--> Skip to main content

Cara Membersihkan Saluran Tempat Mencuci Piring Yang Mampet, Sangat Mudah Sekali

Lunfix.com - Pada pembahasan kali ini saya akan membahas mengenai bagaimana cara membersihkan saluran tempat mencuci piring yang mampet, sangat mudah sekali, bagi Anda yang belum mengetahuinya, bisa Anda simak langkah-langkah cara membersihkan saluran tempat mencuci piring yang mampet di pembahasan ini.

Cara Membersihkan Saluran Tempat Mencuci Piring Yang Mampet, Sangat Mudah Sekali

Cara Membersihkan Saluran Tempat Mencuci Piring Yang Mampet, Sangat Mudah Sekali 


Mencuci piring merupakan salah satu aktivitas rumah tangga yang wajib dilakukan pada setiap harinya, agar rumah selalu terlihat bersih dan enak untuk dilihat, karena tidak adanya cucian piring, gelas, dan peralatan dapur lainnya yang menumpuk belum dicuci.

Rumah yang kita tinggali pada awal-awal, biasanya belum terdapat masalah pada saluran tempat mencuci piring, karena kotoran yang terbuang saat mencuci piring dan lainnya masih terbilang sedikit. Tetapi lama kelamaan, saluran tempat mencuci piring bisa mampet, dikarenakan sudah banyaknya kotoran sisa makanan atau sisa masakan yang ikut terbuang pada saat piring atau lainnya dicuci.

Bila mampet sudah terjadi pada saluran tempat mencuci piring di rumah kita, yang ditandai dengan tidak bisa turunnya air ke dalam saluran tempat mencuci piring, dan air meluap ke atas, tentu akan merepotkan kita. Mencuci piring menjadi tidak bisa dilakukan pada tempatnya, dan untuk sementara waktu pindah tempat terlebih dulu ke kamar mandi atau di teras rumah, hal itu membuat kegiatan mencuci piring menjadi tidak menyenangkan.

Walaupun terkadang kita sudah merawat tempat cuci piring, misalkan dengan rutin selalu disiram dengan air panas setiap 1 minggu sekali, lalu sisa makanan di piring yang akan dicuci sudah dibuang, atau sisa masakan di wajan setelah memasak yang akan dicuci sudah dibuang juga, saluran tempat cuci piring mampet tidak bisa dihindari.

Kenapa bisa begitu ? Mampet pada saluran tempat mencuci piring dapat terjadi karena paralon saluran tempat mencuci piring jalurnya berbelok-belok, dan ukuran paralonnya kecil, lalu pada siku belokannya terkadang sisa makanan yang belum sempat dibuang sebelum mencuci piring, tidak terbawa oleh air, atau pada paralon yang posisinya datar, tidak terbawa juga oleh air, sehingga sedikit demi sedikit menumpuk dan lama-lama terjadi penumpukan kotoran yang menyebabkan saluran menjadi mampet.

Bagi yang belum tahu bagaimana membersihkannya, biasanya akan disarankan untuk menggunakan soda api, atau didorong menggunakan kawat agak tebal yang dibalut dengan kain seukuran paralon tetapi kawatnya lentur dan bisa mengikuti jalur paralon yang berbelok-belok dari lubang atas, atau membongkar lantai bawah tempat cuci piring pada posisi siku belokannya, agar memudahkan pendorongan kotoran sisa makanan atau sisa masakan menggunakan kawat tersebut, dan hal itu pernah dilakukan di rumah saya dan dikerjakan oleh tukang yang dipanggil ke rumah.

Ternyata, setelah dicoba cara-cara di atas oleh tukang, bila mampet pada saluran tempat cuci piring telah terjadi, cara-cara tersebut tidak berhasil. Bila lantai bawah sudah dibongkar dan mencoba membersihkan saluran tempat mencuci piring dengan cara didorong menggunakan kawat yang dibalut dengan kain, air dari paralon tersebut akan meluap keluar dan masuk ke dalam area dapur kita, dan aroma air yang keluar dari paralon tersebut berbau sangat tidak sedap, dan baunya baru bisa hilang setelah beberapa hari.

Pada akhirnya saya menemukan cara untuk mengatasi saluran tempat mencuci piring yang mampet, dan dapat dilakukan oleh saya sendiri, tidak perlu lagi memanggil tukang ke rumah.

Perlengkapan Yang Harus Disiapkan Untuk Membersihkan Saluran Tempat Mencuci Piring Yang Mampet 


Sebelum memulainya, yang harus anda persiapkan adalah alatnya, anda harus membelinya terlebih dulu pipe cleaner dengan panjang 10 meter di toko online, saya membeli pipe cleaner di shopee dengan harga Rp 135.000,-.


Pipe Cleaner
Setelah anda mendapatkan pipe cleaner, sebaiknya persiapkan juga sarung tangan, untuk sarung tangan kembali lagi kepada anda akan menggunakannya atau tidak, itu merupakan pilihan. Tetapi saya sarankan untuk memakainya, karena kotoran di dalam saluran tempat mencuci piring berbau tidak sedap, gunakan sarung tangan yang sekali pakai saja.


Setelah anda memiliki keduanya, pipe cleaner dan sarung tangan, hal lain yang harus anda siapkan adalah lap kering, lalu anda bisa langsung mengerjakannya, caranya sangat mudah sekali, tanpa harus ada tembok yang dibongkar atau air yang meluap keluar ke lantai area dapur.

Langkah-langkah Cara Membersihkan Saluran Tempat Mencuci Piring Yang Mampet, Sangat Mudah Sekali 


1. Buka saringan pada saluran tempat mencuci piring anda, jangan lupa untuk memakai dulu sarung tangan anda sebelumnya.

2. Buka penutup ujung pipe cleaner, lalu masukkan ujung pipe cleaner ke dalam saluran tempat mencuci piring, bisa dengan cara diputar ke sebelah kiri yang berwarna biru, atau tarik saja pipe cleaner ke arah bawah saluran tempat mencuci piring. 

3. Bila pipe cleaner sudah sampai pada bagian yang mampet, biasanya kotorannya sudah menjadi keras dan agak susah untuk dibersihkan, terus saja putar yang berwarna biru pada pipe cleaner ke arah kiri secara terus menerus sampai pipe cleaner mendorong kotoran tersebut, dan lama-kelamaan kotoran akan terdorong.

4. Bila kotoran mulai terdorong, kran air dibuka saja sambil memutar terus pipe cleaner ke arah kiri yang berwarna birunya, dengan bantuan air yang mengalir, kotoran akan lebih mudah terbuang sampai ke selokan.

5. Setelah kotoran sudah terdorong semua ke selokan dan sudah yakin bersih tidak ada kotoran yang mampet, yaitu ditandai dengan membuka kran air terus-menerus dan pembuangan air nya lancar tidak mampet, maka tarik saja pipe cleaner yang berwarna biru ke arah kanan, sambil pipe cleaner ditarik ke dalam wadahnya, air kran jangan dulu dimatikan, agar sekalian dibersihkan pipe cleanernya. Gunakan lap kering untuk mengeringkan pipe cleaner yang sedang ditarik ke atas semuanya, agar bersih.

Kesimpulan


Langkah-langkah cara membersihkan saluran tempat mencuci piring yang mampet sudah selesai, sangat mudah sekali bukan pengerjaannya ? Dan bila sudah mempunyai pipe cleaner di rumah, anda dapat membersihkan tempat saluran mencuci piring anda dengan rutin, dan tidak perlu khawatir lagi dengan masalah mampet pada saluran tempat mencuci piring anda, karena saluran tempat mencuci piring anda akan selalu terbebas dari mampet.

Semoga bermanfaat..
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar