--> Skip to main content

Cara Screenshot Panjang Di HP Android Yang Tidak Mempunyai Fitur Screenshot Panjang

Cara Screenshot Panjang Di HP Android Yang Tidak Mempunyai Fitur Screenshot Panjang - Pada artikel kali ini saya masih membahas mengenai screenshot panjang di HP Android. Walaupun pada artikel sebelumnya juga saya membahas mengenai screenshot panjang di HP Android, namun ada perbedaan antara cara membuat screenshot panjang di artikel ini dengan cara membuat screenshot panjang di artikel sebelumnya.

Cara Screenshot Panjang Di HP Android Yang Tidak Mempunyai Fitur Screenshot Panjang

Cara Screenshot Panjang Di HP Android Yang Tidak Mempunyai Fitur Screenshot Panjang


Pada artikel sebelumnya saya membahas mengenai bagaimana Cara Membuat Screenshot Panjang di HP Android Tanpa Aplikasi Tambahan dengan menggunakan HP Android 9 yang sudah mempunyai fitur screenshot panjang.

Pada artikel tersebut saya menginformasikan bahwa HP Android yang tidak mempunyai fitur screenshot panjang tetap bisa membuat screenshot panjang namun ada syaratnya, yaitu harus mendownload aplikasi tambahan terlebih dulu di Play Store di HP Android tersebut yang bisa didownload secara gratis.

Dengan adanya aplikasi tambahan tersebut, pengguna HP Android yang tidak mempunyai fitur screenshot panjang tetap bisa membuat screenshot panjang apabila memang diperlukan, bagaimanapun screenshot panjang bisa dibilang praktis, karena bisa menyimpan screenshot tampilan layar HP Android satu halaman penuh.

Dengan membuat screenshot panjang, Anda tidak usah melakukan screenshot berulang-ulang pada tampilan layar HP Android yang tergolong mempunyai halaman panjang ke area bawah tidak hanya sebatas tampilan layar HP Android yang terlihat saja. 

Tanpa menggunakan screenshot panjang, Anda harus menyimpan hasil screenshot tampilan layar HP Android Anda lebih dari satu screenshot dan hasilnya pun terlihat tidak seperti satu kesatuan halaman penuh, karena hasil screenshotnya terpisah-pisah.

Bagi Anda pengguna HP Android yang tidak mempunyai fitur screenshot panjang, apabila Anda tertarik untuk menggunakannya, Anda bisa ikuti langkah-langkah mudahnya pada pembahasan saya kali ini.




Di sini saya menggunakan HP Android 6 dimana HP Android 6 tidak mempunyai fitur screenshot panjang. Apabila membuat screenshot hasil screenshotnya hanya sebatas tampilan layar HP Android saja, karena tidak tersedianya menu untuk melakukan screenshot panjang.


Sebelum memulai pada langkah-langkah membuat screenshot panjang di HP Android yang tidak mempunyai fitur screenshot panjang, Anda bisa lihat hasil screenshot dari HP Android 6 yang saya gunakan seperti pada gambar di atas, hasil screenshotnya tidak bisa memuat satu halaman penuh.

Langkah-Langkah Cara Screenshot Panjang Di HP Android Yang Tidak Mempunyai Fitur Screenshot Panjang


Seperti yang saya informasikan sebelumnya, bagi Anda pengguna HP Android yang tidak mempunyai fitur screenshot panjang, Anda harus mendownload terlebih dulu aplikasi tambahannya.


Buka Play Store di HP Android Anda, cari aplikasi LongShot untuk menangkap layar panjang, lalu pilih Instal.


Apabila aplikasi LongShot untuk menangkap layar panjang sudah berhasil diinstal, buka aplikasi LongShot nya.


Pada menu MENANGKAP LAYAR, pilih kotak yang berwarna biru.


Pada izinkan menarik di atas apl.. geser ke sebelah kanan untuk diaktifkan.


Sebelum membuat screenshot panjang, atur terlebih dulu format file hasil screenshot panjang Anda, pilih gambar bulat bergerigi di sebelah kanan atas.


Pilih Image format.


Pilih berdasarkan kebutuhan Anda, baik itu format PNG ataupun JPEG.


Sebelum membuat screenshot panjang, pada menu MENANGKAP LAYAR klik terlebih dulu kotak yang berwarna biru. Klik pada kotak yang berwarna biru berlaku setiap kali Anda akan melakukan screenshot panjang.


Apabila kotak yang berwarna biru sudah diklik, muncul tombol Mulai dan juga tombol Cancel, itu tandanya Anda sudah siap untuk membuat screenshot panjang.

Sesudah tombol Mulai dan juga tombol Cancel sudah muncul, Anda pilih halaman HP Android Anda yang akan dibuat screenshot panjang, chat di WhatsApp yang isinya panjang lebar juga bisa Anda buat screenshot panjang, di sini saya contohkan dengan memilih halaman menu Setelan (Setting) untuk dibuat screenshot panjang.

Klik kotak yang berwarna biru ini tidak berlaku apabila Anda ingin membuat screenshot panjang pada halaman website. Untuk membuat screenshot panjang pada halaman website akan saya jelaskan sesudah pembuatan screenshot panjang pada halaman menu Setelan (Setting) selesai.

Apabila Anda juga sudah masuk pada halaman HP Android Anda yang akan dibuat screenshot panjang, pilih Mulai.


Sesudah Anda klik tombol Mulai, gulir (scroll) layar HP Android Anda secara perlahan ke arah atas sampai pada garis merah, lalu biarkan beberapa detik terlebih dulu sebelum Anda mulai menggulir (scroll) kembali layar HP Android Anda ke arah atas.

Disarankan untuk menggulir (scroll) layar HP Anda jangan terlalu cepat, karena hal tersebut merupakan petunjuk dari aplikasi tersebut yang harus Anda ikuti. Hal tersebut bertujuan agar proses penyimpanan screenshot panjang yang akan Anda buat menjadi sempurna.

Apabila Anda sudah sampai pada bagian akhir halaman HP Android Anda yang akan dibuat screenshot panjang, pilih tombol Selesai.


Pilih SIMPAN.


Pilih gambar panah (back) yang berada di sebelah kiri atas, lalu keluar saja dari aplikasi LongShot tersebut.


Proses pembuatan screenshot panjang sudah selesai, hasil screenshot panjang yang sudah Anda buat tersimpan secara otomatis di galeri HP Android Anda di folder longshot.

Langkah-langkah di atas hanya berlaku untuk membuat screenshot panjang selain halaman website, sedangkan untuk membuat screenshot panjang pada halaman website, caranya sedikit berbeda dengan cara di atas.


Untuk membuat screenshot panjang pada halaman website, ikuti langkah-langkahnya di bawah ini :

1. Pada halaman utama aplikasi LongShot pilih menu TANGKAP HALAMAN WEB, lalu klik pada kotak yang berwarna abu-abu.

2. Masukkan URL website yang Anda tuju pada kolom masukkan url atau kata kunci, lalu pilih Selesai, atau pilih Checklist (✓), sesuaikan dengan pilihan yang tersedia di keyboard HP Android Anda.

3. Apabila halaman website yang akan dibuat screenshot panjang dari layar atas, Anda langsung gulir (scroll) saja layar HP Android Anda ke arah atas secara perlahan sampai pada bagian akhir yang akan Anda buat screenshot panjang. Namun, apabila halaman website yang akan dibuat screenshot panjang tersebut dimulai dari bagian tengah atau juga bagian agak bawah, maka Anda gulir terlebih dulu layar HP Android Anda sampai pada bagian yang akan dibuat screenshot panjang tersebut, pilih tombol Atur titik mulai: 0 yang berada di sebelah kanan atas, lalu gulir (scroll) secara perlahan sampai pada bagian akhir yang akan Anda buat screenshot panjang.

4. Apabila Anda sudah yakin dengan bagian akhir yang akan dibuat screenshot panjang (ditandai dengan Posisi pemutusan), pilih tombol Akhiri di sini dan tangkap layar.

5. Anda akan berada pada halaman hasil screenshot panjang yang baru saja dibuat, sesudah itu pilih gambar panah (back) yang berada di sebelah kiri atas, lalu keluar saja dari aplikasi LongShot tersebut.

6. Hasil screenshot panjang halaman website akan tersimpan secara otomatis di galeri HP Android Anda di folder longshot.


Gambar di atas adalah hasil screenshot panjang satu halaman penuh dari website yang saya tuju.


Selain membuat screenshot panjang secara vertikal, aplikasi LongShot juga bisa membuat screenshot secara horizontal, hal ini membuat penggunanya bebas memilih untuk membuat screenshot panjang secara vertikal ataupun screenshot panjang secara horizontal disesuaikan dengan kebutuhannya.

Untuk membuat screenshot panjang secara horizontal, ikuti langkah-langkahnya di bawah ini :

1. Pada halaman utama aplikasi LongShot, pada menu MENANGKAP LAYAR, hilangkan checklist (✓) pada Speed mode terlebih dulu, lalu pilih checklist (✓) pada Tangkap Layar Manual.

2. Untuk memulai membuat screenshot panjang, pada menu MENANGKAP LAYAR, klik pada kotak yang berwarna biru. Seperti yang saya informasikan di atas bahwa klik kotak yang berwarna biru berlaku setiap kali Anda akan melakukan screenshot panjang.

3. Pilih halaman HP Android Anda yang akan dibuat screenshot panjang secara horizontal, chat WhatApp yang isinya panjang lebar juga bisa Anda buat tampilannya menjadi screenshot panjang secara horizontal. Halaman HP Android yang isinya terdiri dari beberapa halaman secara horizontal atau harus digeser ke sebelah kiri juga bisa Anda buat menjadi screenshot panjang secara horizontal. Di sini saya contohkan menu Setelan (Setting) pada HP Android saya yang akan saya buat menjadi screenshot panjang secara horizontal.

4. Apabila Anda sudah berada pada halaman HP Android Anda yang akan dibuat screenshot panjang secara horizontal, pilih tombol Tangkap layar, biarkan beberapa detik terlebih dulu, lalu geser layar HP Anda ke arah atas apabila halaman HP Android Anda yang akan dibuat screenshot panjang memanjang ke arah bawah, apabila halaman HP Android Anda yang akan dibuat screenshot panjang memanjang ke sebelah kiri, geser saja layar HP Anda ke sebelah kiri, lalu pilih kembali tombol Tangkap layar dan biarkan beberapa detik terlebih dulu, lakukan hal tersebut sampai pada bagian akhir halaman HP Android Anda yang akan dibuat screenshot panjang secara horizontal, lalu pilih Selesai.

5. Pilih tombol Atur yang berada di sebelah kiri bawah.

6. Pada menu Konfigurasi atur setelannya seperti ini :

- Metode penggabungan : Otomatis
- Arah : Horizontal
- Opsi penggabungan : Biarkan saja
- Lebar garis pembagi 0 px : Geser sesuaikan dengan kebutuhan Anda, fungsinya sebagai jarak pembatas antara setiap screenshot panjang secara horizontal

Apabila sudah, pilih OKE.

7. Pilih tombol Gabungkan yang berada di sebelah kanan bawah.

8. Anda akan berada pada halaman hasil screenshot panjang secara horizontal yang baru saja dibuat, sesudah itu pilih gambar panah (back) yang berada di sebelah kiri atas, lalu keluar dari aplikasi LongShot.

9. Hasil screenshot panjang secara horizontal akan tersimpan secara otomatis di galeri HP Android Anda di folder longshot.


Gambar di atas adalah hasil screenshot panjang secara horizontal dari halaman menu Setelan (Setting).


Itulah cara screenshot panjang di HP Android yang tidak mempunyai fitur screenshot panjang dengan langkah-langkah yang sangat mudah untuk Anda ikuti. Dengan menggunakan aplikasi LongShot, selain membuat screenshot panjang secara vertikal, Anda juga bisa membuat screenshot secara horizontal di HP Android Anda, bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar