML, tempatkan Tag Situs Global (gtag.js) (2) Anda di atas </head>, sebelumnya Anda copy terlebih dulu Tag Situs Global (gtag.js) (2) Anda pada halaman Google Analytics Anda.

Untuk mencari </head>, tempatkan kursor di kotak HTML, lalu tekan Ctrl + F, ketikkan </head>, bila anda sudah menemukannya, paste kan saja Tag Situs Global (gtag.js) (2) Anda di atas </head>. 

Proses Mendaftarkan Blogspot Anda dan memasang ID Pelacakan Situs Google Analytics pada blogspot Anda sudah berhasil, selanjutnya Anda verifikasi Google Analytics Anda pada Google Search Console Anda.

Melakukan Verifikasi Google Analytics di Google Search Console Anda


Sesudah mendaftarkan Blogspot Anda dan memasang ID Pelacakan Situs Google Analytics pada blogspot Anda, selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah melakukan Verifikasi Google Analytics pada Google Search Console yang sudah Anda daftarkan, karena Google Analytics dan Google Search Console saling terkait. 

Baca juga : Cara Mendaftarkan dan Mengirimkan Sitemap Blogspot Anda di Google Search Console


Buka Google Search Console Anda, pilih Setelan, lalu pilih Analitis Google, pilih Verifikasi.  


Bila berhasil, pada Analitis Google, bisa Anda lihat akan ada contreng hijau Berhasil Diverifikasi

Kesimpulan


Dengan demikian, proses cara mendaftarkan blogspot Anda di Google Analytics dan memasang ID Pelacakan Situs pada blogspot Anda sudah selesai, dan blogspot Anda sudah terintegrasi dengan Google Analytics. Dengan mendaftarkan blog Anda ke Google Analytics, Anda bisa memantau blog Anda agar lebih maksimal, karena Anda bisa mengetahui dimana letak kelemahan blog Anda, dan tentu saja Anda dapat memperbaikinya.

Semoga bermanfaat..
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar