--> Skip to main content

Cara Mendaftarkan dan Mengirimkan Sitemap Blogspot Anda di Google Search Console

Lunfix.com - Pada pembahasan kali ini saya akan membahas mengenai bagaimana cara mendaftarkan dan mengirimkan sitemap blogspot Anda di Google Search Console, bagi Anda para blogger pemula yang belum mengetahuinya, bisa Anda simak langkah-langkah cara mendaftarkan dan mengirimkan sitemap blogspot Anda di Google Search Console di pembahasan ini.


Cara Mendaftarkan dan Mengirimkan Sitemap Blogspot Anda di Google Search Console


Apakah anda pernah mendengar atau sudah mengetahui mengenai apa itu Google Search Console bagi anda para blogger pemula ? 

Mungkin bagi para blogger yang baru berkecimpung di dunia blog, bisa jadi anda sudah mengetahui atau ada juga yang belum mengetahui mengenai apa itu Google Search Console.

Bagi para blogger yang sudah lama berkecimpung di dunia blog, pastinya sudah tidak asing lagi dengan yang namanya Google Webmasters, yang pada tanggal 20 Mei 2015, Google merubah nama Google Webmasters menjadi Google Search Console.

Lalu, apakah itu Google Search Console ?


Google Search Console, yang sebelumnya dikenal dengan nama Google Webmasters, adalah layanan gratis yang disediakan oleh Google bagi para webmaster, layanan ini berfungsi agar web kita cepat terindeks di pencarian Google dan kita juga bisa melihat laporan status indeks pada web yang didaftarkan.

Keutamaan bila blog kita didaftarkan ke Google Search Console yaitu bila blog kita sudah berhasil mendaftarkan sampai berhasil pada proses verifikasinya, ditambah dengan berhasil mengirimkan sitemap nya, maka blog kita sudah resmi masuk ke dalam indeks google.

Pada saat kita mendaftarkan blog kita ke Google Search Console, kita juga diharuskan untuk mengirimkan sitemap (Peta Situs) blog kita yang valid. Tujuannya tidak lain agar blog kita dapat dirayapi oleh robot perayap Google, tentu anda juga ingin bukan bila blog anda dirayapi oleh robot perayap Google ? Daripada furniture di rumah kita yang berbahan kayu dirayapi oleh rayap, alangkah baiknya blog kita saja yang dirayapi oleh robot perayap Google, betul ?

Pendaftaran blog ke Google Search Console tidak hanya dilakukan oleh para blogger pemula, bahkan blogger yang sudah berpengalaman pun biasanya akan mendaftarkan blog mereka ke Google Search Console agar blog mereka cepat terindeks.

Bagi anda yang ingin mendaftarkan blog nya ke Google Search Console, caranya mudah sekali, saya akan memandu anda sampai blogspot anda berhasil mendaftarkan dan mengirimkan sitemap di Google Search Console.

Sebelum kita memulai, buat duduk anda nyaman terlebih dulu, nyalakan PC atau laptop anda, nyalakan musik dan putar volume musik anda agak kencang, relakskan pikiran anda, dan kita mulai mendaftarkan blogspot anda.

Langkah-langkah Cara Mendaftarkan dan Mengirimkan Sitemap Blogspot Anda di Google Search Console

 

Cara Mendaftarkan dan Mengirimkan Sitemap Blogspot Anda di Google Search Console



Buka https://www.google.com/webmasters/#?modal_active=none, lalu pilih Sign In kanan atas.


Pilih Start Now.


Login ke akun Google anda.


Pada kolom Awalan URL, masukkan alamat URL blog anda, contoh : di sini saya memasukkan alamat URL blog saya, https://bloglukmannugraha.blogspot.com, bila sudah, pilih Terus.


Pilih Buka Properti.


Pilih Setelan, lalu pilih Verifikasi Kepemilikan (yang bercontreng hijau, Anda adalah pemilik terverifikasi).


Pilih Tag HTML.


Copy kode Meta Tag nya :

<meta name="google-site-verification" content="aNI_j8kONUtVNKU9k-Sb0gSsvSXhWo60HACGbpuTmCo" />


Sebelum anda pilih Verifikasi pada properti Google Search Console, buka terlebih dulu pada tab lain blogspot (www.blogger.com) anda, pilih Tema, lalu pilih Edit HTML.


Pada menu Edit HTML, paste kode Meta Tag tadi yang sudah dicopy di bawah <head> sebelum <body> pertama, tampilannya seperti di bawah, bila anda kesulitan mencari <head>, pada menu Edit HTML, tempatkan kursor di kotak HTML, tekan Ctrl + F, ketik saja <head>.

<head>
<meta name="google-site-verification" content="aNI_j8kONUtVNKU9k-Sb0gSsvSXhWo60HACGbpuTmCo" />


Bila sudah melakukan copy paste kode Meta Tag ke dalam menu Edit HTML, anda kembali lagi ke halaman properti Google Search Console, lalu pilih Verifikasi.


Bila berhasil, bisa anda lihat pada kolom Tag HTML, contreng hijau Berhasil Diverifikasi, dengan begitu, proses verifikasi blog anda sudah berhasil.


Langkah selanjutnya adalah untuk mengirimkan sitemap blog anda, pilih Peta Situs, ada kolom yang harus anda isi dengan URL sitemap blog anda.


Anda isi saja dengan sitemap.xml.


Pilih Ok, anda bisa lihat status nya sukses, dan akan terlihat pula jumlah URL anda.

Baca juga : Cara Mendaftarkan Blogspot Anda di Google Analytics dan Memasang ID Pelacakan Situs Pada Blogspot Anda


Kesimpulan


Proses cara mendaftarkan dan mengirimkan sitemap blogspot Anda di Google Search Console sudah selesai, mudah bukan ? Sekarang blog anda sudah dirayapi oleh robot perayap Google, langkah selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah konsisten untuk tetap menulis, menulis, dan menulis ya, semangat !

Semoga bermanfaat..
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar