--> Skip to main content

Cara Memotong Lagu Favorit Anda Untuk Dijadikan Ringtone Pada HP Anda

Lunfix.com - Pada pembahasan kali ini saya akan membahas mengenai bagaimana cara memotong lagu favorit Anda untuk dijadikan ringtone pada HP Anda, bila Anda ingin mengetahuinya bisa Anda simak langkah-langkah cara memotong lagu favorit Anda untuk dijadikan ringtone pada HP Anda di pembahasan ini.

Cara Memotong Lagu Favorit Anda Untuk Dijadikan Ringtone Pada HP Anda

Cara Memotong Lagu Favorit Anda Untuk Dijadikan Ringtone Pada HP Anda


Pernahkah anda mengalami masa-masa ketika anda menginginkan lagu favorit anda dipotong untuk dijadikan sebagai ringtone pada HP anda dan membuatnya di counter HP ? Kalau saya pernah mengalaminya, saya jadi teringat akan masa itu, memotong lagu favorit saya sebanyak 3 lagu di counter HP untuk dijadikan sebagai ringtone, saya harus membayar Rp 10.000,- untuk 3 lagu tersebut.

Pada saat itu belum tersedia banyaknya aplikasi di HP untuk memotong lagu favorit saya agar dapat dijadikan sebagai ringtone pada HP seperti pada saat sekarang ini. Waktu itu, memotong lagu favorit untuk dijadikan sebagai ringtone pada HP saya, dilakukan dengan cara mendatangi counter HP (berada di mall), dan pemilik counter HP memotong lagu favorit saya dengan menggunakan aplikasi pada PC miliknya sesuai dengan keinginan saya.

Ketika pemilik counter HP sedang mengedit memotong lagu favorit saya menjadi ringtone, saya melihat aplikasi apa yang dipakai. Setelah saya mengetahui nama aplikasinya, saya mencoba mempraktekkannya di rumah waktu itu. Saya download aplikasinya pada PC yang ada di rumah, dan mencoba menggunakannya, ternyata gampang-gampang susah pada awalnya, tetapi pada akhirnya saya berhasil juga membuat ringtone dari lagu favorit saya.

Kekurangan dari membuat lagu favorit anda menjadi ringtone dengan menggunakan PC atau laptop, adalah dalam hal waktu untuk membuatnya, kalau menggunakan PC, anda harus membuatnya sewaktu anda berada di rumah, kalau menggunakan laptop, lebih praktis dari menggunakan PC sebetulnya, karena laptop dapat dibawa kemana-mana, tetapi tetap tidak semudah dan sepraktis kalau dibandingkan dengan menggunakan HP yang selalu anda pegang setiap saat dan anda dapat membuatnya kapan saja.

Di zaman now, dengan menggunakan HP, anda dapat menjadikan lagu favorit anda sebagai ringtone pada HP anda dengan sangat mudah. Tersedia banyak sekali aplikasi pemotong lagu untuk dijadikan ringtone yang dapat didownload di play store.


Langkah-langkah Cara Memotong Lagu Favorit Anda Untuk Dijadikan Ringtone Pada HP Anda




Di HP anda, pilih aplikasi play store, lalu cari ringtone maker.


Saat anda mencari ringtone maker, akan tersedia beberapa aplikasi ringtone maker, kalau saya, memilih ringtone maker and MP3 cutter, lalu pilih instal


Setelah berhasil diinstal, nama aplikasi nya menjadi Ringpod.


Pilih aplikasi Ringpod, lalu pilih lagu favorit anda yang akan dijadikan ringtone. Lagu favorit nya yang sudah ada di dalam galeri musik pada HP anda, tinggal pilih saja.


Setelah anda memilih lagu favorit anda yang akan dijadikan ringtone, pilih edit.


Langkah selanjutnya yaitu memotong bagian lagu favorit anda yang akan dijadikan ringtone. Anda bebas memotong bagian mana saja dari lagu favorit anda, baik itu bagian awal lagu, bagian reff lagu, atau bagian akhir lagu, tergantung bagian mana dari lagu favorit tersebut yang paling anda sukai. 

Untuk durasi ringtone nya dapat anda atur sendiri, akan dibuat untuk berapa lamanya, mau sebentar atau panjang durasinya terserah anda. Kursor yang berada di bagian atas digunakan untuk menandai lagu favorit anda tersebut akan dimulai dari bagian mana, dan kursor yang berada di bagian bawah, digunakan untuk menandai lagu tersebut sebagai bagian akhir dari ringtone. Dua kursor tersebut dapat anda geser kesana kemari sampai anda mendapatkan potongan lagu yang pas, dengarkan saja lagunya berulang-ulang sampai anda merasa yakin dan pas untuk bagian lagu yang akan anda potong.


Jika anda sudah merasa yakin dan pas mendapatkan bagian potongan lagu favorit anda, langsung saja pilih save as (gambar disket posisi di atas). Pada type pilih ringtone, lalu isi name nya dengan nama file yg anda inginkan, atau dengan nama file yang sudah ada tinggal ditambahkan kata ringtone di awal kalimat nya, agar memudahkan anda ketika akan memakai ringtone tersebut untuk nada dering, sms atau lainnya, pilih save.


Jika muncul kalimat success, itu tandanya anda telah berhasil membuat lagu favorit anda menjadi ringtone, pilih close.


Ringtone yang sudah berhasil anda buat tadi akan berada di ringpod. 

Langkah selanjutnya, anda tinggal menggunakan ringtone dari lagu favorit anda yang telah selesai untuk nada panggilan, sms, WhatsApp, atau lainnya pada HP anda pada menu setelan. Sangat mudah sekali bukan ?

Kesimpulan


Proses cara memotong lagu favorit Anda untuk dijadikan ringtone pada HP Anda sudah selesai. Beberapa tujuan menjadikan lagu favorit anda sebagai ringtone, agar ringtone anda berbeda dengan ringtone orang lain, agar anda merasa tidak bosan menggunakan ringtone bawaan HP yang itu-itu saja, dan ringtone dengan menggunakan bagian dari lagu favorit anda dapat menambah sedikit kepercayaan diri saat HP anda berbunyi. Jika anda sudah bosan, anda tinggal membuatnya lagi dengan lagu favorit anda yang lainnya.

Semoga bermanfaat..
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar