--> Skip to main content

Cara Mudah Membuat Watermark Pada Foto

Lunfix.com - Pada pembahasan kali ini saya akan membahas mengenai bagaimana cara mudah membuat watermark pada foto, bagi Anda yang belum mengetahuinya, bisa Anda simak langkah-langkah cara mudah membuat watermark pada foto di pembahasan ini.


Cara Mudah Membuat Watermark Pada Foto
Foto sebelum dipasang watermark

Cara Mudah Membuat Watermark Pada Foto 


Pengertian watermark menurut aplikasi kamusku yang diinstal dari play store, adalah kb. cap air, -kkt. memberi cap air

Watermark dapat kita artikan sebagai tanda berupa tulisan atau logo pada sebuah karya digital atau manual yang dibuat oleh pemiliknya untuk menunjukkan hasil karya digital atau manual tersebut adalah miliknya. Watermark juga bisa berfungsi sebagai sebuah identitas dari pemiliknya.

Watermark kerap kali digunakan pada foto atau video yang kita buat untuk melindungi karya tersebut agar tidak sembarangan digunakan oleh orang lain. Terkadang kita tidak ingin hasil foto atau video yang sudah kita buat, apalagi didapat dengan susah payah, dengan mudahnya digunakan oleh orang lain, dan tanpa izin pula.

Biasanya watermark digunakan oleh fotografer, blogger, dan para penjual barang secara online. Selain mereka menggunakan watermark pada foto mereka agar tidak digunakan oleh orang lain, watermark juga mereka gunakan sebagai sarana informasi untuk mengiklankan mengenai diri mereka kepada para pengunjung online, karena watermark berupa tulisan dapat berisi alamat email, domain blog, nomor telephone, atau lainnya.

Pada situs yang menjual hasil foto para fotografer profesional dengan harga yang tidak murah, bisa dipastikan pada setiap foto yang ditawarkan akan terdapat watermark, setelah anda melakukan kesepakatan untuk membeli dan melakukan pembayaran, watermark nya akan dihilangkan, dan foto tersebut sepenuhnya menjadi milik anda.

Ternyata, penggunaan watermark itu sangat penting agar orang lain dapat menghargai dan mencegah agar tidak terjadi penyalahgunaan ilegal terhadap hasil karya digital atau manual milik kita.

Apakah anda sudah tahu cara pembuatan watermark pada foto ? Pada pembahasan ini, saya akan membahas bagaimana cara membuat watermark berupa tulisan pada foto menggunakan aplikasi Add Watermark, yang dapat didownload di play store.

Langkah-langkah Cara Mudah Membuat Watermark Pada Foto 




Buka aplikasi play store pada HP anda, lalu ketik watermark foto.


Akan tersedia banyak pilihan aplikasi untuk membuat watermark pada foto, di sini yang akan saya gunakan adalah Tambahkan Tanda Air di Foto, lalu Instal.


Setelah berhasil diinstal, buka aplikasinya Add Watermark.


Pilih Ok.


Pilih Create Watermark.


Pilih Text, karena yang akan saya buat di sini adalah watermark berupa tulisan. Selain tulisan, pembuatan watermark pada aplikasi Add Watermark bisa juga menggunakan gambar dari pilihan yang tersedia.


Masukkan tulisan yang ingin anda tampilkan sebagai watermark, di sini saya akan mengisi dengan domain blog saya, bloglukmannugraha.blogspot.com.


Akan muncul tampilan seperti di atas, lalu anda pilih saja jenis huruf, warna, agar lebih menarik tampilannya anda bisa menambahkan shadow, background, atau 3 Dimensi sesuai dengan selera anda pada pilihan yang tersedia.

Tombol Panah sebelah kiri yang terdiri dari tombol panah atas, bawah, kanan, kiri, berfungsi untuk penempatan tulisan yang anda buat, umumnya penempatan tulisan untuk watermark berada di tengah atau di kanan bawah pada foto, atau bisa terletak dimanapun yang penting tidak menghalangi gambar pada foto yang akan anda beri watermark.

Duplicate : Untuk memperbanyak tulisan yang sudah anda buat.

Edit : Untuk merubah tulisan yang telah anda buat.


Di sini, saya merubah jenis huruf dan memilih warna hitam untuk tulisan yang saya buat. Setelah anda yakin dengan tulisan yang buat, pilih contreng kanan atas.


Watermark anda sudah berhasil dibuat, sekarang saatnya untuk menambahkan watermark yang anda buat pada foto pilihan anda, pilih Images, lalu pilih foto yang akan anda pasang watermark, bisa lebih dari 1, maksimal 5 foto, pilih contreng kanan bawah.


Setelah anda memilih foto, watermark akan menempel pada foto yang telah anda pilih. Atur dan tempatkan posisi watermark sesuai dengan keinginan anda. Watermark tersebut juga bisa diperbesar atau diperkecil, dengan cara menggeser panah ujung kanan bawah ke atas atau ke bawah.


Di sini saya akan letakkan posisi watermark pada foto di bagian tengah atas. Setelah menempatkan posisi watermark sesuai dengan keinginan anda, atur tingkat transparansinya agar tidak mengganggu gambar pada foto anda, dan jangan sampai watermark nya tidak terlihat juga, bila sudah yakin, pilih contreng kanan atas.


Pilih save, gambar disket pada kanan atas.

Foto setelah dipasang watermark
Pembuatan dan pemasangan watermark pada foto anda sudah selesai, dan hasilnya tersimpan pada folder Add Watermark.

Bila foto yang lainnya akan dipasang watermark dengan tulisan yang sama, anda tidak perlu lagi membuatnya dari awal.


Buka kembali aplikasi Add Watermark, pilih Apply on Images, lalu pilih foto yang akan dipasang watermark, foto yang dipilih bisa lebih dari 1, maksimal 5 foto.


Pilih kotak ketiga pada baris kedua, terdapat watermark yang sudah anda buat tadi, lalu pilih select.

Langkah selanjutnya seperti tadi di atas, atur dan tempatkan watermark sesuai dengan keinginan anda pada foto, dan jangan lupa untuk mengatur tingkat transparansinya, bila sudah yakin, pilih contreng kanan atas, lalu pilih save, gambar disket pada kanan atas.

Kesimpulan


Proses cara mudah membuat watermark pada foto sudah selesai, dengan memasang watermark pada foto anda, membuat orang lain untuk berpikir beberapa kali bila mereka ingin memakai foto anda untuk keperluan mereka, karena identitas anda sudah melekat pada foto itu. Dan alasan lain dari penggunaan watermark pada foto adalah bahwa anda tidak menginginkan foto anda tersebut digunakan oleh orang lain dengan seenaknya.

Semoga bermanfaat..
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar