--> Skip to main content

Cara Merapikan Nama Kontak Ganda dan Merapikan Nama Kontak Yang Memiliki Beberapa Nomor HP di HP Anda

Lunfix.com - Pada pembahasan kali ini saya akan membahas mengenai bagaimana cara merapikan nama kontak ganda dan merapikan nama kontak yang memiliki beberapa nomor HP di HP Anda, bagi Anda yang belum mengetahuinya, bisa Anda simak langkah-langkah cara merapikan nama kontak ganda dan merapikan nama kontak yang memiliki beberapa nomor HP di HP Anda di pembahasan ini.


Cara Merapikan Nama Kontak Ganda dan Merapikan Nama Kontak Yang Memiliki Beberapa Nomor HP di HP Anda

Cara Merapikan Nama Kontak Ganda dan Merapikan Nama Kontak Yang Memiliki Beberapa Nomor HP di HP Anda 


Pernahkah anda mengalami nama-nama kontak di HP anda tersalin ganda dengan jumlah lebih banyak 2 atau 3 kali dari jumlah nama kontak awal yang anda simpan ? 

Atau, apakah anda sekarang sedang ingin merapikan nama kontak di HP anda dimana 1 orang yang memiliki beberapa nomor HP tapi tidak anda simpan dalam 1 nama kontak ?

Untuk 2 hal tersebut di atas, saya pernah mengalaminya, hal yang pertama adalah masalah nama kontak ganda pada perangkat HP saya, terjadi karena adanya kesalahan pada waktu akan melakukan pemindahan nama-nama kontak yang tersimpan pada perangkat HP akan dipindahkan ke kartu SIM. 

Hal yang kedua, saya menyimpan nama kontak 1 orang yang memiliki beberapa nomor HP tidak saya simpan dalam 1 nama kontak, tetapi menjadi beberapa kontak dengan nama sama. Ingin dirapikan menjadi 1 nama kontak orang yang memiliki beberapa nomor HP, rasanya berat untuk melakukan copy, paste, dan menghapusnya, ditakutkan salah dalam memasukkan nomor HP ke nama kontak orang lain.

Awalnya, jumlah nama kontak di perangkat HP saya berjumlah sekitar 310 orang dengan kondisi 1 orang yang memiliki beberapa nomor HP tidak saya simpan dalam 1 nama kontak. Karena adanya kesalahan dalam proses penyalinan ke kartu SIM, jumlah nama kontak di perangkat HP saya menjadi 620 orang. Karena masih penasaran, saya mencobanya sekali lagi, dan masih gagal juga pindah ke kartu SIM, akhirnya jumlah nama kontak di perangkat HP saya semakin bertambah menjadi 930 orang.

Melihat nama kontak di HP saya semakin banyak dan terduplikat, saya merasa bingung sendiri jadinya, ingin dihapus satu per satu, memerlukan waktu yang tidak sedikit, dan ditakutkan akan terjadi salah dalam menghapus nama kontak.

Akhirnya saya menemukan cara yang praktis untuk menyelesaikan 2 masalah saya di atas, yaitu dengan menggunakan aplikasi Cleaner-Merge Duplicate Contacts, dapat didownload di play store, dan cara penggunaannya juga sangat mudah. Bila anda mengalami hal seperti saya, anda bisa mencoba untuk menyelesaikannya.

Langkah-langkah Cara Merapikan Nama Kontak Ganda dan Merapikan Nama Kontak Yang Memiliki Beberapa Nomor HP di HP Anda




Buka aplikasi play store, ketik saja Cleaner-Merge Duplicate Contacts atau ketik Simpler Merge, lalu pilih Instal.

Nomor HP 1 ada 2 nama, terpisah

Nomor HP 2 ada 2 nama, terpisah
Di pembahasan ini saya akan contohkan 1 orang mempunyai 2 nomor HP yang berbeda, kondisinya terduplikat, disimpan di perangkat HP tidak dalam 1 nama kontak, tetapi menjadi 4 nama kontak yang sama.


Bila kita mencari nama kontak di HP, akan tampil seperti di atas, 1 orang yang sama dengan 4 nama kontak.


Buka aplikasi Cleaner.


Bisa anda lihat pada Duplicates, Duplicate Contacts terdeteksi 1 nama kontak ganda, pilih saja Duplicate Contacts.


Terdapat 4 nama kontak dengan orang yang sama, lalu pilih back.


Pilih gambar panah arah bawah pada baris ke 2, di sini muncul 10 Duplicate Contacts, karena pada kolom Similar Names di kontak saya tadinya ada 9, ditambah 1 dengan tadi atas nama Nunu menjadi 10, untuk 9 nama kontak, bisa anda hiraukan, yang akan saya rapikan di sini nama kontak Nunu.


Bisa anda lihat, pada Duplicate Contacts masih sama ada 1 nama kontak yang terdeteksi.


Pilih Duplicate Contacts, lalu pilih Merge (1).


Pilih Merge.


Setelah Merge Completed, pilih Done, proses merapikan beberapa nama kontak yang sama menjadi 1 nama kontak sudah selesai.


Sekarang lihat nama kontak di perangkat HP, nama kontak sudah menjadi 1 nama kontak.


Bisa anda lihat, dalam 1 nama kontak, nomor HP nya sudah bergabung ke dalam 1 nama kontak, dan 2 nomor HP yang ganda, sudah terhapus, tidak memerlukan waktu yang banyak ternyata untuk merapikan nama kontak di HP bila kita tahu caranya.


Kesimpulan


Proses langkah-langkah cara merapikan nama kontak ganda dan merapikan nama kontak yang memiliki beberapa nomor HP di HP Anda sudah selesai, mudah bukan caranya ? Bila Anda mengikuti langkah-langkah di atas, sekarang bisa Anda lihat sendiri di HP Anda nama kontak di HP Anda sudah tersimpan lebih rapi dari sebelumnya.

Semoga bermanfaat..
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar