--> Skip to main content

Cara Membuat Label Dengan Tampilan Daftar dan Label Dengan Tampilan Cloud Pada Blogspot Anda

Lunfix.com - Pada pembahasan kali ini saya akan membahas mengenai bagaimana cara membuat label dengan tampilan daftar dan label dengan tampilan cloud pada blogspot Anda, bagi Anda para blogger pemula yang belum mengetahuinya, bisa Anda simak langkah-langkah cara membuat label dengan tampilan daftar dan label dengan tampilan cloud pada blogspot Anda di pembahasan ini.

Cara Membuat Label Dengan Tampilan Daftar dan Label Dengan Tampilan Cloud Pada Blogspot Anda

Cara Membuat Label Dengan Tampilan Daftar dan Label Dengan Tampilan Cloud Pada Blogspot Anda


Label pada blog bisa diartikan sebagai pengelompokkan tulisan-tulisan kita di blog yang pembahasannya satu topik atau topik tulisan yang satu dengan topik lainnya hampir sama dan dikelompokkan di dalam satu kategori.

Sebagai contoh, misalkan di blog kita ada beberapa tulisan yang membahas mengenai liburan, bisa kita buat label traveling atau wisata. Contoh lainnya, misalkan di blog kita ada beberapa tulisan mengenai makanan, itu juga bisa kita buat label kuliner atau makanan.

Pembuatan label pada blog kita tentunya akan memudahkan para pengunjung blog kita untuk mencari topik yang mereka cari pada blog kita.

Bagi para blogger pemula biasanya belum terlalu memperhatikan label pada blognya dan kemungkinan belum membuat label, mungkin karena pada awal-awal membuat blog para blogger pemula memang belum mengetahui fungsi dari label tersebut atau para blogger pemula masih fokus dalam hal menulis.

Bila para blogger pemula sudah mengetahui fungsi dari label sangat bermanfaat untuk blog mereka, mereka pun pasti akan membuat label pada blognya.

Saya pun demikian, sebagai pendatang baru di dunia blog, pada awal-awal pembuatan blog saya juga tidak membuat label pada blog saya, tetapi sekarang saya sudah menggunakan label di blog saya sesudah saya mengetahui apa fungsinya dan saya memang memerlukan label pada blog saya.

Jenis label pada blogspot ada 2 jenis, yaitu label dengan tampilan daftar dan label dengan tampilan cloud. Untuk penggunaannya dari 2 jenis label tersebut untuk blog Anda, diserahkan kepada Anda sebagai pemilik blog akan menggunakan jenis label yang mana.

Bagi Anda yang sudah mempunyai banyak postingan di blogspot dan Anda belum membuat labelnya sama sekali satupun, Anda harus membuat label dengan cara manual, yaitu Anda masuk ke postingan Anda satu persatu dan buat labelnya sesuai dengan yang Anda inginkan.


Cara Membuat Label Dengan Tampilan Daftar dan Label Dengan Tampilan Cloud Pada Blogspot Anda

Mari kita mulai membuat labelnya untuk blogspot Anda, buka blogspot Anda (www.blogger.com).

1. Cara Membuat Label Dengan Tampilan Daftar Pada Blogspot Anda



Pada kolom tulisan postingan blogspot Anda, pilih Label di sebelah kanan di bawah Setelan Entri.


Pada kolom Label, isi label yang cocok dengan tulisan yang akan Anda posting, bebas terserah Anda, misalkan tulisan Anda membahas mengenai liburan, bisa dibuat labelnya Traveling, bila sudah, pilih Selesai.


Bila Anda sudah menyelesaikan tulisan Anda ataupun belum dan masih draf, label sudah terlihat pada postingan Anda (seperti gambar di atas).


Lalu pilih Tata Letak.


Biasanya tema blog bawaan blogspot sudah ada label, tetapi bila belum ada label pada tema blogspot Anda, Anda bisa menambahkan label dengan cara pilih Tambahkan Gadget pada sidebar, lalu pilih Label.


Pada kolom Judul, kata Labels bisa Anda rubah sesuai dengan yang Anda inginkan, di sini saya contohkan diganti menjadi KATEGORI.

Pada kolom Tampilkan (di bawah judul) dan Menyortir pilih pilihan sesuai dengan yang Anda inginkan.

Pada Tampilkan (di bawah menyortir), pilih Daftar, lalu pilih Simpan.



Bila sudah, bisa dilihat dulu di pratinjau, lalu pilih Simpan Setelan.



Dan hasilnya akan tampak seperti gambar di atas, label dengan tampilan daftar, dan prosesnya sudah selesai.


2. Cara Membuat Label dengan Tampilan Cloud Pada Blogspot Anda


Langkah pembuatan label dengan tampilan cloud langkahnya sama seperti cara membuat label dengan tampilan daftar, bedanya pada Label yang terdapat di Tata Letak, bila tadi pada label dengan tampilan daftar kita pilih daftar, untuk label dengan tampilan cloud pilih Cloud, lalu pilih Simpan.

Pilihan lainnya sesuaikan dengan keingan Anda.


Hasilnya akan tampak seperti gambar di atas, sekarang kita percantik tampilan label dengan tampilan cloud tersebut.



Masuk ke menu Tema, lalu pilih Edit HTML, masukkan kode di bawah ini di atas
]></b:skin> :


/* label cloud */
.label-size-1,.label-size-2,.label-size-3,.label-size-4,.label-size-5 { font-size:100%; filter:alpha(100); opacity:10 }
.cloud-label-widget-content{ text-align:left }
.label-size { background:#9fc5e8; display:block; float:left; margin:0 3px 3px 0; color:#ffffff; font-size:11px; text-transform:uppercase; }
.label-size a,.label-size span{ display:inline-block; color:#ffffff !important; padding:6px 8px; font-weight:bold; }
.label-size:hover { background:#333333; }
.label-size { line-height:1.2 }
.label-count { white-space:nowrap; padding-right:3px; margin-left:-3px; background:#333333; color:#fff !important; }

Perhatikan pada :

background:#9fc5e8 : fungsinya untuk mengatur warna background pada label Anda, bisa dirubah dengan warna lain, ganti dengan kode warna lain yang Anda ketahui.

font-size:11px : fungsinya untuk mengatur besar kecilnya huruf pada label, bisa diperbesar atau diperkecil sesuai dengan keinginan Anda, ganti pada angkanya saja.

color:#ffffff : fungsinya untuk mengatur warna huruf pada label, bisa diganti dengan warna lain, ganti saja dengan kode warna lain yang Anda ketahui.

Bila sudah memasukkan kode tersebut di atas ]></b:skin>, Anda pilih pratinjau terlebih dulu, lalu pilih Simpan.

 
Hasilnya akan tampak seperti gambar di atas label dengan tampilan cloud, dan prosesnya sudah selesai.

Baca juga : Cara Membuat Pesan Pada Formulir Komentar Blogspot

Kesimpulan


Proses cara membuat label dengan tampilan daftar dan label dengan tampilan cloud pada blogspot Anda sudah selesai, mudah kan caranya ? Sekarang, blogspot Anda sudah mempunyai label, terlepas dari label mana yang Anda pilih, baik Anda pilih label dengan tampilan daftar ataupun Anda pilih label dengan tampilan cloud sesuaikan dengan keinginan dan selera Anda.

Semoga bermanfaat..
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar