--> Skip to main content

Cara Membuat Sticker WhatsApp Menggunakan Foto Yang Ada Dengan Tambahan Teks

Lunfix.com - Pada pembahasan kali ini saya akan membahas mengenai bagaimana cara membuat sticker WhatsApp menggunakan foto yang ada dengan tambahan teks, bagi Anda yang belum mengetahuinya, bisa Anda simak langkah-langkah cara membuat sticker WhatsApp menggunakan foto yang ada dengan tambahan teks di pembahasan ini.

 Cara Membuat Sticker WhatsApp Menggunakan Foto Yang Ada Dengan Tambahan Teks

Cara Membuat Sticker WhatsApp Menggunakan Foto Yang Ada Dengan Tambahan Teks


Berkomunikasi menggunakan aplikasi WhatsApp saat ini semakin seru dan tidak membosankan karena dilengkapi dengan adanya sticker pada menu obrolannya. Yang pada awalnya tambahan obrolan hanya menggunakan emoji saja, sekarang sudah beramai-ramai menggunakan sticker.

Aplikasi WhatsApp masih banyak penggunanya, karena orang-orang merasa nyaman dalam menggunakannya, hanya dengan menyimpan nomor HP orang lain saja yang sudah menggunakan aplikasi WhatsApp, maka dengan otomatis kontak orang tersebut sudah berada pada kontak di aplikasi WhatsApp kita, tanpa harus menukar PIN terlebih dulu.

Selain kemudahan itu, dengan menggunakan aplikasi WhatsApp kita bisa berkirim suara, foto, video, melakukan video call, melakukan panggilan, dan sekarang tambahan lainnya yaitu adanya sticker.

Sticker untuk aplikasi WhatsApp saat ini sudah tersedia banyak sekali yang dapat didownload di play store, ada yang gratis dan ada juga yang berbayar, selama masih ada yang gratis, kenapa tidak ? 

Bila anda ingin menggunakan sticker untuk aplikasi WhatsApp yang berbeda dengan orang lain atau ingin berbeda dengan yang ada di play store, anda dapat membuat sticker WhatsApp sendiri.

Untuk membuat sticker WhatsApp anda bisa menggunakan foto diri anda sendiri ataupun foto yang lain, karena cara pembuatannya sama dan mudah. Pada pembahasan ini, saya akan membuat sticker WhatsApp menggunakan foto yang ada dengan tambahan teks.

Sebelum membuat sticker WhatsApp sendiri, anda memerlukan aplikasinya terlebih dulu dan harus mendownloadnya di play store.

Aplikasi Apa Saja Yang Dibutuhkan Untuk Membuat Sticker WhatsApp ?


1. Background Eraser


Aplikasi Background Eraser pada pembuatan sticker WhatsApp untuk menghapus background pada foto yang akan anda jadikan sebagai sticker.


2. PicsArt


Aplikasi PicsArt pada pembuatan sticker WhatsApp digunakan untuk menambahkan teks yang anda inginkan pada foto yang akan dijadikan sebagai sticker.

3. Sticker Pribadi Untuk WhatsApp


Aplikasi Sticker Pribadi Untuk WhatsApp digunakan untuk memasukkan sticker yang sudah anda buat ke dalam aplikasi WhatsApp.

Bila anda sudah mendownload ketiga aplikasi tersebut, mari kita memulai pembuatan sticker WhatsAppnya.

Langkah-langkah Cara Membuat Sticker WhatsApp Menggunakan Foto Yang Ada Dengan Tambahan Teks


Siapkan foto yang akan anda jadikan sebagai sticker WhatsApp, di sini saya akan membuat sticker dari foto secangkir kopi.

Langkah 1

Foto secangkir kopi yang akan dijadikan sebagai sticker
Buka aplikasi Background Eraser, hapus background pada foto secangkir kopi tersebut. Pada foto secangkir kopi, crop bagian yang anda inginkan juga sisakan tempat untuk penempatan teksnya.



Pada foto tersebut, saya akan menempatkan teks pada bagian atas cangkir kopi.


Lakukan proses penghapusan sampai semua background nya bersih, kecuali foto secangkir kopinya.


Proses penghapusan bakground pada foto secangkir kopi sudah selesai pengerjaannya, dan hasilnya akan tersimpan pada folder Eraser.

Langkah 2

Sesudah selesai penghapusan background pada foto, sekarang masuk ke tahap pembuatan teksnya sesuai dengan yang anda inginkan.

Buka aplikasi PicsArt untuk penambahan teksnya pada foto secangkir kopi yang sudah dihapus backgroundnya.


Sesudah membuka aplikasi PicsArt, pilih + di tengah bawah.


Pilih foto secangkir kopi pada galeri anda yang sudah diedit pada folder Eraser, lalu pilih Teks.


Masukkan teks yang anda inginkan, di sini saya akan memasukkan teks udah ngopi belom ?, lalu atur juga alignmentnya, terdiri dari left, center, dan right, di sini saya pilih left, bila sudah yakin, pilih contreng kanan atas.


Atur besar kecilnya teks dan tempatkan posisinya pada tempat yang sudah anda sediakan pada waktu menghapus background pada foto.


Tempat untuk teks yang saya sedikan tadi, yaitu di atas cangkir kopi.


Pilih jenis huruf dan warna huruf sesuai dengan yang anda inginkan, agar lebih menarik, bisa anda tambahkan penggunaan pilihan lainnya yang tersedia seperti bayangan, bengkokkan, dan lainnya.


Bila anda tidak ingin menggunakan 1 warna, ingin ada variasi warna pada teks, sesudah anda pilih warna utama, lalu pilih Gradasi, geser ke kanan atau ke kiri, bila sudah yakin, pilih contreng kanan atas.


Lalu pilih panah kanan atas.


Pilih Simpan.


Pilih Simpan, simpan foto di perangkat Anda.

Perlu anda ketahui, syarat untuk memasukkan sticker pada aplikasi Sticker Pribadi Untuk WhatsApp buatan sendiri, minimal harus 3 sticker yang harus dibuat. Bila anda berencana ingin membuat 1 sticker terlebih dulu, tidak apa-apa, anda bisa menyiasatinya dengan menyimpan foto yang sudah ditambahkan teks sebanyak 3 kali. 


Caranya, sebelum memilih selesai, berarti hasil editan foto anda tadi sudah tersimpan 1, anda tinggal menyimpannya 2 kali lagi, pilih panah kiri atas, lalu lakukan seperti langkah sebelumnya, yaitu pilih Simpan, dan lakukan sekali lagi.

Foto hasil editan anda sudah tersimpan sebanyak 3 foto, lalu pilih selesai. Hasil editannya akan tersimpan pada folder PicsArt.

Langkah 3

Bila langkah 1 dan langkah 2 pengerjaannya sudah selesai, langkah selanjutnya adalah memasukkan hasil foto yang sudah diedit ke dalam aplikasi WhatsApp.


Buka aplikasi Sticker Pribadi Untuk WhatsApp, anda bisa lihat, hasil editan pada aplikasi Background Eraser dan PicsArt muncul pada aplikasi Sticker Pribadi Untuk WhatsApp, pilih Tambah pada pilihan PicsArt, bila pada pilihan Eraser terdapat 3 foto hasil editan, dapat dipilih tambah, dan akan masuk juga ke dalam aplikasi WhatsApp.


Pilih Tambahkan ke WhatsApp.


Pilih Tambah.


Bila sudah berhasil, muncul contreng hijau pada pilihan PicsArt, dan hasil sticker buatan anda otomatis sudah masuk ke dalam aplikasi WhatsApp dan sudah dapat digunakan.

Untuk memilih sticker pada aplikasi WhatsApp, anda masuk ke menu obrolan, pilih emoji sebelah kiri, lalu pilih kanan bawah di sebelah GIF.

Kesimpulan


Proses cara membuat sticker WhatsApp menggunakan foto yang ada dengan tambahan teks sudah selesai, sekarang Anda sudah bisa membuat sticker WhatsApp sendiri. Anda bisa berkreasi membuat sticker WhatsApp dengan foto yang ada dengan ditambahkan teks sesuai dengan keinginan Anda, dan sticker tersebut hanya Anda saja yang memilikinya.

Semoga bermanfaat..
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar