--> Skip to main content

Cara Membuka Dua Aplikasi Berbeda Secara Bersamaan Pada Layar HP Android

Lunfix.com - Pada pembahasan kali ini saya akan membahas mengenai bagaimana cara membuka dua aplikasi berbeda secara bersamaan pada layar HP Android, bagi Anda yang ingin mengetahuinya, bisa Anda simak langkah-langkah cara membuka dua aplikasi berbeda secara bersamaan pada layar HP Android di pembahasan ini.


Cara Membuka Dua Aplikasi Berbeda Secara Bersamaan Pada Layar HP Android

Cara Membuka Dua Aplikasi Berbeda Secara Bersamaan Pada Layar HP Android


Pernahkah Anda mengalami hal seperti saya, ketika Anda sedang asyik menonton youtube, tiba-tiba ada pesan WhatsApp yang masuk, lalu Anda membuka WhatsApp karena ingin membaca pesan WhatsApp tersebut, apakah yang terjadi pada youtube yang sedang Anda tonton tadi ? Betul sekali, youtube yang sedang Anda tonton akan terhenti saat Anda membaca pesan WhatsApp tersebut.

Tentu saja hal tersebut sedikit mengganggu keasyikan Anda ketika sedang menonton youtube, apalagi bila yang sedang Anda tonton adalah tontonan favorit Anda. Sebetulnya hal seperti itu bisa Anda atasi, yaitu dengan cara Anda menonton youtube sambil membaca pesan WhatsApp di saat yang bersamaan.

Serius ? Apakah hal tersebut benar-benar bisa dilakukan ? Menonton youtube sambil membaca pesan WhatsApp di saat yang bersamaan ?

Serius, hal tersebut memang benar bisa dilakukan, Anda bisa membuka dua aplikasi yang berbeda secara bersamaan pada layar HP Android Anda, tetapi ada syaratnya, yaitu HP Android yang Anda gunakan minimal harus versi Android 7, untuk HP di bawah versi Android 7, Anda tidak bisa melakukan hal tersebut, karena menunya tidak tersedia pada HP Android Anda.

Bagi Anda pengguna HP di bawah versi Android 7, jangan khawatir, Anda juga bisa membuka dua aplikasi yang berbeda secara bersamaan pada HP Android Anda, tetapi, Anda diharuskan menggunakan aplikasi tambahan yang bisa didownload di Play Store.

Bila HP yang Anda gunakan minimal versi Android 7, menunya sudah tersedia, yaitu menu layar split, untuk nama menu pada setiap merk HP tentu berbeda-beda, sebagai contoh, pada HP Xiaomi, nama menunya adalah layar split, dan pada HP OPPO, nama menunya adalah mode pisah layar aplitetapi tujuannya sama, yaitu untuk membuka dua aplikasi yang berbeda pada layar HP Android Anda di saat yang bersamaan.

Untuk HP Xiaomi, Anda tidak perlu melakukan pengaturan layar split, karena sudah otomatis muncul, untuk HP OPPO, Anda perlu melakukan pengaktifan mode pisah layar apli terlebih dulu pada menu pengaturan.


Langkah-langkah Cara Membuka Dua Aplikasi Berbeda Secara Bersamaan Pada Layar HP Android


Pada pembahasan ini, HP yang saya gunakan adalah HP Xiaomi, dan yang akan saya contohkan adalah membuka youtube dan WhatsApp di saat yang bersamaan.


Buka youtube pada HP Anda, lalu keluar pilih Home (gambar rumah).


Buka WhatsApp pada HP Anda, lalu keluar pilih Home (gambar rumah).

Catatan : Bila yang ingin Anda buka adalah aplikasi yang lain, lakukanlah hal seperti di atas, buka aplikasinya terlebih dulu, lalu keluar melalui Home (gambar rumah), fungsinya adalah agar aplikasi yang sudah Anda buka muncul di layar histori pada HP Anda.

Bila Anda sudah melakukan langkah di atas, lalu pilih garis tiga di sebelah kiri bawah HP Anda.


Lalu pilih Layar Split.


Akan muncul Seret item ke sini di sebelah atas, pilih aplikasi yang akan Anda buka untuk ditempatkan di layar atas.


Di sini, saya akan membuka youtube pada layar atas, tarik youtube pada HP Anda ke layar atas, tepatnya ke kolom Seret item ke sini, dan di layar bawah saya akan membuka WhatsApp, pilih WhatsApp.


Tampilannya akan seperti di atas, layar pada HP Anda akan terbagi dua, pada layar atas Anda bisa menonton youtube, pada layar bawah Anda bisa membaca WhatsApp.

Bila Anda ingin menyudahinya, Anda pilih Home terlebih dulu, akan muncul ketuk untuk kembali ke Layar Split, lalu Anda pilih.


Pilih Keluar yang berada pada layar atas, lalu pilih Back (kembali) yang berada di sebelah kanan bawah HP Anda, layar HP Anda akan kembali seperti semula, satu layar penuh dan tidak lagi tampil layar split.


Kesimpulan


Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, proses bagaimana cara membuka dua aplikasi berbeda secara bersamaan pada layar HP Android Anda sudah selesai, sekarang Anda bisa memanfaatkan fitur yang ada di HP Anda tersebut, yaitu layar split. Keuntungannya, Anda bisa menikmati menonton youtube sambil membaca WhatsApp ataupun Anda buka dua aplikasi lainnya yang Anda inginkan selain youtube dan WhatsApp pada HP Anda di saat yang bersamaan. Perlu Anda ketahui, tidak semua aplikasi mendukung untuk dibuka pada layar split, ada juga beberapa aplikasi yang tidak mendukung untuk dibuka pada layar split.

Semoga bermanfaat..
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar