--> Skip to main content

Cara Menghapus Background Pada Foto di HP Anda

Lunfix.com - Pada pembahasan kali ini saya akan membahas mengenai bagaimana cara menghapus background pada foto di HP Anda, bagi Anda yang belum mengetahuinya, bisa Anda simak langkah-langkah cara menghapus background pada foto di HP Anda di pembahasan ini. 


Cara Menghapus Background Pada Foto di HP Anda


Cara Menghapus Background Pada Foto di HP Anda


Menghapus background pada foto biasanya dilakukan dengan menggunakan aplikasi photoshop pada PC atau laptop, dan tidak semua orang paham akan penggunaan aplikasi photoshop.

Memang, aplikasi photoshop merupakan aplikasi yang terbilang lengkap dalam hal untuk pengeditan foto, dan penggunaan photoshop mungkin tergolong mudah bagi orang yang sudah mengerti dan paham akan detail dari aplikasi photoshop.

Ada beberapa tujuan dari menghapus background foto oleh penggunanya, diantaranya :
- untuk mengganti background foto sesuai dengan yang diinginkan, seperti mengganti warna background pada pas foto dari warna merah menjadi warna biru,
- untuk menyatukan foto yang satu dengan foto yang lain agar seolah-olah terlihat nyata, agar terlihat bukan hasil editan, 
- untuk membuat sticker menggunakan foto diri kita atau foto lain pada whatsapp pun membutuhkan penghapusan background pada foto terlebih dulu.

Bagi kita orang awam yang bukan sebagai seorang designer grafis ataupun fotografer yang paham akan penggunaan aplikasi photoshop, jangan khawatir, kita orang awam pun dapat mengedit menghapus background pada foto dengan menggunakan aplikasi pada HP yang dapat kita download pada play store, nama aplikasinya Background Eraser.

Langkah-langkah Cara Menghapus Background Pada Foto di HP Anda




Buka play store pada HP anda, ketik Background Eraser Photo.


Akan muncul banyak pilihan aplikasi untuk menghapus background pada foto, saya pilih Penghapus Latar Belakang (Background Eraser), lalu pilih Instal.


Buka aplikasi Background Eraser.


Pilih Load a Photo, lalu pilih foto yang akan anda hapus backgroundnya.



Ini adalah foto yang akan saya hapus backgroundnya.


Setelah muncul foto yang akan dihapus backgroundnya, pilih bagian yang tidak akan anda pakai.


Contohnya seperti gambar di atas.


Setelah itu, anda akan masuk ke dalam menu pengeditan foto. Penghapusan background pada foto dilakukan dengan 2 cara, manual dan magic

Pada menu penghapusan manual, atur manual size nya dan Cursor Offsetnya agar mudah dalam melakukan pengeditan.

BgColor : untuk merubah area penghapusan background foto menjadi lebih gelap, akan memudahkan Anda untuk melihat bagian mana yang belum dihapus atau belum sempurna.

Manual Size : untuk mengatur besar kecilnya area untuk melakukan penghapusan atau repair pada foto.

Cursor Offset : untuk mengatur jarak antara jari anda dengan kursor pada saat melakukan pengeditan.


Pada menu penghapusan magic, atur juga Expectant Magic Size  dan Cursor Offset.

Expectant Magic Size : untuk mengatur besar kecilnya area untuk melakukan penghapusan atau repair pada foto.

Cursor Offset : untuk mengatur jarak antara jari anda dengan kursor pada saat melakukan pengeditan.


Sekarang saatnya anda melakukan penghapusan background pada foto. Anda bisa menggunakan magic terlebih dulu agar lebih mudah dan cepat dalam melakukan proses penghapusan background pada foto. Setelah itu gunakan cara manual agar bisa menghapus lebih detail.

Tidak usah khawatir bila anda merasa melakukan kesalahan penghapusan background pada foto. Ada menu repair dan undo.

Repair : untuk memperbaiki keadaan foto yang sudah terhapus menjadi seperti semula kembali.

Undo : untuk mengembalikan ke posisi semula sebelum dilakukan penghapusan pada background foto.


Bila ingin lebih detail dalam proses penghapusan background pada foto, pilih zoom, lalu pilih bagian mana yang belum dihapus.


Setelah terhapus semua bagian yang diinginkan, pilih contreng kanan atas.


Atur smooth nya, yaitu tingkat kehalusannya, di sini saya pilih 3. Bila hasil penghapusan background pada foto terasa masih kurang menurut anda, pada halaman ini, sebelum disave, anda masih bisa kembali ke halaman sebelumnya dengan memilih panah kiri atas, lalu proses kembali bagian mana yang menurut anda masih kurang pas atau belum rapi, bila sudah, pilih kembali contreng kanan atas.

Bila sudah yakin semuanya, tanpa ada bagian yang ingin dihapus lagi, pilih save.


Pilih Finish.


Dan inilah hasilnya.

Proses penghapusan background pada foto yang anda inginkan sudah selesai, dan hasilnya akan tersimpan pada folder Eraser.


Kesimpulan


Proses cara menghapus background pada foto di HP Anda sudah selesai, sekarang Anda bisa menghapus background pada foto mana saja yang Anda inginkan. Satu hal yang diperlukan dalam melakukan penghapusan pada background foto di HP Anda adalah Anda harus teliti dalam proses pengerjaannya agar hasilnya rapi dan bagus.

Semoga bermanfaat..
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar