--> Skip to main content

Cara Praktis Memindahkan File Dari HP Ke PC Atau Laptop Dan Sebaliknya Tanpa Menggunakan Bluetooth Dan Kabel Data

Lunfix.com - Pada pembahasan kali ini saya akan membahas mengenai bagaimana cara praktis memindahkan file dari HP ke PC atau laptop dan sebaliknya tanpa menggunakan bluetooth dan kabel data, bagi Anda yang ingin mengetahuinya bisa Anda simak bagaimana cara praktis memindahkan file dari HP ke PC atau laptop dan sebaliknya tanpa menggunakan bluetooth dan kabel data di pembahasan ini.

Cara Praktis Memindahkan File Dari HP Ke PC Atau Laptop Dan Sebaliknya Tanpa Menggunakan Bluetooth Dan Kabel Data

Cara Praktis Memindahkan File Dari HP Ke PC Atau Laptop Dan Sebaliknya Tanpa Menggunakan Bluetooth Dan Kabel Data


Adakalanya kita memiliki file (gambar, foto, musik, video, dan dokumen) yang disimpan di HP yang kita gunakan, tetapi belum disimpan di PC atau laptop kita. Atau sebaliknya, kita memiliki file yang disimpan di PC atau laptop yang kita gunakan, tetapi belum disimpan di HP kita.

Apakah Anda pernah mengalami hal seperti ini ? Kalau saya secara pribadi sering mengalami hal seperti ini, dan adakalanya juga saya ingin memiliki file selain tersimpan di HP, juga tersimpan di PC atau laptop saya.

Apabila file hanya disimpan di HP saja, dan saya ingin memindahkannya ke PC atau laptop, ataupun saya ingin melakukan sebaliknya biasanya saya menggunakan bluetooth atau kabel data.

Ternyata, ada cara lain untuk memindahkan file dari HP ke PC atau laptop dan juga sebaliknya selain menggunakan bluetooth ataupun kabel data dengan proses pemindahan file yang tergolong praktis dan mudah menurut saya.

Dan belakangan ini pun, untuk memindahkan file dari HP ke PC atau laptop dan juga sebaliknya, saya sudah jarang menggunakan bluetooth dan kabel data, tetapi saya menggunakan cara lain tersebut, yaitu dengan menggunakan Google Drive.

Google Drive biasanya sudah terinstal pada HP yang kita beli, untuk penggunaannya pun menurut saya sangat praktis dan mudah, tetapi dalam prosesnya kita membutuhkan koneksi internet pada HP dan juga pada PC atau laptop kita.

Sebetulnya saya tergolong terlambat dalam hal menggunakan Google Drive, karena Google Drive sudah ada dari dulu, tepatnya Google Drive diluncurkan pada tanggal 24 April 2012. 

Google Drive merupakan layanan penyimpanan daring milik Google. Penggunaan Google Drive gratis selama penyimpanan kita tidak melebihi dari 15 GB, apabila penyimpanan kita pada Google Drive melebihi dari 15 GB, kita diharuskan membayar.

Baca juga : Cara Mudah Membuat Teks Menjadi Gambar GIF di HP


Langkah-langkah Cara Praktis Memindahkan File Dari HP Ke PC Atau Laptop Dan Sebaliknya Tanpa Menggunakan Bluetooth Dan Kabel Data


Untuk memindahkan file dari dari HP ke PC atau laptop dan juga sebaliknya dengan menggunakan Google Drive, menu yang tersedia pada Google Drive baik dibuka di HP maupun di PC atau laptop sama saja, hanya berbeda dalam penempatan menu nya.

Yang harus diperhatikan dalam menggunakan Google Drive adalah penggunaan akun Google yang sama, artinya kita harus masuk ke Google Drive baik itu di HP maupun PC atau laptop tidak boleh menggunakan akun Google yang berbeda, karena apabila kita menggunakan akun Google yang berbeda, proses memindahkan file dari HP ke PC atau laptop dan sebaliknya tidak akan berhasil dilakukan.


- Memindahkan File Dari HP Atau Laptop


Buka Drive di HP Anda, masuk ke Drive dengan akun Google Anda, apabila Drive belum terinstal di HP Anda, Anda tidak usah khawatir, Anda bisa mendownload aplikasi Google Drive di Play Store di HP Anda.


Pilih + (tambah) yang berada di sebelah kanan bawah.


Pilih Upload, fungsi dari menu Upload adalah untuk menyalin file yang akan Anda pindahkan dari HP ke PC atau laptop, dan file akan tersimpan di Drive. Pada menu Upload, pilih file yang akan Anda pindahkan.


Apabila Anda sudah memilih file yang akan dipindahkan (di sini saya memilih file berupa gambar), dan tampilannya seperti di atas, Anda klik saja Menunggu Wi-Fi pada file sampai file tersebut berhasil diupload di Drive.



Apabila file sudah berhasil diupload di Drive, file yang akan Anda pindahkan akan terlihat jelas.

Sampai pada tahap ini, proses penyimpanan file di Drive pada HP Anda sudah selesai.


- Menyimpan File Dari HP Ke PC Atau Laptop

Sesudah Anda melakukan langkah-langkah di atas, maka langkah selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah menyimpan file tersebut ke PC atau laptop Anda.

Masuk ke Google Drive di PC ataupun laptop Anda, buka di browser http://drive.google.com.


Pilih Kunjungi Google Drive.


Masuk ke Google Drive di PC atau laptop Anda dengan akun Google yang sama dengan akun Google yang Anda gunakan pada Drive di HP Anda.


Pilih Drive Saya, file yang sudah tersimpan di Drive pada HP Anda sudah muncul ketika dibuka di Google Drive di PC atau laptop Anda, karena sifatnya real time (waktu yang sama).


Klik kanan pada file, lalu pilih Download, atau klik 2x pada file, pilih Download. File akan tersimpan pada folder Download di PC atau laptop Anda.

Apabila Anda menghapus file tersebut pada salah satu Google Drive, baik file itu dihapus pada Drive di HP ataupun file dihapus pada Google Drive di PC atau laptop Anda, maka file tersebut akan terhapus pada keduanya, karena sifatnya yang real time.


Kesimpulan


Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, proses cara praktis memindahkan file dari HP ke PC atau laptop dan sebaliknya tanpa menggunakan bluetooth dan kabel data sudah selesai, praktis bukan caranya ? Apabila Anda ingin melakukan sebaliknya, yaitu memindahkan file dari PC atau laptop ke HP Anda, langkah-langkahnya sama seperti di atas, karena menu nya sama, hanya dibalik saja, langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah memindahkan file pada PC atau laptop Anda terlebih dulu, lalu lakukan proses menyimpan file tersebut dari PC atau laptop Anda untuk disimpan di HP Anda. Dan langkah-langkah di atas juga bisa diterapkan untuk memindahkan file dari HP ke HP.

Semoga bermanfaat..
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar