--> Skip to main content

Kartu SIM Tidak Terbaca Bisa Diatasi Dengan Cara Ini

Kartu SIM tidak terbaca pada sebuah HP maupun pada sebuah tablet tentu saja sangat membuat kita kesal sebagai pemilik HP maupun sebagai pemilik tablet. Terlebih jika kita akan menggunakan HP maupun tablet tersebut pada saat kita benar-benar membutuhkannya untuk melakukan panggilan telepon ataupun untuk mengirimkan pesan kepada orang lain.

Kartu SIM Tidak Terbaca

Berdasarkan pengalaman yang saya alami, kartu SIM yang berada di dalam HP biasanya jarang sekali mengalami kendala tidak terbaca pada perangkat HP tersebut. Sekalinya kartu SIM tidak terbaca pada HP, biasanya untuk mengatasi agar kartu SIM bisa terbaca lagi pun masih tergolong mudah. 

Kartu SIM yang tidak terbaca pada HP biasanya bisa diatasi hanya dengan mematikan HP tersebut terlebih dahulu, kemudian kartu SIM dikeluarkan dari slot kartu SIM HP nya, kemudian kartu SIM dimasukkan kembali ke dalam slot kartu SIM HP tersebut, kemudian HP tersebut dinyalakan kembali, dan hasilnya kartu SIM pun sudah terbaca kembali oleh HP tersebut.

Berbeda halnya dengan kartu SIM tidak terbaca pada sebuah tablet, ternyata cara mengatasi kartu SIM yang tidak terbaca pada tablet tidak bisa disamakan dengan cara mengatasi kartu SIM yang tidak terbaca pada HP. 

Saya sudah mencobanya sendiri untuk mengatasi kartu SIM pada tablet dengan cara mematikan tablet tersebut terlebih dahulu, kemudian kartu SIM dikeluarkan dari slot kartu SIM nya, kemudian kartu SIM dimasukkan kembali ke dalam slot kartu SIM tablet, dan hasilnya kartu SIM tetap tidak terbaca pada tablet tersebut.

Bahkan kartu SIM tidak terbaca pada tablet yang saya alami tersebut tidak pernah terbaca sekalipun dari awal saya membeli tablet. Saya sudah mencoba berkali-kali memasang kartu SIM pada tablet tersebut dengan harapan agar tablet tersebut bisa digunakan untuk keperluan melakukan panggilan telepon ataupun untuk mengirimkan chat kepada orang lain.

Pada tablet tersebut terdapat dua buah slot kartu SIM, saya pun mencoba memasukkan kartu SIM pada kedua slot kartu SIM tersebut secara bergiliran, namun tetap saja kartu SIM tidak terbaca oleh kedua slot kartu SIM tablet tersebut.





Selain itu, saya juga sudah mencoba cara lain yaitu dengan menggunakan kartu SIM yang berbeda dan memasukkannya ke dalam slot kartu SIM tablet secara bergiliran. Namun kartu SIM yang berbeda tersebut tetap saja tidak terbaca oleh kedua slot kartu SIM tablet tersebut.

Hal ini sempat membuat saya beranggapan bahwa masalah kartu SIM tidak terbaca pada tablet tersebut apakah dikarenakan slot kartu SIM tablet memang bermasalah atau memang ada cara khusus yang tidak saya ketahui untuk mengatasi agar kartu SIM bisa terbaca oleh tablet.

Sesudah beberapa lama, akhirnya ditemukan juga solusi bagaimana caranya untuk mengatasi agar kartu SIM bisa terbaca oleh tablet yang saya beli. Cara ini sudah dicoba pada kedua slot kartu SIM yang ada pada tablet tersebut dan terbukti berhasil, akhirnya kartu SIM bisa terbaca oleh tablet.

Jika Anda juga mengalami hal yang sama dengan saya dan sampai saat ini Anda belum menemukan solusi bagaimana cara mengatasi kartu SIM tidak terbaca pada tablet, Anda bisa mengikuti bagaimana langkah-langkah untuk mengatasinya pada artikel ini.


Mengatasi Kartu SIM Tidak Terbaca Pada Tablet


Sebelum Anda mengikuti langkah-langkah mengatasi kartu SIM tidak terbaca pada tablet, saya ingin menginformasikan terlebih dahulu bahwa tablet yang saya gunakan adalah Tab Belajar Elite 8 Inch merk Advan.

Langkah pertama yang harus Anda lakukan agar kartu SIM bisa terbaca pada Tab Belajar Elite 8 Inch merk Advan adalah Anda harus menyalakan Mode pesawat terlebih dahulu pada tablet Anda tersebut, di sini saya mencobanya ketika kartu SIM sedang berada pada salah satu slot kartu SIM tablet.


Menyalakan Mode pesawat pada Tab Belajar Elite 8 Inch merk Advan bisa dilakukan dengan dua cara. Cara yang pertama adalah dengan cara menggulir ke arah bawah pada layar depan tablet kemudian klik menu Mode pesawat, sedangkan cara yang kedua adalah pilih menu pengaturan kemudian aktifkan Mode pesawat.

Langkah kedua yang harus Anda lakukan sesudah menyalakan Mode pesawat pada tablet adalah Anda harus mematikan Mode pesawat.

Langkah ketiga yang harus Anda lakukan sesudah mematikan Mode pesawat adalah Anda harus mematikan daya perangkat tablet tersebut.

Langkah keempat sesudah daya perangkat tablet tersebut dimatikan adalah kartu SIM yang sedang berada pada slot kartu SIM tablet harus dikeluarkan terlebih dahulu dari slot kartu SIM kemudian masukkan kembali kartu SIM pada slot kartu SIM tablet.


Langkah kelima sesudah Anda memasukkan kartu SIM pada slot kartu SIM tablet, nyalakan daya perangkat tablet tersebut. Sesudah daya perangkat tablet dinyalakan, kartu SIM akan langsung terbaca oleh tablet tersebut.

Tetapi jika pada Tab Belajar Elite 8 Inch merk Advan Anda sering terjadi kartu SIM tidak terbaca, lakukan saja kembali langkah-langkah di atas, karena saya mengalami sendiri hal yang berbeda pada dua tablet yang ada di rumah saya. 

Tablet yang satu cukup dilakukan satu kali saja langkah-langkah di atas kemudian berjalan normal kartu SIM selalu terbaca seterusnya. Sedangkan pada tablet yang satu nya lagi, sesudah dilakukan langkah-langkah di atas kartu SIM pun terbaca dan berjalan normal. Namun pada beberapa minggu ke depan, terjadi kembali kartu SIM tidak terbaca pada tablet yang kedua tersebut, kemudian saya atasi kembali dengan cara mengikuti langkah-langkah di atas dan kartu SIM pun terbaca kembali.


Itulah cara mengatasi kartu SIM tidak terbaca pada Tab Belajar Elite 8 Inch merk Advan, cara ini seharusnya hanya sekali saja dilakukan jika kartu SIM tidak terbaca pada tablet tersebut. Tetapi jika terjadi berulang, Anda tidak usah khawatir, ulangi saja langkah-langkah di atas agar kartu SIM bisa terbaca kembali.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar