--> Skip to main content

Cara Membuat Baca Selengkapnya (Read More) Pada Postingan Blogspot Anda Secara Manual

Lunfix.com - Pada pembahasan kali ini saya akan membahas mengenai bagaimana cara membuat baca selengkapnya (Read More) pada postingan blogspot Anda secara manual, bagi Anda para blogger pemula yang belum mengetahuinya, bisa Anda simak langkah-langkah cara membuat baca selengkapnya (Read More) pada postingan blogspot Anda secara manual di pembahasan ini.


Cara Membuat Baca Selengkapnya (Read More) Pada Postingan Blogspot Anda Secara Manual


Cara Membuat Baca Selengkapnya (Read More) Pada Postingan Blogspot Anda Secara Manual


Pada postingan sebelumnya saya membahas bagaimana cara membuat baca selengkapnya (Read More) pada blogspot Anda secara otomatis, dan pada tulisan kali ini saya akan membahas bagaimana cara membuat baca selengkapnya pada blogspot Anda secara manual.

Baca juga : Cara Membuat Baca Selengkapnya (Read More) Pada Postingan Blogspot Anda Secara Otomatis 

Sesudah saya pelajari dan praktekkan, ternyata ada 2 cara bagaimana cara membuat baca selengkapnya (Read More) pada postingan blogspot kita, bila dengan cara otomatis menggunakan coding pada proses pengeditannya, sedangkan bila secara manual tanpa menggunakan pengeditan coding.


Pembuatan baca selengkapnya (Read More) secara manual memang mudah pada prosesnya, namun, bagi Anda yang sudah mempunyai banyak postingan, kelemahan dari proses secara manual ini adalah Anda harus mengedit semua postingan Anda satu persatu.


Bisa Anda bayangkan, bila postingan Anda sudah lebih dari 50 postingan, Anda buka satu persatu postingan tersebut dan Anda edit postingan tersebut agar muncul kalimat baca selengkapnya (Read More), tentu proses tersebut akan membutuhkan waktu yang tidak sebentar.


Kelemahan lainnya membuat baca selengkapnya (Read More) secara manual adalah ada saatnya Anda lupa untuk menampilkan baca selengkapnya (Read More) sesudah Anda selesai menulis dan mempostingnya pada setiap postingan Anda, walaupun masih bisa diedit lagi untuk ditampilkan kalimat baca selengkapnya (Read More).


Bagi Anda yang baru membuat blog, membuat baca selengkapnya (Read More) secara manual bisa dipraktekkan, yang penting Anda konsisten dalam hal menampilkan baca selengkapnya (Read More) pada setiap postingan Anda.


Bagi Anda yang sudah mempunyai banyak postingan juga, membuat baca selengkapnya (Read More) juga masih bisa dilakukan, yang penting Anda meluangkan waktu Anda untuk mengedit semua postingan Anda dari awal.


Langkah-langkah Cara Membuat Baca Selengkapnya (Read More) Pada Postingan Blogspot Anda Secara Manual



Buka blogspot (www.blogger.com) Anda.



Pada menu postingan, tempatkan kursor pada bagian baris yang akan dipotong teksnya (teks yang hanya akan ditampilkan pada postingan), saya contohkan di sini saya menempatkan kursor pada  baris ke 7, lalu pilih ikon gambar kertas sobek atau yang biasa disebut dengan Insert Jump Break, bila sudah, akan muncul garis lurus pada baris ke 7 tersebut. 

Itu berarti teks yang berada di daerah atas sebelum garis lurus adalah teks yang akan ditampilkan pada postingan blog, sedangkan teks yang berada di bawah garis lurus akan muncul sesudah Anda memilih Baca Selengkapnya (Read More) pada postingan blog.

Bila Anda sudah menyelesaikan tulisan Anda, seperti biasa, pilih Simpan, lalu pilih Publikasikan, lalu buka pada halaman depan blog Anda



Tampilannya akan seperti pada gambar di atas, kalimat Baca Selengkapnya sudah ada.



Bila Anda ingin mengubah kalimat Baca Selengkapnya, dan Anda menginginkan kalimat lainnya seperti Read More, Baca Selanjutnya, Selengkapnya, Lanjut Baca atau lainnya, bisa Anda rubah dengan cara masuk ke menu blogspot, pilih Tata Letak, lalu pada Blog Post pilih Edit.



Pada Teks link halaman entri, ganti kalimat Baca Selengkapnya dengan kalimat yang Anda inginkan, di sini saya contohkan saya memakai kalimat Read More, bila sudah, pilih Simpan, lalu pilih Simpan setelan.

kesimpulan


Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, cara membuat baca selengkapnya (Read More) pada postingan blogspot Anda secara manual secara manual sudah selesai. Yang perlu diperhatikan dan harus Anda lakukan bila Anda memilih cara membuat baca selengkapnya (Read More) secara manual, Anda diharuskan konsisten setiap Anda menulis untuk mengklik ikon gambar kertas sobek atau yang biasa disebut Insert Jump Break, dan konsisten untuk mengkliknya pada setiap postingan di baris yang sama agar seragam pada setiap postingannya. Keputusan ada di tangan Anda akan menggunakan cara membuat baca selengkapnya (Read More) pada postingan blogspot Anda secara manual atau tidak.

Semoga bermanfaat..
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar