--> Skip to main content

Cara Membuat Screenshot Panjang di HP Android Tanpa Aplikasi Tambahan

Cara Membuat Screenshot Panjang di HP Android Tanpa Aplikasi Tambahan - Setiap HP Android biasanya dilengkapi dengan fitur-fitur keren dan bagus yang tentunya sangat bermanfaat dan juga memudahkan bagi para penggunanya. Semakin mahal HP Android, maka semakin keren dan bagus pula fitur-fitur yang tersedia pada HP Android tersebut.

Cara Membuat Screenshot Panjang di HP Android Tanpa Aplikasi Tambahan

Cara Membuat Screenshot Panjang di HP Android Tanpa Aplikasi Tambahan


Walaupun begitu, saat ini tersedia banyak sekali HP Android dengan harga yang terjangkau tetapi memiliki fitur-fitur yang tidak kalah keren dan bagus apabila dibandingkan dengan HP Android yang berharga mahal.

Dengan beragamnya fitur yang dimiliki oleh HP Android baik itu yang berharga mahal ataupun HP Android dengan harga yang terjangkau, ada satu kesamaan fitur pada keduanya dan bisa kita temukan fitur tersebut pada setiap HP Android, yakni fitur screenshot.

Screenshot merupakan tangkapan layar tampilan layar HP Android pada bagian tertentu yang kita pilih untuk kita simpan di galeri HP Android kita. 

Fitur screenshot digunakan karena kita tidak bisa menyimpan apa yang ada pada tampilan layar HP Android tersebut, sedangkan kita membutuhkannya dan ingin menyimpannya apa yang ada pada tampilan layar HP Android tersebut.

Sebagai pengguna HP Android, rasanya Anda semua pasti sudah tidak asing dengan fitur yang satu ini, dan saya rasa Anda semua juga sudah pernah menggunakan atau bahkan sering menggunakan fitur screenshot ini demi keperluan Anda.

Screenshot bisa digunakan sebagai alat bukti untuk ditunjukkan kepada orang lain baik di waktu sekarang atau nanti di kemudian hari mengenai apa saja yang ingin kita perlihatkan pada tampilan layar HP Android kita yang sudah kita simpan.

Penggunaan screenshot memang bisa dibilang praktis, hanya dengan menggunakan screenshot saja kita tidak usah menggunakan banyak kata-kata untuk membuktikan sesuatu, karena screenshot bisa dijadikan alat bukti yang lebih jelas dan juga lebih mudah, terlebih apabila screenshot akan digunakan untuk hal-hal yang sangat penting.

Fitur screenshot pada HP Android keluaran lama dengan HP Android keluaran baru ternyata memiliki perbedaan pada hasil screenshot tampilan layar HP Android yang kita simpan.

Apabila pada HP Android keluaran lama tampilan layar HP yang kita jadikan screenshotnya hanya sebatas tampilan layar HP saja yang terlihat, sedangkan pada HP Android keluaran baru yang bisa dijadikan screenshot tidak hanya sebatas tampilan layar HP yang terlihat saja, melainkan area bawah saat kita menggulir (scroll) tampilan layar HP tersebut bisa kita jadikan screenshot.

Sebagai contoh, misalnya kita ingin menyimpan screenshot dari satu halaman penuh dari menu HP Android kita yang isinya terdiri dari banyak pilihan menu sehingga kita harus menggulirnya (scroll) ke bawah, atau kita ingin menyimpan screenshot chat WhatsApp kita dengan orang lain yang isi chatnya panjang lebar, maka kita bisa memanfaatkan fitur screenshot pada HP keluaran baru ini agar hasil screenshotnya bisa disimpan secara penuh tampilan layar HP nya.

Tampilan screenshotnya menjadi lebih panjang apabila dibandingkan dengan hasil screenshot biasanya, keuntungannya kita tidak usah melakukan screenshot dua kali, tiga kali atau bahkan lebih untuk mendapatkan screenshot tampilan layar HP Android yang kita perlukan, cukup hanya dengan sekali screenshot saja semua tampilan layar HP yang kita perlukan bisa kita simpan menjadi screenshot panjang.

Di sini saya menggunakan HP Android 9 dimana pada HP Android 9 ini sudah mendukung untuk fitur screenshot panjang ini. Apabila pada HP Android Anda belum mempunyai fitur screenshot panjang ini, Anda tidak usah khawatir, Anda masih bisa membuat screenshot panjang ini.

Namun ada syaratnya bagi HP Android yang belum mendukung fitur screenshot panjang ini, HP Android Anda membutuhkan aplikasi tambahan yang bisa didownload secara gratis di Play Store di HP Android Anda.





Apabila Anda pengguna HP Android yang sudah mendukung fitur screenshot panjang dan Anda penasaran ingin mencobanya, Anda bisa ikuti langkah-langkah mudahnya pada pembahasan saya kali ini.

Langkah-Langkah Cara Membuat Screenshot Panjang di HP Android Tanpa Aplikasi Tambahan


Pada setiap HP Android yang kita gunakan, untuk membuat screenshot ada beberapa cara untuk membuat screenshot itu sendiri, tergantung pada HP Android yang kita gunakan.

Namun pada umumnya ada satu cara yang sama pada semua HP Android untuk membuat screenshot, yaitu dengan menekan tombol volume bawah dan tombol daya secara bersamaan, mungkin hampir semua orang juga menggunakan cara ini termasuk juga saya sendiri.


Sebelum memulai langkah-langkah membuat screenshot panjang, Anda bisa lihat gambar di atas adalah hasil screenshot secara normal dari menu Setelan (Setting) pada HP Android yang saya gunakan dimana hasil screenshot yang disimpan hanya sebatas tampilan layar HP Android saja.

Baiklah, kita mulai saja ya langkah-langkah membuat screenshot panjang sekarang.


Pilih tampilan layar HP Android Anda yang akan discreenshot panjang, di sini saya contohkan yang akan saya buat screenshot panjang adalah menu Setelan (Setting) pada HP Android saya.

Sesudah membuka tampilan layar HP Android Anda yang akan dibuat screenshot panjang, pilih screenshot dengan menekan tombol volume bawah dan tombol daya secara bersamaan, lalu pilih Gulir (Scroll).

Dengan adanya pilihan Gulir (Scroll) pada HP Android Anda saat membuat screenshot, itu menunjukkan bahwa HP Android yang Anda gunakan sudah mendukung untuk membuat screenshot panjang tanpa memerlukan aplikasi tambahan.

Sesudah memilih Gulir (Scroll) tampilan layar HP Android Anda akan bergerak sendiri ke arah atas, lalu Anda tentukan sendiri sampai bagian mana tampilan layar HP yang akan Anda buat screenshot panjang, pilih Selesai, lalu pilih Simpan.


Hasil screenshot panjang tampak pada gambar di atas, saya screenshot panjang menu Setelan (Setting) sampai pada bagian yang paling bawah yang terdapat pada menu Setelan (Setting) tersebut.


Itulah langkah-langkah bagaimana cara membuat screenshot panjang di HP Android tanpa aplikasi tambahan yang sangat mudah sekali untuk kita praktekkan. Dengan adanya fitur screenshot panjang pada HP Android yang kita gunakan, fitur tersebut benar-benar memudahkan kita untuk membuat screenshot panjang tampilan layar HP Android yang kita perlukan tanpa harus melakukan screenshot berulang kali.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar