--> Skip to main content

Cara Merubah Foto Gelap Menjadi Lebih Terang di HP Android

Cara Merubah Foto Gelap Menjadi Lebih Terang di HP Android - Rasanya hampir setiap orang termasuk juga saya selalu mempunyai keinginan untuk mengabadikan setiap momen yang sedang terjadi dengan menjadikannya sebuah foto, bahkan bukan hanya momen saat liburan saja yang ingin kita abadikan, tetapi kegiatan sehari-hari juga biasanya ingin kita abadikan momen tersebut agar kita bisa melihatnya kembali pada suatu hari nanti.

Cara Merubah Foto Gelap Menjadi Lebih Terang di HP Android

Cara Merubah Foto Gelap Menjadi Lebih Terang di HP Android


Saat ini, untuk mengabadikan setiap momen yang terjadi bisa dibilang sangat mudah, kita bisa mengabadikan momen tersebut hanya dengan menggunakan kamera pada smartphone yang kita miliki.

Banyak smartphone dengan harga yang terjangkau sudah dilengkapi dengan kamera yang bagus. Selain itu mengabadikan momen dengan kamera yang terdapat di smartphone tergolong praktis, karena smartphone sudah pasti selalu kita bawa kemanapun kita pergi.

Momen yang kita abadikan menjadi sempurna apabila hasil fotonya sesuai dengan keinginan kita, baik itu dari segi kualitas gambar, pencahayaan gambar, dan juga posisi objek yang difoto berada di posisi yang tepat.

Namun, adakalanya momen yang kita abadikan tidak selalu sempurna hasil fotonya, terkadang ada juga hasil fotonya yang kurang sesuai dengan keinginan kita, misalnya hasil fotonya gelap, objek yang difoto tidak berada pada posisi yang tepat, dan juga hasil fotonya blur.




Mungkin kita semua pernah mengalami hal seperti itu yang membuat kita merasa kecewa akan hasil fotonya. Terlebih apabila momen tersebut hanya terjadi sekali saja dan tidak bisa diulang.

Untuk hasil foto yang gelap, saat kita mendapatkan hasil foto yang gelap, biasanya kita ingin langsung menghapusnya saja hasil foto tersebut. Padahal apabila kita mengetahui triknya, ternyata foto gelap tersebut masih bisa kita atasi agar foto gelap tersebut menjadi lebih terang.

Sebagian dari Anda mungkin sudah ada yang tahu trik untuk merubah foto gelap menjadi lebih terang, dan saya yakin hasil foto gelap tersebut tidak akan langsung dihapus oleh Anda.

Tetapi bagi Anda yang belum tahu triknya, ada kemungkinan foto gelap tersebut langsung Anda hapus saat melihat hasil foto yang gelap, padahal sangat disayangkan juga apabila foto gelap tersebut langsung Anda hapus.

Apabila Anda juga mempunyai hasil foto Anda yang gelap, sesudah membaca artikel ini sebaiknya Anda jangan langsung menghapus foto gelap yang Anda miliki, tetapi edit foto gelap tersebut agar menjadi lebih terang.

Berbekal smartphone yang Anda miliki, Anda bisa merubah foto gelap menjadi lebih terang hanya dalam hitungan menit saja, Anda tidak memerlukan waktu yang lama dalam melakukan pengeditannya dan Anda bisa melakukan pengeditan walaupun Anda tidak mahir dalam hal pengeditan foto.

Saya melakukan pengeditan foto gelap menjadi lebih terang menggunakan HP Android dengan bantuan aplikasi Snapseed yang bisa didownload di Play Store secara gratis.

Langkah-Langkah Merubah Foto Gelap Menjadi Lebih Terang di HP Android


Apabila Anda tertarik untuk merubah foto gelap menjadi lebih terang, langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah mendownload aplikasi Snapseed nya terlebih dulu di HP Android Anda apabila Anda belum memilikinya di HP Android Anda.


Buka Play Store di HP Android Anda, cari Snapseed, lalu pilih Instal. Karena saya sudah memiliki aplikasi Snapseed, maka pilihannya tidak ada Instal, tetapi Buka.

Dengan menggunakan aplikasi Snapseed, Anda bisa merubah foto gelap menjadi lebih terang dengan empat cara, Anda bisa memilih cara mana yang sesuai dengan selera Anda, dan empat cara tersebut sangat mudah untuk dilakukan, seperti yang saya bilang sebelumnya, hanya dalam hitungan menit saja.

1. Cara Pertama


a. Sesudah Anda berhasil mendownload atau Anda sudah mempunyai aplikasi Snapseed, langkah selanjutnya adalah buka aplikasi Snapseed nya, pilih + (tambah) atau Ketuk di mana saja untuk membuka foto, lalu pilih foto gelap yang Anda miliki untuk diedit menjadi lebih terang.


b. Pilih ALAT.


c. Pilih Kuas.


 d. Pilih Pencahayaan.


e. Perhatikan panah ke arah atas dan panah ke arah bawah, panah ke arah bawah fungsinya untuk mengurangi tingkat Pencahayaan (angkanya berkurang) dan juga untuk menghapus (sampai muncul Penghapus) Pencahayaan yang sudah Anda buat.

Sedangkan panah ke arah atas untuk memberikan Pencahayaan pada bagian foto yang gelap, maksimal di angka 1,0, di sini Pencahayaan yang saya gunakan adalah di angka maksimal, yaitu 1,0. Apabila Anda merasa di angka 1,0 Pencahayaan terlalu terang, Anda bisa turunkan di angka 0,7, sesuaikan dengan kadar gelap pada foto Anda.

Apabila Anda sudah memilih panah ke arah atas dan sudah di angka 1,0, lalu berikan Pencahayaan pada bagian foto yang gelap. Pada foto gelap yang saya akan saya edit, saya menggunakan Pencahayaan hanya pada bagian foto yang ditandai dengan kotak persegi panjang saja, karena yang saya tandai kotak persegi panjang tersebut merupakan bagian foto yang benar-benar gelap.

f. Apabila Anda sudah yakin dengan hasilnya, pilih Checklist (✓) yang berada di sebelah kanan bawah.

g. Untuk menyimpannya, pilih EKSPOR, lalu pilih Simpan. Hasilnya akan tersimpan secara otomatis di galeri HP Android Anda pada folder Snapseed.


2. Cara Kedua

a. Lakukan langkah a. seperti pada Cara Pertama.


b. Pilih ALAT.


c. Pilih Poles Gambar.


d. Pilih Menu yang berada di bawah, lalu atur Kecerahan, Kontras, Saturasi, Ambiance, Highlight, Bayangan, dan juga Warmth satu persatu dengan cara menggeser ke sebelah kiri atau ke sebelah kanan.

Untuk menggesernya, Anda bisa melakukannya di bagian mana saja pada layar HP Android Anda saat melakukan pengaturan satu persatu.

Di sini saya hanya mengatur pada menu Kecerahan (di angka +61), Kontras (di angka +18), Saturasi (di angka +43), dan Ambiance (di angka +92) saja.

Untuk angkanya disesuaikan dengan kadar gelap foto yang akan Anda edit pada angka berapa foto gelap tersebut menjadi lebih terang.


e. Apabila Anda sudah yakin dengan hasilnya, pilih Checklist (✓) yang berada di sebelah kanan bawah.

f. Untuk menyimpannya, pilih EKSPOR, lalu pilih Simpan. Hasilnya akan tersimpan secara otomatis di galeri HP Android Anda pada folder Snapseed.


3. Cara Ketiga

a. Lakukan langkah a. seperti pada Cara Pertama.


b. Pilih ALAT.


c. Pilih HDR Scape.


d. Hanya dengan memilih HDR Scape, foto gelap yang akan Anda edit sebetulnya sudah berubah menjadi lebih terang, namun agar hasilnya lebih maksimal, pilih menu yang berada di bagian bawah.


e. Menu yang tersedia adalah Tingkat Filter (sudah otomatis di angka +50), Kecerahan, dan juga Saturasi.

Pada menu ini saya biarkan Tingkat Filter tetap di angka +50, lalu saya atur Kecerahannya, di sini saya atur di angka +18, untuk menu Saturasi tidak saya gunakan. Untuk angkanya bisa Anda sesuaikan dengan kadar gelap foto yang Anda miliki.

Untuk mengatur Tingkat Filter, Kecerahan, dan juga saturasi bisa Anda lakukan dengan cara menggesernya, Anda bisa menggesernya di bagian mana saja pada layar HP Android Anda saat melakukan pengaturan satu persatu.

Apabila Anda sudah yakin dengan hasilnya, pilih Checklist (✓) yang berada di sebelah kanan bawah.

f. Untuk menyimpannya, pilih EKSPOR, lalu pilih Simpan. Hasilnya akan tersimpan secara otomatis di galeri HP Android Anda pada folder Snapseed.


4. Cara Keempat

a. Lakukan langkah a. seperti pada Cara Pertama.


b. Pilih TAMPILAN, lalu pilih Morning.


c. Pilih Checklist (✓) yang berada di bagian bawah.

d. Untuk menyimpannya, pilih EKSPOR, lalu pilih Simpan. Hasilnya akan tersimpan secara otomatis di galeri HP Android Anda pada folder Snapseed.


Itulah langkah-langkah cara merubah foto gelap menjadi lebih terang di HP Android menggunakan aplikasi Snapseed dengan empat cara yang bisa Anda pilih sesuai dengan selera Anda. Keempat cara tersebut sangat mudah untuk dilakukan dan hanya membutuhkan waktu dalam hitungan menit saja, tidak percaya ? Bisa Anda buktikan sekarang juga !
Newest Post
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar