Skip to main content

Cara Mudah Mengecek Saldo BPJS Ketenagakerjaan Anda, Tidak Repot dan Tidak Memerlukan Waktu Lama

Lunfix.com - Pada pembahasan kali ini saya akan membahas mengenai bagaimana cara mudah mengecek saldo BPJS Ketenagakerjaan Anda, tidak repot dan tidak memerlukan waktu lama, bagi Anda yang belum mengetahuinya, bisa Anda simak langkah-langkah cara mudah mengecek saldo BPJS Ketenagakerjaan Anda, tidak repot dan tidak memerlukan waktu lama di pembahasan ini.

Cara Mudah Mengecek Saldo BPJS Ketenagakerjaan Anda, Tidak Repot dan Tidak Memerlukan Waktu Lama

Cara Mudah Mengecek Saldo BPJS Ketenagakerjaan Anda, Tidak Repot dan Tidak Memerlukan Waktu Lama

 

Anda semua pasti sudah tahu dan sudah tidak asing lagi dengan kata BPJS, ya, kepanjangan dari BPJS adalah Badan Penyelenggara Jaminan Sosial. Lalu apakah itu BPJS Ketenagakerjaan ? BPJS Ketenagakerjaan adalah program publik yang memberikan perlindungan kepada tenaga kerja guna mengatasi risiko sosial ekonomi tertentu dan penyelenggaraannya menggunakan mekanisme asuransi sosial.

Sebelumnya, BPJS Ketenagakerjaan bernama JAMSOSTEK (Jaminan Sosial Tenaga Kerja), namun sejak 1 Januari 2014 berubah nama menjadi BPJS Ketenagakerjaan. 

Bagi semua perusahaan, wajib mendaftarkan para karyawannya untuk memiliki BPJS Ketenagakerjaan, dan bila tidak mendaftarkan BPJS Ketenagakerjaan para karyawannya, perusahaan tersebut akan mendapatkan sanksi berupa sanksi administratif, sanksi nya berupa teguran tertulis, denda, dan tidak mendapat layanan publik tertentu.

Tujuan dari adanya BPJS Ketenagakerjaan yaitu untuk memberikan jaminan dan perlindungan sosial bagi pekerja di seluruh Indonesia melalui 4 program, yaitu : Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Jaminan Hari Tua (JHT), Jaminan Kematian (JKM), dan Jaminan Pensiun (JP).

Anda sebagai pekerja pada perusahaan, harus memastikan bahwa anda sudah terdaftar pada BPJS Ketenagakerjaan yang didaftarkan oleh perusahaan di tempat anda bekerja, yaitu anda akan mempunyai Nomor Kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan beserta Kartu Peserta BPJS Ketenagakerjaan. Gaji anda akan dipotong oleh perusahaan pada setiap bulannya untuk membayar iuran BPJS Ketenagakerjaan.

Bila anda ingin mengecek saldo BPJS Ketenagakerjaan anda, anda dapat mengeceknya setiap saat dengan mudah, tidak repot dan tidak memerlukan waktu lama. Anda dapat mengecek saldo BPJS Ketenagakerjaan anda melalui website resmi BPJS Ketenagakerjaan atau melalui aplikasi BPJSTKU yang bisa didownload di play store bila anda sudah mempunyai Kartu Peserta BPJS Ketenagakerjaan.

Langkah-langkah Cara Mudah Mengecek Saldo BPJS Ketenagakerjaan Anda 


1. Mengecek Saldo BPJS Ketenagakerjaan Melalui Website Resmi BPJS Ketenagakerjaan


Siapkan Kartu Peserta BPJS Ketenagakerjaan anda, NIK KTP anda, dan alamat email anda, lalu buka website resmi BPJS Ketenagakerjaan dengan mengetik : https://sso.bpjsketenagakerjaan.go.id/, bila anda belum pernah mengecek saldo BPJS Ketenagakerjaan sebelumnya, anda harus mendaftarkan diri anda terlebih dulu, pilih Daftar Pengguna.



Pada menu pilihan akan ada pilihan : 
- Penerima Upah (PU),
- Bukan Penerima Upah (BPU),
- Pekerja Migran Indonesia (PMI).

Karena anda adalah pekerja pada perusahaan, maka pilih Penerima Upah (PU), dan masukkan alamat email anda, lalu pilih kirim.


Kode verifikasi akan dikirimkan ke alamat email yang anda masukkan tadi, buka email anda untuk melihat kode verifikasinya, lalu anda masukkan kode verifikasinya. Anda akan diberi waktu selama 60 detik, bila dalam waktu 60 detik belum berhasil memasukkan kode verifikasi, proses nya akan diulang, bila berhasil sebelum 60 detik berlalu, pilih verifikasi.

Sesudah itu akan muncul halaman Informasi Data Pengguna yang terdiri dari NIK, Nama Lengkap, Tanggal Lahir, Nomor Handphone, KPJ (diisi dengan Nomor Kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan anda), Kata Sandi (sesuai dengan yang anda inginkan), Konfirmasi Kata Sandi, bila sudah terisi semua, cek kembali, bila sudah yakin, pilih kirim.


Pendaftaran anda sudah berhasil, pilih oke.


Sekarang Login menggunakan alamat email anda yang sudah terdaftar, jangan lupa klik pada kotak yang bertuliskan Saya bukan robot.


Pilih menu Lihat Saldo JHT, saldo BPJS Ketenagakerjaan anda akan muncul, bila sudah selesai jangan lupa untuk pilih Logout pada garis 3 kanan atas.

2. Mengecek Saldo BPJS Ketenagakerjaan Menggunakan Aplikasi BPJSTK


Buka aplikasi play store di HP anda, ketik bpjstk mobile.


Di sini saya pilih BPJSTKU, lalu pilih Instal.


Setelah berhasil diinstal, buka aplikasinya BPJSTKU, siapkan Kartu Peserta BPJS Ketenagakerjaan anda, NIK KTP anda, dan alamat email anda.


Pilih Login.


Bila anda belum terdaftar, proses nya sama seperti mendaftar pada website resmi BPJS Ketenagakerjaan, yaitu pilih Buat Akun Baru.


Masukkan alamat email anda.


Sama seperti tadi di atas, kode verifikasi akan dikirimkan ke alamat email yang anda masukkan tadi, buka email anda untuk melihat kode verifikasinya, lalu anda masukkan kode verifikasinya. Anda akan diberi waktu selama 60 detik, bila dalam waktu 60 detik belum berhasil memasukkan kode verifikasi, proses nya akan diulang, bila berhasil sebelum 60 detik berlalu, pilih verifikasi.

Lalu isi data diri anda dengan benar termasuk Nomor Kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan anda.


Bila sudah berhasil, Login dengan menggunakan alamat email anda yang sudah didaftarkan.


Pilih Lihat Saldo, dan anda akan melihat berapa jumlah saldo BPJS Ketenagakerjaan anda. Bila sudah selesai jangan lupa untuk Logout, menu nya terdapat pada Profil di kanan bawah.

Kesimpulan


Proses cara mudah mengecek saldo BPJS Ketenagakerjaan Anda, tidak repot dan tidak memerlukan waktu lama sudah selesai, sekarang Anda bisa melakukan pengecekan saldo BPJS Ketenagakerjaan Anda kapan saja dan di mana saja, sangat mudah bukan mengecek saldo BPJS Ketenagakerjaan anda ?

Semoga bermanfaat..
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar