--> Skip to main content

10 Tips Mudik Aman Bagi Pemula, Baru Bisa Menyetir Mobil Sendiri

Lunfix.com - Pada pembahasan kali ini saya akan membahas mengenai 10 tips mudik aman bagi pemula, baru bisa menyetir mobil sendiri versi saya, bila Anda ingin mengetahuinya, bisa Anda simak hal apa saja yang termasuk 10 tips mudik aman bagi pemula, baru bisa menyetir mobildi pembahasan ini.


10 Tips Mudik Aman Bagi Pemula, Baru Bisa Menyetir Mobil Sendiri


"Kalau tidak mudik, berasa tidak lebaran ya.."

Kalimat di atas mungkin sering anda dengar juga, bagi sebagian orang, yang tempat tinggalnya bukan di kampung halamannya sendiri, pasti ingin mudik setiap kali lebaran. Alasan pastinya karena ingin bersilaturahmi dengan orang tua dan saudara tercinta setelah sekian lama tidak mudik.

Karena sibuk dengan aktivitasnya sehari-hari, tidak memungkinkan bagi orang-orang tersebut untuk mudik setiap bulannya, apalagi lokasi kampung halamannya harus menyeberangi pulau, selain membutuhkan dana segar yang cukup banyak, juga waktu yang dibutuhkan untuk mudik memerlukan beberapa hari, tidak akan cukup untuk mudik hanya di hari libur sabtu dan minggu saja.

Begitupun dengan anda yang kampung halamannya masih di pulau Jawa, untuk mudik di hari libur sabtu dan minggu tidak cukup rasanya, karena waktunya habis di jalan, apalagi bila jalanan yang hendak anda lalui terdapat banyak titik kemacetan, seperti banyaknya pasar yang anda lalui, pasar identik dengan kemacetan.

Libur lebaran, hari liburnya lebih lama dari hari libur biasanya, di waktu inilah anda dapat menggunakan waktu yang ada untuk membuang rasa kangen dengan orang tua dan saudara tercinta anda. Apalagi bila orang tua anda masih lengkap keduanya, mereka pasti sangat merasa rindu dengan anda.

Bagi anda yang hendak mudik, anda dapat menggunakan transportasi umum atau kendaraan pribadi. Bila anda baru bisa menyetir mobil sendiri dan ingin mudik, anda harus memperhatikan beberapa hal agar mudik anda aman di jalan, mengingat perjalanan di kala mudik pasti akan terjadi kemacetan yang panjang.

Inilah 10 Tips Mudik Aman Bagi Pemula, Baru Bisa Menyetir Mobil Sendiri


1. Pastikan Anda Sudah Mempunyai SIM dan Selalu Membawanya

Bagi siapapun yang membawa kendaraan, dipastikan harus membawa SIM, termasuk anda juga yang baru bisa menyetir mobil sendiri, pastikan anda sudah membuat SIM dan selalu membawanya, karena itu termasuk salah satu aturan yang harus anda patuhi ketika anda berada di jalan dan membawa kendaraan.

2. Service dan Cek Mobil Anda Terlebih Dulu


10 Tips Mudik Aman Bagi Pemula, Baru Bisa Menyetir Mobil Sendiri

Sebelum anda mudik, yang harus anda lakukan adalah service dan cek mobil anda terlebih dulu, baik itu ke bengkel resmi atau ke bengkel non resmi langganan anda yang dapat dipercaya tentunya. Cek segala sesuatunya mobil anda, agar ketika anda sedang mudik, tidak ada kendala yang berarti yang mendatangi anda. Selain biayanya akan lebih mahal bila terjadi sesuatu di jalan, tentu itu akan menghabiskan banyak waktu anda.

3. Pakai Sabuk Pengaman

Bila anda mudik dengan keluarga, pastikan anda dan keluarga anda yang duduk di depan sebelah anda, harus memakai sabuk pengaman demi keamanan anda, dan ini juga termasuk salah satu aturan yang harus anda patuhi.

4. Membawa Kartu E-Money dan Tongkat Kartu Tol



Bagi anda yang belum tahu, pembayaran di gerbang tol sudah tidak menerima pembayaran secara tunai sejak bulan Oktober 2017. Anda harus membayar non tunai dengan menggunakan kartu e-money, terdapat banyak pilihan kartu e-money. Kartu e-money yang praktis dan tidak mengharuskan anda mempunyai rekening di bank, anda dapat membeli kartu e-money tersebut di Indomaret, dan pastikan saldo anda di kartu e-money tersebut cukup. Untuk memudahkan anda melakukan pembayaran di gerbang tol, anda dapat menggunakan tongkat kartu tol.

5. Pastikan AC Mobil Anda Berfungsi

Tidak menutup kemungkinan, ketika anda berada di jalan mudik, hujan turun. Walaupun anda pemakai mobil lama, dan AC mobil anda tidak sedingin mobil baru, yang terpenting AC mobil anda dapat digunakan ketika hujan turun. Karena ketika hujan turun, anda membutuhkan AC tersebut untuk menghindari embun di kaca mobil anda yang dapat menggangu penglihatan anda selama berkendara.

6. Fokus dan Jangan Ragu-Ragu Ketika Menyetir Mobil di Jalanan, Terlebih Ketika Jalanan Macet

Ketika anda sedang di perjalanan mudik, anda diwajibkan untuk fokus ketika sedang menyetir mobil, terlebih ketika anda menemui jalanan yang macet panjang, atur gas mobil anda ketika dalam keadaan macet yang lajunya perlahan-lahan. Anda juga jangan ragu-ragu untuk membuat setiap keputusan yang anda ambil ketika berada di jalanan, bila anda ragu-ragu, anda akan mengganggu pengendara lain. 

7. Jaga Jarak Aman Dengan Kendaraan di Depan Anda

Selalu jaga jarak aman dengan kendaraan anda di depan, terlebih ketika sedang macet di tanjakan, tidak menutup kemungkinan kendaraan di depan anda akan mundur terlebih dulu sebelum jalan kembali. Bila kemacetan yang terjadi panjang dan diam dalam waktu yang lama, anda dapat menggunakan rem tangan dan posisikan pada gigi netral, dan apabila diperlukan, anda dapat mematikan mesin mobil anda sementara waktu, agar tidak terjadi overheat.

8. Istirahat Setelah Menyetir Mobil Selama 3 Jam

Menyetir mobil dalam keadaan sedang berpuasa dan tidak berpuasa, ada perbedaan, dalam keadaan berpuasa, konsentrasi anda ketika menyetir mobil dapat berkurang. Sebaiknya setelah 3 jam menyetir mobil, anda beristirahat terlebih dulu, anda dapat melakukan peregangan atau santai sejenak agar rasa lelah hilang sehingga anda dapat berkonsentrasi kembali, lalu anda dapat melanjutkan kembali perjalanan mudik anda.

9. Jangan Mengebut Ketika Menyetir Mobil

Perjalanan ketika mudik, waktu perjalanan anda ke kampung halaman tidak dapat diprediksi, misalkan di hari biasanya dapat ditempuh hanya 6 jam, di kala mudik, dapat lebih dari 6 jam, bahkan dapat lebih dari 10 jam. Bagi anda yang baru bisa menyetir mobil sendiri, jangan mengebut ketika menyetir karena ingin cepat sampai ke kampung halaman. Ingat, jalanan bukan ajang untuk balapan, keselamatan anda dan keluarga sampai di kampung halaman dengan selamat itu hal yang paling penting.

10. Patuhi Semua Rambu Lalu Lintas

Untuk anda yang membawa kendaraan sendiri, sudah sepatutnya anda memahami rambu lalu lintas yang ada. Selalu taati dan patuhi rambu lalu lintas yang anda anda temui ketika menyetir mobil, seperti ketika anda berada di jalan tol, batas kecepatan bawah 60 km, dan kecepatan maksimal 80 km, sebaiknya anda patuhi, atau lajur kanan hanya untuk mendahului, maka sebaiknya posisi mobil anda berada di lajur tengah bila terdapat 3 lajur, lajur kiri biasanya untuk truk, bila anda hendak menyalip kendaraan di depan anda, anda dapat menggunakan lajur kanan lalu kembali lagi ke lajur tengah.

Itulah 10 tips mudik aman bagi pemula, baru bisa menyetir mobil sendiri versi saya, selalu fokus dan patuhilah semua rambu lalu lintas ketika Anda sedang berada di jalan demi keselamatan Anda dan keluarga tercinta, karena saat Anda berada di jalan, jadilah yang bisa diandalkan ketika Anda berada di jalan.

Semoga bermanfaat..
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar