--> Skip to main content

Cara Mengatasi Lubang Handle Pintu WC Yang Retak

Handle Pintu WC - Jika kita membeli pintu WC dengan bahan PVC, biasanya kita akan mendapatkan paket lengkap seperti handle pintu WC dengan bahan PVC, slot kunci dengan bahan PVC, dan juga engsel pintu WC dengan bahan PVC, semua yang kita dapatkan adalah berbahan PVC.

Handle Pintu WC

Pengguna pintu WC dengan bahan PVC biasanya terbagi ke dalam dua kelompok. Kelompok yang pertama adalah pengguna pintu WC yang menggunakan handle pintu WC bahan PVC bawaan paketnya, sedangkan kelompok yang kedua adalah pengguna pintu WC yang menggunakan handle pintu WC bulat bahan stainless.

Saya termasuk ke dalam kelompok yang kedua, yaitu pengguna pintu WC yang menggunakan handle pintu WC bulat bahan stainless. Saya memilih menggunakan handle pintu WC bulat bahan stainless karena saya merasa lebih nyaman dalam menggunakannya.

Dengan menggunakan handle pintu WC bulat bahan stainless, saya tidak memerlukan lagi slot kunci yang harus dipasang di bagian dalam pintu WC. Karena handle pintu WC bulat bahan stainless sudah bisa mengunci secara otomatis hanya dengan cara ditekan tombolnya yang berada di bagian tengah pada handle pintu WC bagian dalam.







Berbeda halnya dengan menggunakan handle pintu WC bawaan paketnya dengan bahan PVC, kita harus menggunakan slot kunci pintu WC baik itu slot kunci pintu WC bahan PVC bawaan paketnya ataupun slot kunci pintu WC bahan stainless yang harus kita beli terlebih dahulu yang dipasang di bagian dalam pintu WC agar pintu WC tidak mudah dibuka oleh orang lain ketika kita sedang berada di dalam WC.

Namun berdasarkan pengalaman yang saya rasakan, menggunakan slot kunci pintu WC dengan bahan PVC terasa kurang nyaman, karena slot kunci pintu WC dengan bahan PVC tersebut terkadang lepas dari tempatnya. 

Hal ini disebabkan salah satunya karena adanya orang lain yang mendorong pintu WC ketika kita sedang berada di dalam WC dan sedang dikunci pintu WC nya. Lama-kelamaan hal tersebut akan membuat slot kunci pintu WC dengan bahan PVC menjadi kendor dan akan terlepas dari tempatnya.

Menggunakan handle pintu WC bulat bahan stainless merupakan salah satu solusi agar hal tersebut di atas tidak terjadi, karena mengunci pintu WC dengan menggunakan handle pintu WC bulat bahan stainless tergolong kuat menurut saya.

Namun demikian bukan berarti menggunakan handle pintu WC bulat bahan stainless tidak akan menimbulkan masalah, ternyata menggunakan handle pintu WC bulat bahan stainless juga bisa menimbulkan masalah jika kita membuka pintu WC dengan cara mendorong pintu WC dengan kencang yang bisa menyebabkan pintu WC tersebut terbentur keras dengan dinding WC bagian dalam.

Jika pintu WC sering terbentur keras dengan dinding WC bagian dalam, tepatnya terbentur pada bagian handle pintu WC bulat bahan stainless nya lama-kelamaan akan menyebabkan lubang handle pintu WC menjadi retak.

Dan jika lubang handle pintu WC retak, maka handle pintu WC bulat bahan stainless posisinya menjadi tidak berada pada tempatnya seperti pada awal pemasangan, posisinya berubah menjadi miring dan tidak akan berfungsi secara normal.

Tentu saja hal tersebut membuat kita merasa tidak nyaman ketika sedang menggunakan WC karena pintu WC tidak bisa dikunci dari dalam WC. Jika Anda pernah mengalami hal tersebut di rumah Anda, Anda tidak udah khawatir, Anda tidak usah membeli pintu WC baru jika yang retak hanya lubang handle pintu WC nya saja.

Karena lubang handle pintu WC yang retak akibat sering terbentur dengan dinding WC bagian dalam masih bisa diperbaiki dengan anggaran biaya yang lebih hemat jika dibandingkan dengan harus membeli pintu WC baru. 

Jika Anda membeli pintu WC baru, pintu WC Anda yang sedang digunakan yang hanya retak pada bagian lubang handle pintu WC nya saja menjadi tidak terpakai, hal tersebut sangat disayangkan menurut pendapat saya. Selain Anda harus mengeluarkan uang untuk membeli pintu WC baru, Anda juga harus mengeluarkan uang untuk biaya jasa pemasangan pintu WC baru jika Anda tidak bisa memasang pintu WC sendiri.

Di sini saya akan memberikan salah satu solusi untuk mengatasi lubang handle pintu WC yang retak agar masih bisa berfungsi secara normal. Jika Anda sedang mengalami hal yang sama seperti ini, Anda bisa ikuti langkah-langkah bagaimana cara mengatasi lubang handle pintu WC yang retak pada artikel ini.


Langkah-Langkah Mengatasi Lubang Handle Pintu WC Yang Retak


- Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah Anda harus menyiapkan selembar kertas kosong baik itu kertas bergaris ataupun kertas yang polos dan sebuah alat tulis baik itu pensil, pulpen, atau spidol juga boleh.

- Langkah kedua yang harus Anda lakukan adalah buatlah pola pada lubang handle pintu WC yang retak menggunakan kertas dan alat tulis yang sudah Anda siapkan tadi. Untuk ukuran panjang dan lebar bisa disesuaikan dengan kebutuhan, yaitu tergantung pada jarak yang retak pada lubang handle pintu WC Anda. Sesudah itu guntinglah kertas sesuai dengan pola dan gunting juga pada bagian lingkaran untuk membuat lubang sesuai dengan pola yang sudah dibuat tadi. Kurang lebih gambar polanya seperti pada gambar di bawah ini, saya membuat pola dengan ukuran 14 cm × 18 cm, dengan diameter lingkaran 5,3 cm.


- Langkah yang ketiga sesudah membuat pola pada selembar kertas adalah Anda harus membuat pola tersebut dengan bahan aluminium atau bisa juga dengan bahan acrylic. Saya lebih memilih bahan aluminium karena bahan aluminium bisa menutupi retak pada lubang handle pintu WC, sedangkan bahan acrylic tampilannya transparan sehingga retak pada lubang handle pintu WC masih terlihat. Jika Anda tidak bisa membuatnya sendiri baik itu menggunakan bahan aluminium ataupun bahan acrylic, maka Anda bisa membuat pola tersebut dengan meminta bantuan jasa kepada orang lain yang membuka jasa dalam pembuatan plat nomor kendaraan. Di daerah saya, proses pembuatannya kurang lebih 1 jam sudah selesai. Saya membuat pola tersebut sebanyak dua buah, karena lubang handle pintu WC di rumah saya retak pada bagian dalam WC dan pada bagian luar WC. Hasil pembuatan pola dengan bahan aluminium tampilannya seperti di bawah ini.


- Langkah keempat sesudah hasil pola dengan bahan aluminium sudah selesai dibuat, Anda harus menyiapkan double tape 3M yang berwarna merah. Karena double tape 3M yang berwarna merah menurut saya daya tempelnya sangat kuat dan tahan air, dan double tape 3M sering juga digunakan untuk aksesoris mobil maupun motor.

- Langkah kelima sesudah Anda menyiapkan double tape 3M yang berwarna merah, tempelkan double tape 3M yang berwarna merah tersebut pada bagian atas, pinggir dan bawah pada pola bahan aluminium yang sudah dibuat, sesudah itu buka lapisan perekat double tape 3M agar Anda bisa menempelkan pola bahan aluminium tersebut pada pintu WC Anda.

- Langkah keenam sesudah pola bahan aluminium menempel pada pintu WC Anda adalah memasang handle pintu WC bulat bahan stainless. Memasang handle pintu WC bulat bahan stainless bisa dilakukan oleh kita sendiri, banyak petunjuk mengenai bagaimana cara memasangnya yang bisa kita tonton dan pelajari di Youtube. Saya sendiri sudah mencoba memasangnya sendiri dengan menonton Youtube terlebih dahulu.



Itulah langkah-langkah bagaimana cara mengatasi lubang handle pintu WC yang retak, dengan cara ini kita tidak usah membeli pintu WC yang baru jika yang retak hanya pada bagian lubang handle pintu WC nya saja. 
Newest Post
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar