--> Skip to main content

Ternyata, Inilah Yang Membuat Orang Tua Bangga Terhadap Anaknya

Lunfix.com - Ternyata, inilah yang membuat orang tua bangga terhadap anaknya, tanpa kita sadari, hal sederhana ini merupakan salah satu kebanggaan kita terhadap anak kita, bisa jadi pemikiran Anda dengan pemikiran saya berbeda, tetapi bagi saya, hal inilah yang membuat orang tua bangga terhadap anaknya.

Ternyata, Inilah Yang Membuat Orang Tua Bangga Terhadap Anaknya

Ternyata, Inilah Yang Membuat Orang Tua Bangga Terhadap Anaknya


Anak merupakan anugerah terindah dari Allah SWT sekaligus merupakan titipan yang harus kita jaga dengan sebaik-baiknya. Banyak pasangan yang telah menikah menginginkan kehadiran anak dalam kehidupan rumah tangganya.

Namun, tidak semua pasangan yang telah menikah, bisa langsung mempunyai anak, ada yang memang belum dikasih oleh Allah SWT, ada yang memang tidak bisa mempunyai anak, dan ada juga yang ingin menunda kehamilan, lalu sewaktu ingin mempunyai anak ke depannya, agak susah hamil, sebaiknya tidak ditunda-tunda untuk pasangan yang baru menikah.

Bila belum dikasih kesempatan untuk mempunyai anak, yang harus kita lakukan adalah terus berusaha sambil berdo'a agar kita bisa mempunyai anak, dan yang paling penting kita harus bersabar, juga selalu berpikiran positif, segala sesuatunya telah diatur oleh Allah SWT.

Bila anda termasuk pasangan yang telah menikah dan belum mempunyai anak, jangan khawatir dan jangan pesimis, ada pasangan lain yang telah lama menikah, belum juga dikasih anak, baru pada usia pernikahannya yang ke 9 tahun, bisa hamil dan mempunyai anak, saya salut dengan pasangan tersebut, selama 9 tahun, mereka tidak mengeluh dan selalu setia, dan mereka adalah almarhum orang tua saya.

Kita sebagai anak, walaupun ketika kita masih kecil, selalu ada rasa ingin membuat bangga orang tua kita. Kita pasti akan melakukan hal yang baik dan terus berusaha bagaimana caranya agar orang tua merasa bangga kepada kita, dan saya juga merasakan hal itu. Ketika saya masih kecil, bila ditanya cita-citanya ingin menjadi apa, pasti tidak jauh dari jawaban ingin menjadi orang sukses dan membahagiakan orang tua.

Walaupun pada kenyataannya hidup kita sekarang belum sesukses seperti para crazy rich, ternyata orang tua kita tidak lantas menjadi tidak merasa bangga terhadap kita sebagai anaknya, mereka akan selalu bangga kepada kita apapun adanya kita, kenapa bisa begitu ?

Inilah Yang Membuat Orang Tua Bangga Terhadap Anaknya


Saya baru mengetahui jawabannya setelah saya mempunyai anak, dan itupun setelah saya menunggu 1 tahun, ternyata, hanya dengan lahirnya saja anak kita, itu sudah membuat bangga kita sebagai orang tua, dan saya sebagai orang tua tidak akan menuntut apa-apa terhadap anak saya, yang saya inginkan hanyalah anak saya bisa menjadi anak yang soleh dan selalu berada di jalan Allah SWT. Bila anak kita sukses dalam hal duniawi, bisa kita anggap itu sebuah bonus dalam kehidupannya, kita sebagai orang tua harus selalu mendo'akannya.

Pantas saja, orang tua saya tidak menuntut saya agar menjadi apa, saya dibebaskan untuk memilih sendiri apa yang menjadi keinginan saya selama itu positif dan hal baik.

Harta duniawi bukanlah segalanya di dunia ini, walaupun kehidupan di dunia membutuhkan harta, tetapi anak adalah harta yang paling berharga untuk kita sebagai orang tua. Ada 3 amalan yang tidak akan terputus, yaitu :
1. Sedekah jariyah,
2. Ilmu yang bermanfaat,  
3. Anak soleh yang mendo'akan orang tuanya.

Anak yang soleh termasuk ke dalam 3 amalan yang tidak akan terputus, maka kita harus mendidik anak dan mengajarkan anak kepada hal-hal yang baik, jangan terlalu mengajarkan anak untuk selalu mengejar keduniawian, ajarkan anak kita untuk mengejar akhirat, karena kehidupan nanti di akhirat adalah kehidupan yang kekal, dan bila kita mengejar akhirat karena Allah SWT, dunialah yang akan mengejar kita nanti.

Kita sebagai orang tua, harus menjaga anak kita dengan baik. Ada contoh perumpamaan, bila kita diminta tolong untuk menjaga cucu Presiden, mungkin kita akan semaksimal mungkin menjaga cucu Presiden dengan sebaiknya dan memastikan cucu Presiden selalu dalam keadaan baik. Sedangkan kita sebagai orang tua yang dititipkan anak langsung oleh Allah SWT Yang Maha Pemberi Rezeki, masa kita akan menjaga anak kita dengan ala kadarnya saja.

Perihal anak kita setelah dewasa nanti akan sukses atau tidaknya, serahkan semuanya kepada Allah SWT, tugas kita yaitu untuk selalu membimbing nya ke jalan yang lurus. Seseorang yang bisa disebut sukses menurut saya adalah bukan orang yang hartanya banyak saja, melainkan orang yang kuat dalam iman dan ketakwaannya kepada Allah SWT.

Setiap orang mempunyai zona waktunya masing-masing. Kita tidak perlu merasa iri bila orang lain sukses duluan, bisa jadi di saat orang lain sukses, itu memang belum masuk ke dalam zona waktu kita untuk sukses. Akan ada saatnya kita memasuki zona waktu kesuksesan kita sendiri, karena Allah SWT selalu memberikan kita apa yang memang kita butuhkan, bukan memberikan apa yang kita inginkan, dan segala sesuatunya selalu tepat pada waktunya. 

Ternyata, inilah yang membuat orang tua bangga terhadap anaknya menurut pemikiran saya, dan memang bisa jadi berbeda dengan pemikiran Anda, karena setiap manusia akan berbeda-beda dalam hal pemikiran dan kita harus selalu menghargai perbedaan tersebut. Selalu semangat dalam membimbing anak kita dan mendidiknya, kita sebagai orang tua, apalagi sebagai kepala keluarga, adalah orang yang paling bertanggung jawab dalam keluarga kita, jangan sampai keluarga kita berada jauh dari Allah SWT, itu lebih penting dari hal apapun dari seisi dunia ini.

Semoga bermanfaat..
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar