--> Skip to main content

Cara Menampilkan Tulisan Arab Pada WhatsApp

Lunfix.com - Pada pembahasan kali ini saya akan membahas bagaimana cara menampilkan tulisan Arab pada WhatsApp di HP Anda, bila Anda belum mengetahui bagaimana caranya, ternyata cara menampilkan tulisan Arab pada WhatsApp mudah sekali caranya.

Cara Menampilkan Tulisan Arab Pada WhatsApp

Cara Menampilkan Tulisan Arab Pada WhatsApp


Kita semua sudah mengetahui, font yang tersedia pada menu chat WhatsApp hanya terdiri dari satu jenis font saja, tidak ada pilihan lain. 


Tetapi kita dapat merubah jenis font tersebut dengan menggunakan kode, ataupun dengan cara menggunakan font dari pihak ketiga tanpa harus mendownload aplikasi bila ingin semakin seru dalam melakukan chat WhatsApp.


Seringkali kita menerima pesan broadcast WhatsApp ataupun pesan WhatsApp dari orang lain berupa tulisan Arab pada pesan WhatsApp yang kita terima tersebut.

Padahal, seperti yang kita ketahui, pada menu chat WhatsApp tidak ada font Arab yang bisa kita pilih dan kita gunakan untuk berkirim pesan WhatsApp.

Biasanya tulisan Arab pada WhatsApp digunakan untuk mengutip sebuah hadist ataupun kutipan ayat Al-Qur'an pada pesan broadcast WhatsApp ataupun pesan WhatsApp. 

Karena bila ada kutipan dari hadist ataupun kutipan ayat Al-Qur'an, memang lebih afdol menggunakan tulisan Arab dibandingkan dengan menggunakan huruf latin pada pesan WhatsApp.

Ternyata, tanpa aplikasi tambahan, tulisan Arab pada WhatsApp bisa kita tampilkan. Bagi Anda yang sudah tahu bagaimana caranya, pasti Anda akan mengatakan bahwa hal ini memang mudah, dan memang benar adanya, caranya memang mudah sekali.

Langkah-langkah Cara Menampilkan Tulisan Arab Pada WhatsApp


1. Pengaturan Bahasa

Buka menu chat WhatsApp Anda.


Pilih titik tiga yang berada di sebelah kanan di atas keyboard, lalu pilih bahasa.


Lalu pilih Pengaturan bahasa.


Pada Gunakan bahasa sistem, klik pada checklist agar hilang checklistnya.


Lalu pilih Arab (dichecklist), bila tadi pada Gunakan bahasa sistem masih checklist, pilihan Arab tidak akan bisa dichecklist. 

Sampai tahap ini, pengaturan bahasa sudah selesai.

2. Pengaturan Keyboard

Sekarang kita atur pengaturan keyboardnya.


Kembali lagi ke menu chat WhatsApp Anda, pilih titik tiga yang berada di sebelah kanan di atas keyboard, lalu pilih Pengaturan keyboard.


Pilih Keyboard dua bahasa (Tidak ada).


Lalu pilih Arab.


Tampilannya menjadi seperti ini, pada Keyboard dua bahasa, kalimat (Tidak Ada) nya sudah hilang, karena Anda sudah memilih Arab.

Sampai tahap ini, pengaturan keyboard sudah selesai.

3. Melakukan Chat WhatsApp Dengan Tulisan Arab

Buka menu chat WhatsApp Anda.


Pilih titik tiga yang berada di sebelah kanan di atas keyboard, lalu pilih Arab.


Keyboard chat WhatsApp anda sudah berubah menjadi huruf Arab, sekarang Anda ketikkan saja tulisan Arab yang Anda inginkan, di sini tulisan Arabnya gundul, tanpa ada harakat.


Di sini saya contohkan menulis Assalamu'alaikum


Untuk kembali ke bahasa Indonesia, Anda bisa memilih kembali titik tiga yang berada di sebelah kanan di atas keyboard, lalu pilih Indonesia.


Atau pilih tombol ujung kiri bawah (Id atau Ar), diklik saja, nanti muncul huruf Indonesia atau huruf Arabnya.

Perlu Anda ketahui, di sini saya menggunakan HP ASUS, bisa jadi ada perbedaan pada tombol untuk merubah dari huruf Indonesia ke huruf Arab atau sebaliknya bila menggunakan HP merk lain, tombolnya bukan terletak di ujung kiri bawah, tetapi secara garis besar untuk pengaturannya agar bisa menampilkan tulisan Arab pada WhatsApp hampir sama langkah-langkahnya.

Kesimpulan


Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, sekarang Anda sudah mengetahui bagaimana cara menampilkan tulisan Arab pada WhatsApp Anda dan sudah bisa ditampilkan pada menu chat WhatsApp Anda, dan tentu saja Anda pun bisa langsung menggunakannya. Perlu menjadi catatan, sebaiknya bila menulis tulisan Arab, harus betul dalam penulisan huruf-hurufnya, jangan sampai salah, karena salah satu huruf pun, akan salah juga artinya tulisan Arab tersebut dari yang kita maksud.

Semoga bermanfaat..
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar