--> Skip to main content

Cara Setting Microphone di PC Dengan Mudah

Cara Setting Microphone di PC Dengan Mudah - Penggunaan microphone saat ini sudah menjadi kebutuhan bagi pengguna HP, Laptop ataupun PC (komputer). Tujuan penggunaan microphone tidak lain adalah sebagai penghantar suara agar suara yang dikeluarkan lebih keras dan lebih jelas, terlebih apabila digunakan untuk kebutuhan merekam suara hasilnya pun diharapkan sesuai dengan apa yang diinginkan.  


Cara Setting Microphone di PC Dengan Mudah



Cara Setting Microphone di PC Dengan Mudah


Banyak sekali jenis microphone yang ada di pasaran, baik itu microphone dari harga yang termurah sampai microphone dengan harga termahal. Namun semuanya dikembalikan lagi kepada pengguna microphone itu sendiri untuk memilih microphone yang sesuai dengan kebutuhannya dan yang paling penting sesuaikan dengan budget yang dimiliki jangan sampai memaksakan kehendak.

Beberapa penggunaan microphone pada PC biasanya digunakan untuk keperluan dalam bermain game online, untuk menambahkan suara eksternal dalam melakukan pengeditan video, dan juga bisa digunakan untuk mengetik dokumen dengan menggunakan suara.

Baca Juga : Cara Mengetik Dokumen Menggunakan Suara Anda di PC

Bermain game online di PC membutuhkan microphone, tetapi microphone yang digunakannya berbeda, yaitu microphone yang menyatu dengan headset, lebih dikenal dengan headset microphone. Karena saat bermain game online, gamers akan saling berinteraksi dengan gamers lainnya untuk melakukan percakapan dan juga untuk mendengar percakapan dari gamers lainnya.

Untuk menambahkan suara eksternal dalam melakukan pengeditan video di PC pun membutuhkan microphone, biasanya hal ini dilakukan oleh youtuber agar konten yang dibuatnya semakin bagus dan jelas karena adanya penjelasan secara langsung dari youtuber tersebut mengenai apa isi kontennya.

Namun, bukan hanya youtuber saja ya yang melakukan penambahan suara eksternal dalam melakukan pengeditan video di PC, karena hal ini bisa dilakukan oleh siapa saja dan untuk kepentingannya masing-masing yang berbeda-beda juga.

Menggunakan microphone di PC, kita harus setting terlebih dulu PC yang kita gunakan agar penggunaan microphone bisa berfungsi dengan baik, karena apabila tidak disetting, microphone tidak akan bisa digunakan.

Apabila Anda berpikir menggunakan microphone di PC bisa langsung digunakan ketika pertama kali akan menggunakannya, Anda salah besar. Untuk setting microphone pada PC caranya mudah dan Anda bisa ikuti langkah-langkahnya pada pembahasan ini apabila Anda belum mengetahui bagaimana caranya.

Baca Juga : Cara Praktis Memindahkan File Dari HP Ke PC Atau Laptop Dan Sebaliknya Tanpa Menggunakan Bluetooth Dan Kabel Data



Langkah-Langkah Setting Microphone di PC


Sebelum Anda memulai setting microphone di PC, Anda harus mempunyai terlebih dulu microphone nya, di sini saya menggunakan microphone yang sesuai dengan kebutuhan saya dan sesuai dengan budget saya, seperti yang yang saya katakan sebelumnya.

Microphone yang saya gunakan adalah microphone Clip On yang bisa digunakan untuk HP, Laptop, dan PC dengan jack berukuran 3.5mm, harganya sangat terjangkau sekali. 


Apabila Anda sudah mempunyai microphone nya, masukkan jack 3.5mm microphone ke dalam lubang microphone yang ada di PC, lubang microphone di PC biasanya berwarna pink dan posisi lubang microphone berada di bagian belakang PC dan juga di bagian depan PC, pilih salah satu lubang microphone yang akan digunakan.


Apabila Anda sudah memasukkan jack microphone 3.5mm ke dalam lubang microphone di PC, langkah selanjutnya adalah setting microphone nya, pilih Start, lalu pilih Control Panel.


Pilih Hardware and Sound.


Pada Sound, pilih Manage audio devices, lalu pilih Recording, bisa Anda lihat microphone nya masih dalam status Disabled, itu tandanya microphone di PC Anda belum bisa digunakan.


Pada Recording, pilih Properties, lalu pada Device usage, pilih Use this device (enable), pilih Apply, lalu pilih OK.


Status microphone sudah berubah menjadi Default Device, lalu pilih OK, microphone di PC Anda sudah berfungsi dengan baik dan siap untuk digunakan.


Itulah cara setting microphone di PC dengan mudah, sekarang Anda sudah bisa menggunakan microphone di PC Anda sesuai dengan keperluan Anda, seperti untuk menambahkan suara eksternal dalam melakukan pengeditan video ataupun Anda akan merekam suara Anda di PC.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar