--> Skip to main content

Cara Pasang Set Top Box TV Digital Untuk TV LCD Dan TV Tabung

Pasang Set Top Box TV Digital - Mungkin kita semua sudah mendengar informasi dari Kementrian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) bahwa siaran TV analog akan dihentikan pada tanggal 30 April 2022.

Pasang Set Top Box TV Digital

Siaran TV analog akan digantikan dengan siaran TV digital dimana dengan adanya siaran TV digital ini siaran TV akan lebih jernih, bersih, dan berkualitas jika dibandingkan dengan siaran TV analog.

Berdasarkan laman Kemkominfo, siaran TV analog akan dihentikan secara penuh pada tanggal 22 November 2022. Kemkominfo akan menghentikan siaran tv analog melalui tiga tahap, yaitu tahap pertama tanggal 30 April 2022, tahap kedua paling lambat tanggal 25 Agustus 2022, dan tahap ketiga tanggal 02 November 2022.

Adapun yang termasuk wilayah penghentian siaran TV analog tahap pertama yang dijadwalkan tanggal 30 April 2022 adalah sebagai berikut :

• Kota Sabang (Aceh)
 
• Kota Banda Aceh (Aceh)

• Kabupaten Karo (Sumatera Utara)

• Kota Padang (Sumatera Barat)

• Kota Bukittinggi (Sumatera Barat)

• Kota Garut (Jawa Barat)

• Kota Cilegon (Banten)

• Kabupaten Banyumas (Jawa Tengah)

• Kabupaten Sampang (Jawa Timur)

• Kota Denpasar (Bali)

• Kabupaten Kupang (Nusa Tenggara Timur)

• Kabupaten Minahasa (Sulawesi Utara)

• Kota Samarinda (Kalimantan Timur)

• Kota Gowa (Sulawesi Selatan)

• Kabupaten Mimika (Papua)

• Kabupaten Manokwari (Papua Barat)


Masih berdasarkan laman Kemkominfo, ada dua alasan atau urgensinya dilakukan migrasi siaran TV ke digital, pertama kepentingan publik memperoleh siaran berkualitas dan kedua efisiensi penggunaan frekuensi.

Dengan adanya siaran TV digital ini, tentunya mau tidak mau kita harus mempersiapkan segala sesuatunya agar kita bisa menikmati siaran TV digital ini, khususnya bagi yang belum menggunakan TV digital.

Berbeda halnya dengan mereka yang sudah menggunakan TV digital, tentu saja mereka sudah siap untuk menonton siaran TV digital, karena pada TV digital sudah terdapat fitur untuk siaran TV digital.

Bagi Anda yang masih menggunakan TV LCD dan juga TV tabung, jangan khawatir Anda juga bisa menikmati siaran TV digital. Namun dengan catatan harus menggunakan peralatan tambahan yaitu Set Top Box TV digital.




Saya sebagai pengguna TV LCD yang tidak memiliki fitur TV digital, saya sudah mempersiapkan untuk menikmati siaran TV digital dengan membeli Set Top Box TV digital. Selain itu saya juga membeli antena TV digital yang bisa ditempatkan untuk indoor maupun untuk outdoor agar tampilan siaran TV digitalnya mendapatkan hasil yang maksimal.

Antena TV analog (UHF) masih bisa digunakan jika Anda belum mempunyai keinginan untuk membeli antena TV digital. Saya pernah mencoba menggunakan antena TV analog (UHF) yang disambungkan ke Set Top Box TV digital untuk menangkap siaran TV digital.

Antena TV analog (UHF) bisa menangkap siaran TV digital, namun karena antena TV analog (UHF) yang saya gunakan sudah berkarat maka saya memutuskan untuk mengganti antena TV analog (UHF) nya dengan antena TV digital. 

Cara pasang Set Top Box TV digital untuk TV LCD dan TV tabung caranya sama saja, selama ada menu AV dan ada lubang colokan AV pada TV LCD dan juga pada TV tabung maka Set Top Box TV digital bisa dipasang. Cara pasang Set Top Box TV digital sangat mudah, saya sudah mencobanya dan prosesnya juga cepat.

Bagi Anda yang masih ingin menggunakan TV LCD dan juga TV tabung karena kondisi TV nya masih dalam keadaan baik, tidak ada salahnya TV tersebut masih digunakan. Dengan melakukan hal itu Anda bisa menghemat jutaan rupiah.


Langkah-Langkah Pasang Set Top Box TV Digital


Sebelum memulai memasang Set Top Box TV digital, sebaiknya Anda pastikan terlebih dahulu pemasangan antena TV di rumah Anda sudah tepat arahnya. Karena arah pemasangan antena TV bisa mempengaruhi terhadap berapa jumlah siaran TV digital yang bisa didapatkan.

Berdasarkan hal yang saya alami, saya mendapatkan siaran TV digital lebih banyak ketika antena TV sudah terpasang dengan arah yang tepat. 


Di sini saya mengggunakan Set Top Box TV digital dengan merk T2. Saya membeli Set Top Box TV digital merk T2 tersebut secara online, perlengkapan yang saya dapatkan adalah 1 buah digital satellite TV tuner box receiver 1080P DVB-T2, 1 buah remote control, 1 buah kabel AV, 1 buah power adapter, 2 buah baterai remote, dan 1 buah buku manual.

Berikut langkah-langkah cara pasang Set Top Box TV digital pada TV LCD dan juga TV tabung:

1. Colokkan kabel AV yang berwarna merah, putih dan kuning pada Set Top Box TV digital kemudian sambungkan kabel AV tersebut ke lubang colokan AV yang ada pada TV LCD dan juga TV tabung Anda.

2. Colokkan jack antena TV yang sudah tepat arah pemasangannya ke lubang antena TV yang ada di bagian belakang Set Top Box TV digital.

3. Nyalakan Set Top Box TV digital dengan cara menghubungkan adapternya ke listrik dan nyalakan juga TV LCD dan juga TV tabung lalu rubah mode TV LCD dan juga TV tabung menjadi mode AV.

4. Langkah selanjutnya adalah pencarian siaran TV digital, pencarian siaran TV digital bisa dilakukan secara manual atau secara otomatis, saya sarankan pilih pencarian siaran TV digital secara otomatis agar lebih mudah dan lebih cepat.

5. Langkah pencarian siaran TV digital bisa Anda lihat di buku manualnya.


- Bahasa : Pilih bahasa yang sesuai dengan yang Anda inginkan, di sini saya memilih bahasa Indonesia

- Negara : Di sini saya memilih negara Malaysia

Mungkin Anda sedikit heran kenapa saya memilih negara Malaysia, bukannya memilih negara Indonesia. Saya sudah mencoba memilih negara Indonesia, namun siaran TV digital yang didapatkan sebanyak 29 channel, sedangkan dengan memilih negara Malaysia, siaran TV digital yang didapatkan sebanyak 33 channel.

Jika Anda penasaran, Anda bisa mencobanya sendiri dengan melakukan percobaan memilih negara lain yang tersedia pada menu Negara.

- Power Antena : Pilih Aktif

- Hanya FTA : Pilih Tidak

- Kode Lokasi : 00000

Setelah pilih Pencarian otomatis dan tunggu beberapa saat.


Pencarian otomatis siaran TV digital pun selesai setelah beberapa saat, seperti yang saya katakan sebelumnya, dengan memilih negara Malaysia, siaran TV digital yang didapatkan sebanyak 33 channel.


Itulah di atas langkah-langkah cara pasang set top box TV digital untuk TV LCD dan juga untuk TV tabung. Caranya sangat mudah bukan? dengan melakukan langkah-langkah seperti di atas Anda akan mendapatkan siaran TV digital yang bersih, jernih, dan juga berkualitas. Dengan menggunakan Set Top Box TV digital bagi Anda yang masih menggunakan TV LCD dan juga TV tabung, Anda juga sekarang sudah siap untuk menikmati siaran TV digital.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar