--> Skip to main content

Cara Membuat Foto Bokeh Dengan HP Android Yang Ada, Tidak Usah Beli HP Baru

Lunfix.com - Pada pembahasan kali ini saya akan membahas mengenai bagaimana cara membuat foto bokeh dengan HP android yang ada, tidak usah beli HP baru, bagi Anda yang belum mengetahuinya, bisa Anda simak langkah-langkah cara membuat foto bokeh dengan HP android yang ada di pembahasan ini.

Cara Membuat Foto Bokeh Dengan HP Android Yang Ada, Tidak Usah Beli HP Baru

Cara Membuat Foto Bokeh Dengan HP Android Yang Ada, Tidak Usah Beli HP Baru


Foto bokeh dapat diartikan sebagai foto yang memfokuskan pada bagian tertentu, dan mengaburkan (blur) bagian lainnya.

Ada beberapa tujuan dibuatnya foto bokeh, yaitu untuk keperluan seni fotografi agar telihat lebih artistik, untuk mengaburkan bagian foto yang tidak kita inginkan, dan untuk menonjolkan bagian tertentu pada foto tersebut agar jelas.

Foto bokeh dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif untuk mendapatkan hasil foto yang bagus. Agar hasil foto kita tidak monoton, foto bokeh adalah salah satu solusinya.

Bagi para fotografer profesional, mungkin membuat foto bokeh dengan kamera yang berharga mahal sangat mudah untuk dilakukan, apalagi didukung dengan penguasaan teknik fotografi yang mumpuni. Tetapi, kita yang bukan fotografer profesional pun dapat membuat foto bokeh cukup dengan menggunakan HP kita.

Pada HP keluaran terbaru sekarang ini, sudah ada menu untuk membuat foto bokeh pada setelan menu kameranya, tinggal foto saja dengan menggunakan menu foto bokeh, sudah langsung menghasilkan foto bokeh, sangat mudah sekali ya.

Bagi kita pemakai HP yang lama, yang belum terdapat menu foto bokeh pada menu kameranya, tidak usah khawatir, kita tidak usah dulu membeli HP yang baru untuk membuat foto bokeh, sekarang banyak tersedia aplikasi untuk membuat foto bokeh yang sangat mudah dalam pembuatannya. Sayang kan kalau kita harus membeli HP baru di saat ada keperluan lain yang lebih penting.

Langkah-langkah Cara Membuat Foto Bokeh Dengan HP Android Yang Ada



Buka aplikasi play store pada HP kita, lalu ketik saja kamera bokeh.



Akan muncul banyak aplikasi untuk membuat foto bokeh, pada pembahasan ini, yang saya pilih adalah DSLR Camera Blur Background, Bokeh Effects Photo, pilih Instal.


Setelah berhasil diinstal, buka aplikasinya, DSLR Blur, pilih Blur.


Pilih New.


Ada 2 pilihan, pilih foto yang akan kita edit menjadi foto bokeh dari galeri foto kita, atau kita ambil foto secara langsung. Saya akan memilih foto dari galeri foto saya, pilih Choose From Gallery.

Sebelum Diedit
Setelah memilih foto yang akan diedit, maka tampilannya akan seperti di bawah, semua bagian fotonya blur.


Atur Blurriness dan Brush Size sesuai dengan selera anda. Blurriness berfungsi untuk mengatur kadar kekaburan foto, dan Brush Size berfungsi untuk mengatur besar kecilnya bagian blur menjadi tidak blur atau untuk membuat bagian foto tidak blur menjadi blur.

Clean, untuk menghapus bagian foto blur menjadi tidak blur.

Blur, untuk membuat bagian foto yang tidak blur menjadi blur.


Pilih Offset, dan atur Adjust Brush Offset sesuai dengan selera anda, fungsinya untuk memudahkan jari kita ketika membuat bagian foto blur menjadi tidak blur atau bagian foto tidak blur menjadi blur, posisi penghapusnya bisa terletak di atas jari kita atau tepat jari kita, pilih sesuai dengan kenyamanan anda.

Foto yang akan saya edit menjadi foto bokeh, adalah untuk menonjolkan mobil yang berwarna kuning. Saya akan membuat mobil yang berwarna kuning menjadi tidak blur dan bagian lainnya menjadi blur. 

Sesudah diatur semuanya, Blurriness, Brush Size, Offset dan Adjust Brush Offset, pilih Clean untuk dan diarahkan kepada bagian foto mobil yang berwarna kuning dengan rapi.


Akan tampak hasilnya seperti gambar di atas. 


Sesudah yakin dengan editan yang kita buat, pilih Save, dan pilih Yes.

Kesimpulan


Proses cara membuat foto bokeh dengan HP android yang ada, tidak usah beli HP baru sudah selesai, foto bokeh anda sudah jadi, sangat mudah sekali bukan cara pembuatannya ? Hasil editan foto bokeh akan tersimpan pada galeri foto kita, pada folder DSLR Blur. Dan kita bisa berhemat jutaan rupiah untuk tidak membeli HP yang baru demi hanya untuk membuat foto bokeh, lebih baik manfaatkan terlebih dulu HP yang ada.

Semoga bermanfaat..
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar